Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Ternak Kelinci Untuk Pemula



Ternak Kelinci sebagai tipe usaha peternakan dengan prospect janjikan untuk diperkembangkan. Ini kelihatan dari tinginya pecinta daging kelinci. Kelinci dikelompokkan jadi dua barisan besar yakni ;Jenis kelinci ternak untuk digunakan daging dan kulitnya dan Tipe kelinci hias sebagai hewan piaraan.

Sebelum mempelajari usaha ternak kelinci, tentunya telah tentukan usaha kelinci yang hendak diputuskan (kelinci ternak atau kelinci hias). Tentu saja dalam implementasi tehnis langkah ternak kelinci tentulah tidak gampang dan diperlukan, langkah perawatan intens yang memberikan dukungan perkembangan seperti; wujud kandang,pemberian pakan dan tingkatan pengembangbiakan (proses kawin).


Tipe Kelinci Ternak

Seperti kita ketahui jika kelinci dipisah dalam dua ketegori besar yakni tipe kelinci ternak dan kelinci hias. Sebagai peternak kelinci sebaiknya ketahui tipe kelinci pedaging unggul seperti; tipe New Zealand White dan Californian. Ke-2 ras tipe kelinci itu mempunyai keunggulan perkembangan berat daging yang berbeda, dan untuk tipe kelinci dengan kualitas bulu-bulu (woll) dan kulit terbaik pada kelinci Rax,Retin dan Angora.



Langkah Ternak Kelinci

Diawali dengan tentukan bibit indukan kelinci unggul dan berproduktivitas tinggi,ini jadi kunci sukses ternak kelinci dan untuk hasilkan turunan anak kelinci berkualitas.

Ada beberapa tanda saat menentukan bibit kelinci indukan berkualitas di antara lain;

Pilih bibit indukan dengan berat badan kelinci betina minimum 4-5 kg,dan kelinci indukan jantan 3-5 kg.

  • Pilih bibit indukan yang mempunyai kisah produktifitas tinggi,tidak cacat fisik (abnormal)
  • Pilih bibit indukan kelinci mempunyai pinggul bundar penuh dan tidak cengkung
  • Mempunyai mata ceria,bulu-bulu bersih di tempat kelamin dan bergerak sangat aktif


Kandang Kelinci

ada dua type kandang ternak kelinci yaitu; kandang mekanisme terbuka dan tertutup. Di mana dalam kandang mekanisme terbuka kelinci didiamkan bebas berkeliaran, ada lindungan untuk berlindung dan tempat beristirahat. Kandang mekanisme tertutup di mana kandang terbatasi lantai, dinding dan ada lindungan.

Beternak kelinci mekanisme kandang tertutup membutuhkan dua type kandang yakni, type postal dan type battery. Kandang type postal di mana menempatkan dan tempatkan beberapa kelinci sekalian dalam sebuah kandang sebagai tempat perkembangbiakkan dan menjaga anak kelinci. Untuk type kandang battery di mana kontruksi kandang ini untuk tempatkan seekor kelinci per kandang berupa rack bersusun sebagai media maksimaliasi pembesaran.


Langkah Perawatan Kelinci

Tingkatan perawatan kelinci diawali dengan jaga kebersihan kandang ternak. Jaga sanitasi kandang dengan mempunyai tujuan untuk menghindar kelinci yang kita ternak supaya tidak gampang terkena penyakit. Kelinci anakan dapat mulai ditawarkan saat berusia 2 - tiga bulan ke pet shop, pasar hewan, atau ke customer langsung. Untuk tipe kelinci pedaging ditawarkan dan dijajakan ke tiap restaurant atau warung makan dan beragam tipe usaha kulineran yang lain tawarkan olahan kelinci.


Pemberian Pakan

Di dalam komunitas bebas di alam kelinci makan tipe tumbuhan hijauan dalam usaha ternak bisa diberi berbentuk makanan hijauan, ekstrak, ditambah lagi vitamin. Tumbuhan hijauan bisa diberi seperti sawi, wortel, lobak, daun singkong, kacang tanah, jagung dan pepaya.

Dan untuk pakan ekstrak bisa diberi berbentuk pelet bikinan pabrik dalam mempermudah pemberian pakan. Pelet mempunyai nilai nutrisi komplet dengan tersedianya dan kontinuitas pakan lebih terjaga. Pemberian pakan hijuan kelinci dilaksanakan diumur dua minggu secara kontinue dikit demi sedikit. Anak kelinci umumnya disapih sesudah berusia 8 minggu.


Tingkatan Pengembangbiakan (Proses Kawin)

Tanda-tanda sebuah patokan keproduktifan ternak kelinci dengan menyaksikan tingkat kelahiran. Kelinci dewasa siap kawinkan diumur 6-12 bulan, bergantung pada tipe rasnya. Ada beberapa hal harus dipahami pada proses memasangkan kelinci ; Periode berahi untuk proses kawin kelinci berjalan sepanjang 11-15 hari dengan proses kehamilan akan berjalan 28-35 hari, bergantung tipe ras.

Anakan kelinci menyusui dapat berjalan sepanjang 8 minggu. Dalam usaha ternak kelinci periode menyusui indukan akan berjalan sepanjang 15-20 hari,seterusnya anak kelinci dikasih pakan hijauan untuk mengenali makanan dan dapat disapih sesudah 8 minggu. Kelinci betina bisa dibuahi kembali,sesudah masuk usia dua minggu terhitung semenjak melahirkan, pada sebuah tahun, kelinci bisa melahirkan sekitar 4-5 kali.

Mudah-mudahan karena ada artikel ini mengenai Langkah Ternak Kelinci Untuk Pemula, berguna untuk kamu semua , terima kasih untuk lawatan nyaa

Post a Comment for " Langkah Ternak Kelinci Untuk Pemula"