Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perincian Modal Usaha Ternak Kambing Buat Pebisnis Pemula



Berikut kesempatan usaha yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa dilaksanakan secara rumahan. Usaha beternak kambing. Mertua penulis sendiri profesinya sebagai peternak kambing. Beliau lakukan usaha ternak kambing sebagai usaha sambilan menambahkan penghasilan keluarga. Usaha dalam sektor peternakan hewan ini memerlukan modal kecil. Hingga pas digerakkan oleh pebisnis yang mempunyai modal kurang tetapi kekuatan memberikan keuntungan banyak uang.

Bila anda tidak memiliki modal untuk buka usaha ternak kambing karena itu anda dapat membuat proposal usaha untuk kumpulkan modal usaha ternak kambing dari faksi investor, sanak famili, bagian keluarga, kenalan, rekan, teman dekat, rekanan kerja dan lain-lain. Menurut beberapa peternak kambing di dusun penulis yang banyaknya banyak, usaha ini ibarat menabung uang atau investasi yang paling prospektif untung besar.


Prospect Usaha Beternak Kambing


Jika anda dengar nama kambing apakah yang anda pikirkan? Soto kambing, sate kambing, gulai kambing atau hewan mengembik. Bila jadi gulai, soto, dan sate karena itu daging kambing begitu enak dan sedap dengan rasa ciri khas tertentu. Hingga daging kambing mempunyai market share yang luas. Tipe hewan berkaki empat ini telah dikenali beberapa orang. Jika dalam mata pelajaran IPA, kambing terhitung binatang pemakan tumbuhan rumput-rumputan atau herbivora.

Tidak cuma dikenali di Indonesia tetapi kambing dikenali di penjuru dunia. Dan berita baiknya jika Rasulullah SAW sudah bersabda yang mengingati jika nantinya beberapa peternak kambing dapat kaya raya dengan membuat rumah eksklusif dan kendaraan eksklusif. Disamping itu binatang kambing sebagai hewan yang dikenali dekat sama dan diistimewakan dalam agama Islam. Kambing jadi tipe hewan kurban pada kejadian pemotongan Nabi Ismail. Hingga tiap hari raya Idul Adha kambing laku manis dibeli orang memeluk agama islam yang akan berkurban.

Hukum kurban ialah sunat yang paling dipentingkan. Begitupula beribadah aqiqah. Semua beribadah itu baik kurban dan aqiqah harus dilaksanakan bila sanggup. Bila tidak dilaksanakan karena itu berdosa. Sebagian besar warga Indonesia memeluk agama islam hingga market share besar sekali untuk usaha beternak kambing dalam sekejap. Ingin bukti? Tiap mendekati Idul Adha dan aqiqah beberapa orang beli kambing. Berapakah keuntungan bila beternak kambing dengan jumlah banyak.


Perincian Modal Usaha Ternak Kambing Buat Pebisnis Pemula

Kepentingan warga muslim di Indonesia dan di negara muslim yang lain yang besar sekali pada kambing memperlihatkan kekuatan besar usaha ini. Keinginan akan kambing makin besar /tahun. Seumpama di saat mendekati idul adha. Bahkan juga tiap hari warga di tanah air membutuhkan kambing untuk jadi hewan aqiqah untuk orang-tua yang memiliki bayi berusia dua minggu. Berdasar riset penulis di atas lapangan, tiap hari pada sebuah wilayah tentu ada orang yang lakukan acara aqiqah.

Beberapa hal yang membuat usaha ternak kambing lebih memberikan keuntungan dari usaha ternak sapi. Seperti harga daging kambing yang lebih murah daripada daging sapi. Harga kambing yang lebih dapat dijangkau dibandingkan sapi. Disamping itu usaha menjaga peternakan kambing lebih mudah dibanding menjaga kandang ternak sapi. Keuntungan lainnya dari ternak kambing ialah ongkos pakan, ongkos bibit dan ongkos kesehatan yang paling murah daripada usaha peternakan sapi potong dan pedaging.

Atas realita di atas membuat beberapa orang khususnya di perdesaan cenderung pilih usaha ternak kambing secara sambilan. Karena modal usaha yang diperlukan benar-benar kecil dengan kekuatan untung besar dan agunan tidak pernah rugi. Tidak sempat ada istilah peternak kambing rugi. Terkecuali kambing terserang penyakit lalu mati. Tetapi hal tersebut jarang terjadi.

Lantas bagaimanakah menganalisis perincian modal usaha ternak kambing buat pemula? Sebetulnya gampang saja berikut perincian modal usaha ternak kambing untuk pebisnis pemula, diantaranya:


▪ Bibit Kambing

Bibit kambing harga sekitaran Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta. Diibaratkan bila bibit kambing perekor sejumlah Rp 200 ribu karena itu modal usaha yang dibutuhkan untuk beli 10 ekor kambing ialah Rp dua juta. Bibit kambing ini terhitung yang kecil-kecil.


▪ Kandang

Pembikinan kandang harga Rp 1 juta. Kandang kambing yang dibikin secara simpel dari kayu.


▪ Pakan

Ongkos pakan kambing dan ekstrak vitamin sekitaran Rp 100 ribu /bulan.


▪ Gaji

Gaji pegawai sekitaran Rp 700 ribu /bulan.


Jika diestimasikan nilai jual kambing saat ini dengan umur kambing 9 bulan ke atas sekitaran Rp 1,lima juta. Karena itu keuntungan kotor yang didapat dari usaha ternak kambing sejumlah Rp 15 juta. Keuntungan kotor dipotong ongkos modal usaha karena itu untung bersih sekitaran Rp 800 ribu untuk sembilan bulan.

