Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Ternak Kambing Dan Tahapanya yang Betul



Makin hari, pecinta dari daging kambing di Indonesia semakin meningkat. Tetapi, kenaikan itu tidak sesuai stok daging kambing di pasar hingga harus mengimport di luar negeri.

Maka dari itu, beternak kambing bisa buka kesempatan usaha yang paling prospektif.

Selainnya daging, banyak yang dapat digunakan dari hewan ini. Seperti kotorannya yang menjadi pupuk dan susunya yang bisa dimakan. Sebetulnya, tidak begitu susah untuk buka usaha ternak kambing.


Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang pas untuk mendapat hasil optimal. Karena itu berikut sejumlah panduan dan langkah ternak kambing yang betul.


Penyeleksian Bibit Kambing

Hal pertama kali yang harus dilaksanakan dalam langkah beternak kambing ialah pilih bibit yang hendak dipakai. Penyeleksian bibit ini penting karena akan berpengaruh pada kualitas daging yang nanti akan dibuat. Maka dari itu langkah pilih bibit kambing yang betul seperti berikut.


1. Umur Bibit Kambing

Anda perlu pilih kambing yang berumur lebih dari empat bulan sebagai bibit. Karena di umur itu, bibit kambing yang berkesempatan mempunyai daging tebal telah kelihatan hingga proses penggemukan yang sudah dilakukan semakin lebih gampang.


Penggemukan benar-benar dibutuhkan dalam langkah ternak kambing karena terkait dengan hasil khusus dari beternak kambing.


2. Lihat Beberapa ciri Fisik

Pilih bibit kambing yang tidak mempunyai cacat, bermata bening, kakinya lempeng, mempunyai tumit tinggi, dan bulu-bulunya mengkilat. Disamping itu, hidung dan mulut pun tidak berlendir untuk mengisyaratkan jika kambing itu tidak penyakitan.

Untuk bentuk badan, garis punggung tulang belakang dan garis pinggang lempeng tidak meliuk. Dan yang paling penting tentukan kambing berbuntut melebar bukan meliuk sebagai pertanda kambing itu bisa hasilkan daging dengan optimal.


Pembesaran Kambing

Sesudah mendapat bibit kambing yang baik, tingkatan dari langkah budidaya kambing setelah itu pembesaran. Dalam tingkatan ini selainnya penggemukan yang sudah dilakukan, penangkalan penyakit penting diingat.


Bila kambing telah terkena penyakit, karena itu daging dibuat tidak optimal. Disamping itu, penyakit bisa menyebar pada kambing yang lain. Untuk menahan penyakit pada kambing, berikut triknya.


1. Tempat yang dipakai

Yakinkan, tempat yang dipakai untuk beternak bebas dari beragam penyakit. Saat penyakit melekat pada bulu-bulu kambing tentu saja akan secara mudah menyebar pada kambing yang lain.

Bila diperhitungkan ada kambing yang bulu-bulunya bawa penyakit, seharusnya selekasnya mandikan kambing itu dengan larutan sabun karbol dan konsetrat. Sementara untuk menangani kutu pada bulu-bulu kambing, Anda bisa memakai larutan asuntol dan ekstrak.


2. Kerjakan Vaksinasi

Vaksinasi teratur sebagai hal wajib di dalam budidaya kambing yang mempunyai tujuan untuk menahan beragam penyakit pada kambing yang disebabkan oleh virus seperti penyakit bakterial, penyakit parasit, keracunan sianida, keguguran dan perut kembung. Beragam penyakit itu bisa mengakibatkan kematian bila tidak selekasnya ditangani.


Kandang yang Bagus untuk Ternak Kambing


Dalam tingkatan dan langkah ternak kambing yang jangan diremehkan ialah penyeleksian kandang yang berkualitas. Sebuah kandang yang bagus akan ikut menolong kesehatan dan proses pembesaran pada kambing itu. Beberapa ciri kandang yang bagus salah satunya :


1. Letak Terkadang Kambing

Letak kandang yang pas mempunyai jarah sekitaran 10 mtr. dari perumahan atau permukiman masyarakat berbau dari kotoran kambing tidak mengusik kegiatan masyarakat setiap hari.

Ketaknyamanan masyarakat menjadi kendala dalam langkah memiara kambing ini.Disamping itu, keributan ditakuti akan mengakibatkan depresi pada kambing hingga pembangunan daging akan terhalang.


2. Wujud Terkadang Kambing

Untuk kandang kambing, seharusnya tentukan tipe kandang pentas di mana ada sebuah kolong untuk memuat kotoran. Disamping itu, kolong pada kandang berperan untuk menghindariibecekan tanah saat hujan yang bisa mengakibatkan penyakit.

Tinggi lantai kandang sekitaran 1 sampai 2 mtr. dan siapkan bak untuk minuman dan makanan pada dinding kandang dengan tinggi pundak kambing.

Disamping itu, Anda perlu mengeruk sisi tengah dari dasar kolong kandang dan membuat aliran untuk kumpulkan kotoran kambing, yang nanti akan dibikin jadi pupuk.


Tahapan-tahapan dan langkah ternak kambing di atas akan menolong Anda dalam memulai usaha ternak kambing. Penyeleksian bibit yang berkualitas dan kebersihan kandang akan meminimalkan peluang penyakit pada kambing.

Post a Comment for "Langkah Ternak Kambing Dan Tahapanya yang Betul"