Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Percepat Ayam Bertelur : Trick Gampang Ayam Daerah dan Ayam Petelur



Sekarang ini, karena tehnologi di bagian ternak yang paling maju, periode panen bisa dipotong sebegitu rupa sampai 1 bulan budidaya bisa panen, misalnya pada ayam broiler.

Tehnologi eksperimen genetis pada ayam broiler dengan memanipulasi genetis dan injeksi hormon perubahan membuat ayam broiler mempunyai energi perubahan yang paling kilat dalam cuman 1 bulan beratnya.

Tidak berbeda jauh dengan ayam daerah, agar cepat bertelur kembali perlu dilakukan langkah-langkah jika ingin tambahkan keproduktifan telur dalam ternak ayam daerah


Sistem Percepat Ayam Daerah Bertelur

Berikut sejumlah langkah- cara yang penting diperhatikan jika ingin ayam daerah cepat bertelur kembali salah satunya seperti berikut:


Gizi Makanan

Disaat ayam masuk periode produktif adalah umur ayam dekat lima bulan keatas, bagi makanan yang besar nilai gizinya. Dalam ransum mempunyai air, karbohidrat, lemak, mineral, vit dan protein.

Makanan yang mempunyai protein besar sebagai siput atau bekicot. Kamu Tinggal menggunting jadi dimensi yang kecil buat memudahkan ayam melahapnya.


Menyapih anak ayam

Pemberian makan minimun diberi 2x pada sebuah hari. Ini buat membuat perlindungan agar ayam tidak kekurangan konsumsi gizi bergizi.

Ayam yang sedang mengurusi anak ayam akan mengakhiri bertelur beberapa saat. Jika kamu memiliki mesin penetas telur, ayam tidak perlu mengurusi anaknya ayam.

Setelah menetaspun tidak perlu mengurusi karena kelak akan ditempatkan dalam boks khusus dan dikasih lampu 40 watt. Dengan demikian ayam akan terus- meneus bertelur.

Jika tidak mempunyai mesin penetas, saat anak ayam menetas langsung dibagi dan ditempatkan dalam kotak yang dikasih lampu 40 watt agar selalu hangat. Dengan begitu ayam akan bertelur kembali.

Jika kita hitung ayam bertelur biasanya dekat 15 butir yang tidak jelas bertelur setiap hari. Kemudian mendekami sejauh 21 hari, mengurusi anak- anaknya dekat 100 hari.

Jadi dalam satu tahun ayam hanya temui periode pembuatan dekat 2, 5x saja. Dalam jumlah dekat 37 butir telur /tahun. Tentu ini kurang untung untuk beberapa peternak.

Jika kita menggunakan mesin penetas, saat yang dipakai ayam buat mendekami diambil pindah oleh mesin mesin penetas . Maka ayam hanya bekerja bertelur saja.

Jika kita dengan maksimal dalam perawatan, ayam hasilkan 123 telur /tahun. Suatu hal jumlah yang besar dibandingkan disaat perawatan biasa yang hanya 37 telur saja.


Memandikan ayam

Ayam setelah bertelur agak banyak, biasanya sudah tampilkan kode akan mendekam. Jika kita ingin ayam itu terus bertelur, kamu harus memandikan ayam itu setiap pagi sejauh 4 hari berturut- ikut.

Setelah dimandikan segera terlepas diobral di luar kandang. Biasanya satu minggu setelah proses pemandian, ayam itu bisa bertelur kembali.


Kawin Silang

Ayam yang dari angkatan yang tidak unggul akan membuat angkatan yang rendah dalam berproduksi. Sampai perlu dicoba pernikahan silang agar anak yang dibuat mempunyai keproduktifan bertelur yang besar.

Beberapa contoh ayam yang mempunyai keproduktifan telur yang besar sebagai ayam Arab. Pada kawin silang kita harus mengenal jalur angkatan dari ayam yang kita kawin silangkan agar membuat bibit yang unggul.

Kebalikannya ayam Pelung mempunyai wujud tubuh yang besar sama sesuai buat pedaging. Perkawinan silang di antara ayam Pelung dan ayam petelur yang membuat ayam Joper yang ayam besar telur dan dagingnya.


