Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raup keuntungan dengan usaha ternak kambing ?



Usaha ternak kambing lumayan menjanjikan karena ada peristiwa Idul Adha setahun sekali. Berikut panduan beternak kambing yang dapat Anda coba.

Karier peternak menjadi satu diantara tugas yang menarik karena omsetnya yang lumayan tinggi. Usaha ternak kambing menjadi opsi karena market share yang luas.

Usaha peternakan sampai sekarang ini masih jadi aktivitas ekonomi yang memberikan keuntungan karena keperluan daging kambing terus akan ada. Apa lagi sebagai negara dalam jumlah Muslim paling besar, Indonesia rayakan Idul Adha. Kambing jadi hewan kurban yang banyak dicari.

Lakukan ternak kambing sebetulnya dapat disebut sedikit susah, bergantung langkah perawatan yang diberi. Ketrampilan saat menentukan pakan dan salinitas kandang jadi factor yang penting. Usaha dan ketrampilan diperlukan untuk menjaga kambing.


1.Memilih Jenis Kmabing

Ini jadi hal pertama kali yang dilaksanakan saat sebelum beternak kambing, yakni pilih tipe kambing yang hendak diternak. Kambing mempunyai varietas yang lain, di mana tiap tipe memberi keuntungan yang lain. Penyeleksian tipe kambing harus juga disamakan dengan kemauan diri kita lebih dulu.

Beberapa macam kambing yang umum diperjualbelikan diantaranya domba jawa, garut, dan etawa. Kambing tipe etawa tersering ditemui dengan perawakan yang besar untuk hasilkan susu. Ada pula tipe kambing putih yang sering dimakan dagingnya


2.Kandang

Persyaratan khusus yang perlu jadi perhatian dalam membuat peternakan kambing yakni kandang. Kandang berperan untuk tempat menjaga dan memantau kambing. Penting diingat supaya kandang tidak mencelakakan kambing. Mode kandang yang umum dipakai ialah kandang pentas.

Yakinkan jarak kandang dari rumah sekitaran 10 m, memakai bahan yang kuat, dan tempat yang lumayan luas. Kandang kambing memerlukan penerangan yang cukup supaya tidak lembap dan gampang dibikin bersih. Kandang yang kotor dapat membuat kambing lebih gampang sakit.


3.Pemilihanan Pakan

Supaya kambing sehat dan dapat dipasarkan pada harga yang mahal, kambing memerlukan pakan yang bagus. Beternak kambing harus betul-betul memerhatikan pakan hijau yang diberi karena kambing akan alami masalah perkembangan jika sampai pakannya kurang. Pakan ternak untuk seekor kambing sekitaran 5-7 kg pada sebuah hari.

Ada beberapa tipe pakan yang bisa dikasih ke kambing. Pakan kambing tidak begitu susah diberi. Yang terang lihat jumlahnya agar terus ada. Jika ingin menanam rumput sendiri, pilih yang tipe rumput odot.


4.Pilih kambing Yang Berusia 5-6 Bulan

Jika tertarik pilih kambing yang dirawat untuk Iduladha seharusnya beli kambing muda yang umurnya masih 5-6 bulan. Kambing seusia ini umumnya telah tahan pada penyakit serta lebih gampang dipiara. Keuntungan yang didapat di antara Rp700 ribu - Rp1 juta.

Beli kambing seharusnya dilaksanakan di bulan Safar sesudah hari raya kurban. Ini karena harga condong tambah murah untuk diternak kembali. Bentuk kambing yang diputuskan upayakan mempunyai dada yang lebar, kaki depan yang besar, dan punggung tebal.


5.Perhatikan Kesehatan dan Penyakit

Sebagai binatang ternak, kesehatan kambing menjadi satu diantara hal yang harus jadi perhatian. Ada beragam hal yang dapat mengakibatkan penyakit, intinya ialah kebersihan kandang. Kandang yang kurang penerangan dan kotor dan mempunyai sanitasi yang jelek dapat membuat kambing lebih gampang dalam terkena penyakit.

Pemberian pakan kambing yang tidak maksimal bisa juga membuat imun kambing turun. Seharusnya kerjakan isolasi pada kambing yang baru saja dibeli dan kambing sakit. Maksudnya untuk perawatan dan menahan penyebaran penyakit dari 1 kambing ke kambing yang lain.


6.Usaha Ternak Kambing Perlu Mengusai Pasar

Peternak pemula akan berpikiran jika peternakan seharusnya memiara anakan agar dapat jadi kambing yang siap dipasarkan. Tetapi ada sesuatu hal yang bisa dilaksanakan supaya tersedianya anakan bisa dilaksanakan sendiri yakni lewat breeding atau perkembangbiakan. Bila Parents kuasai breeding karena itu kuasai pasar sangat gampang.


Lakukan perkembangbiakan kambing pasti tidak gampang karena indukan cuman dapat melahirkan 2x dalam kurun waktu setahun. Usaha yang sudah dilakukan pun tidak gampang dan memerlukan disiplin yang tinggi. Siapkan indukan yang terbaik dan pisah dari kandang agar proses breeding bisa berjalan secara baik.

Post a Comment for " Raup keuntungan dengan usaha ternak kambing ?"