Tetapi keuntungan semakin besar dari itu karena satu ekor kambing dapat memiliki anak satu sampai dua kambing. Lantas dari pemasaran susu kambing dan dari pemasaran kotoran kambing yang sangat bagus jadi pupuk kandang. Ongkos tenaga kerja dapat memakai tenaga sendiri. Ongkos pakan bisa dikurangkan dengan cari pakan sendiri di tempat hijau di dusun yang banyak dan memberikan dukungan sekali.

Sesudah sekian tahun selanjutnya keuntungan makin besar didapatkan peternak kambing. Karena tak perlu hitung ongkos pembikinan kandang sebagai modal awalnya usaha ternak kambing. Bila anda ingin usaha ternak kambing yang lebih memberikan keuntungan karena itu dapat mengaplikasikan mekanisme titip dan rawat kambing yang sudah dilakukan oleh Besar. Di dusun penulis, beberapa pemilik kambing dapat memercayakan kambing kepunyaannya ke peternak kambing untuk dipiara. Sesudah kambing melahirkan karena itu anak kambing itu bila dipasarkan karena itu keuntungan dipisah dua.

Untuk menunjukkan usaha ternak kambing benar-benar memberikan keuntungan ialah mertua penulis sendiri yang profesinya sebagai peternak kambing yang memulai usaha ini dengan sukses. Dia sanggup menjaga anak dan isteri dari usaha sambilan ternak kambing. Dari awalannya peternak kambing seekor selanjutnya kambing berkembang biak jadi 10 ekor kambing dan satu sapi. Nilai jual seekor sapi capai Rp 10 juta dan harga satu kambing Rp dua juta. Kalkulasi sendiri berapakah keuntungan yang didapat dari usaha ternak kambing yang sudah dilakukan secara sambilan dan rumahan ini?


Contoh Peternak Kambing Sukses

Betullah apa yang disebutkan oleh Rasulullah SAW jika peternak kambing satu ketika akan kaya raya dan dapat membuat sejumlah rumah eksklusif. Karenanya ialah wahyu dari Allah SWT . Maka bila anda ingin kaya raya dalam sekejap karena itu pilih tipe usaha beternak kambing. Salah satunya pria yang sukses dan mendapat rumah eksklusif dari usaha ternak kambing ialah Tekung yang berumur 38 tahun. Meskipun dia masih terbilang muda, tetapi Tekung bisa memahat riwayat sebagai peternak kambing sukses di Jawa.

Apa yang penulis berikan ini bukan buatan atau dongeng tetapi berbentuk cerita riil yang betul-betul terjadi. Tulisan ini dibikin tidak untuk menggunjingkan seseorang. Tetapi penulis akan memberi pelajaran bernilai berbentuk narasi sukses ternak kambing. Jika beberapa peternak kambing pemula dapat dan kaya raya karena itu anda juga tentu dapat. Jangan sampai pernah menyangsikan dengan kekuatan diri kita. Lihatlah contoh orang yang lain sudah sukses dan turuti jalannya yang berkelok penuh kesusahan dengan sikap tegar dan tidak mudah menyerah.

Pria yang dari wilayah Bekasi ini dibesarkan dari keluarga yang berdasar belakang peternak kambing. Hingga dia telah terlatih dan ketahui langkah menjaga dan berternak kambing dari bibit sampai pemberian pakan yang memberikan keuntungan. Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Demikianlah kata mutiara yang pas untuk pria simpel ini. Dia pilih karier sebagai peternak kambing sebagai peninggalan usaha ke-2 orang-tua tersayang.

Tetapi ayahanda tersayang yang menekuni usaha ternak kambing gagal seperti anaknya yang saat ini mempunyai bangunan tempat tinggal yang istimewa. Orang-tua tersayang usaha ternak kambing secara simpel rumahan dan tradisionil. Hingga keuntungan yang didapat sedikit. Berlainan dengan pria yang dekat dipanggil Tekung yang jalani usaha ternak kambing secara kekinian dan professional. Sampai pendapatan yang dia peroleh dari beternak kambing lumayan besar dan dapat beli rumah eksklusif yang sejauh ini dia cita-citakan.

Lantas bagaimanakah langkah jadi peternak kambing yang sukses seperti digerakkan Tekung sampai dapat sukses? Bila anda ingin seperti Tekung jadi peternak kaya raya karena itu turuti saja jalannya berikut, yakni: beli bibit kambing sekitar enam ekor. Selanjutnya rawatlah kambing secara telaten dan langkah berpikiran yang benar dan baik. Pada sebuah bulan saja sebetulnya seekor kambing dapat dipasarkan pada harga beda yang semakin tinggi dari mulanya.

Seperti beberapa ahli keuangan yang menjelaskan jangan sampai mempunyai sebuah sumber pendapatan. Demikianlah yang sudah dilakukan oleh Tekung. Dia bukan hanya memercayakan penghasilan dari usaha beternak kambing tetapi juga pria ganteng ini memperdalam usaha pemasaran dan pembelian kambing. Hingga keuntungan yang didapat berlipat-lipat. Perihal ini pula yang membuat dia cepat kaya dan sanggup beli rumah eksklusif dalam tempo singkat. Akhir narasi Tekung beralih menjadi peternak kambing gibas pedaging sukses di tanah Jawa. Mudah-mudahan kita dapat belajar dari Tekung yang sudah sukses menyulam cerita sukses ternak kambing.

Post a Comment for " Perincian Modal Usaha Ternak Kambing Buat Pebisnis Pemula"