Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petani tekuk dengan flu burung diverifikasi


Manitoba sudah memberikan laporan infeksi flu burung pertama di peternakannya dalam sekitaran satu dasawarsa, tergabung dengan negara sisi dan propinsi sekelilingnya yang sudah jadi mangsa virus itu.

Peternak unggas Manitoba benar-benar siaga sesudah unggas liar di dua lokasi dipastikan positif menderita flu burung strain H5N1. Pada 20 April, propinsi itu mengonfirmasi virus dalam contoh yang diambil dari angsa salju di dekat Waskada dan elang botak di dekat Dauphin.

Sekian hari selanjutnya, Tubuh Peninjauan Makanan Kanada (CFIA) umumkan kasus pertanian pertama. Sekawanan unggas di Municipality of Whitemouth, samping timur Winnipeg, sudah ditest positif terserang flu burung yang paling bakteri.

Kenapa penting: Negara sisi dan propinsi tetangga di tiga arah dari Manitoba memberikan laporan kenaikan infeksi H5N1 di peternakan.

Manitoba ada di tengah tempat yang tertutup secara perlahan-lahan yang tidak dipengaruhi oleh pandemi internasional H5N1.

Jake Wiebe, ketua Produsen Ayam Manitoba, menjelaskan mereka menekan anggota untuk mengamankan praktek biosekuriti, terhitung menukar perlengkapan kaki saat masuk gudang dan disinfeksi yang siaga.

Bidang ini batasi akses ke sekitaran lumbung "biasanya, tapi sudah pasti selainnya truk service atau feed, kami betul-betul tidak mau ada orang di tempat itu," ucapnya.


Kekuatiran yang semakin besar, imbuhnya, ialah temanan ternak di halaman belakang.


Burung migran sebagai vector khusus HPAI, salah satunya permasalahan yang menyulitkan pengaturan penyakit. Dalam pada itu, temanan ternak di halaman belakang sering paling beresiko, karena semakin banyak akses umum mereka ke luar, dan dengan begitu lebih kemungkinan besar contact langsung dengan burung yang terkena.


Bila temanan kecil terkena, "itu memengaruhi kita," kata Wiebe. "Karena mendadak kita ada di zone resiko."

Halaman belakang dan pemilik temanan ternak dipaksa untuk jaga burung dalam untuk kurangi resiko, kata wakil ketua Peternak Telur Manitoba Harold Froese.


Mereka sudah melaunching pesan sama sebagai Produser Ayam Manitoba ke anggota mereka. Keamanan hayati dan kesiagaan sudah ditegaskan, sementara produsen sudah dipaksa untuk mengawasi dan ikuti prosedur laporan, bila mereka curigai unggas mereka sakit.

"Kami menggerakkan petani untuk memerhatikan contact mereka dengan tetangga mereka, seseorang di wilayah itu, cuma untuk kurangi resiko," kata Froese. "Skema burung yang lakukan migrasi ini terjadi tiap tahun, jadi itu cuma suatu hal yang perlu kita siapkan."

Di saat penulisan, tidak ada peternakan yang terkena yang disampaikan, menurut Dr. Scott Zaari, kepala petugas veteriner propinsi itu. Ia menjelaskan, bagaimana juga, jika kantornya menginginkan untuk memberikan laporan semakin banyak kasus liar dalam beberapa minggu dan bulan kedepan.

Di AS, kondisi semenjak awalnya 2022 sudah beralih menjadi pandemi HPAI terjelek dalam sekian tahun. Pada 25 April, Departemen Pertanian AS memprediksi jika nyaris 31,tujuh juta burung komersil sudah dipengaruhi. Infeksi North Dakota hitung 13 tempat.

Kasus pertanian Kanada menebar dari Maritimes di akhir 2021 ke Ontario, dan ke Quebec, British Columbia, Alberta, dan Saskatchewan.


Pada 21 April (penyempurnaan terkini tersedia), CFIA memberikan laporan 35 lokasi yang terkena secara nasional - terhitung satu di dekat Douglaston, Sask., 1/2 jam dari tepian Manitoba - berpengaruh pada lebih dari 717.000 burung. Semenjak itu, tiga kasus kembali di Saskatchewan, empat di Alberta, dua di Ontario dan satu di Quebec sudah disampaikan.


Di luar ag

Kasus tiba sepanjang musim semi musim memburu Manitoba untuk kalkun liar dan beberapa spesies angsa. Maria Arlt, direktur cabang perikanan dan satwa liar propinsi itu, menekan beberapa pemburu dan anggota warga yang lain untuk waspada.

Resiko penyebaran dari burung ke manusia rendah, ucapnya, namun tetap menekan orang untuk menghindar sentuh unggas yang mati dan menggunakan sarung tangan bila contact dibutuhkan. Masker dan kacamata perlindungan disarankan, ucapnya, dan tangan harus dicuci atau disanitasi sesudahnya.

Pengumpan burung masih memperoleh lampu hijau untuk banyak orang, walau mereka harus dibikin bersih dengan teratur, ucapnya. Warga peternakan unggas, bagaimana juga, harus turunkan pengumpan.

Post a Comment for "Petani tekuk dengan flu burung diverifikasi"