Kawin Suntik

Kawin suntik belum demikian universal dipakai dalam masyarakat. Umumnya kawin suntik dipakai pada hewan sapi. Pada kawin suntik, Kita meminta agar ayam kita disuntik dengan bibit yang dari bibit ungul.


Modifikasi Kandang

Umumnya ayam daerah diobral dalam tempat kandang yang luas. Tapi supaya ayam berproduksi semakin banyak, perlu dibuatkan kandang seperti pada ayam petelur.

Jadi ayam sedikit bergerak jadi tenaga yang dikeluarkan akan semakin sedikit. Dengan demikian ayam akan konsentrasi bertelur.

Selain itu ayam yang dibuat dalam kandang terbatas, makanan lebih teratur dan teratasi kebersihan dan isi gizinya.


Pemberian Vaksinasi

Selain itu ayam perlu diberi vaksinasi misalkan ND( Newcastle Disease) buat mengatasi penyakit sampar atau tetelo.

Hindari penggunaan obat- obatan yang mempunyai bahan kimia. Jika memang sakit, segera diisolasi dan jika memperkenankan ditangani dengan obat- obatan alami.

Obatan alami tidak mempunyai imbas samping pada pembuatan daging, telur yang dibuat oleh ayam. Saat lagi pemakainnya tidak keterlaluan tentunya.


Usia Ayam

Usia yang baik sekali buat bertelur ialah ayam yang sudah berumur delapan bulan. Setelah delapan bulan ayam selalu dapat berproduksi tetapi banyaknya terus jadi berkurang.


Sistem Percepat Ayam Petelur Bertelur

Pertanyaannya selanjutnya bagaimana dengan tehnologi eksperimen genetis pada ayam petelur,agar bertelur banyak pula?

Bisa disebutkan jika penerapan bioteknologi pada pembuatan ayam petelur tidak se ekstrim pada ayam broiler. Hal ini memunculkan periode pembuatan ayam petelur cukup lama hampir separoh dari ayam daerah.

Lama waktunya periode ini membuat beberapa peternak kita cari sistem buat memprcepat ayam bertelur, tapi sayang sistem alami ada buat mempercapat masa ayam perubahan ayam petelur( starter, grower dan layer).

Tapi mengambil sumber pada analisis keperluan pakan agar ayam dapat bertelur dengan optimal perlu kecukupan nutrisi untuk ternak ayam petelur buat dapat bertelur secara baik dan optimal.

Bahan pakan yang sama sesuai digabungkan pada setiap masa perubahan ayam petelur, misalkan saja pada masa( periode) starter( umur 0- empat minggu) sampai satu ekor anak ayam petelur membutuhkan gizi.

Gizi yang di perlukan salah satunya karbohidrat sekitaran 3000 kkl/ kg protein agresif 20%, serat agresif 5%, abu 5%, kalsium, 1% dan fosfor dekat 0, 5%.


Dari formasi keperluan itu sampai kita dapat membuat pakan anak ayam petelur sebegitu rupa agar penuhi standard keperluan gizi pada ayam petelur.

Dengan sistem ini sampai peternak diharap sanggup tambahkan poduksi telur dengan optimal, kecepatan bertelur tidak khusus , yang khususnya sebagai kesehatan ternak dan kualitas telur yang dibuat.


Ada juga sumber- sumber bahan makanan ayam peteleur pas keperluan gizi di atas:


  • Karbohidrat: Jagung, sagu dan umbi- umbian( talas)
  • Protein agresif: bungkil kedelai, ampas kenali, dan tepung ikan/ tulang
  • serat agresif: Dedak, bekatul, dan lain-lain
  • lemak agresif: bungkil kelapa, minyak nabati dan lain- lain
  • Abu: Tepung ikan, tulang.
  • fosfor: Tepung tulang, tepung ikan

Post a Comment for "Langkah Percepat Ayam Bertelur : Trick Gampang Ayam Daerah dan Ayam Petelur"