Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Beternak Ayam Petelur dan Ayam Daerah, Kesempatan yang Usaha Janjikan



Usaha ernak ayam dan telur janjikan masa datang yang ceria. Kenali yok apa saja yang penting jadi perhatian dalam langkah beternak ayam ini.

Keperluan daging ayam dan telur di Indonesia selalu alami kenaikan tiap tahun. Karena itu, beternak ayam dapat disebut menjadi salah satunya peuang bisnis yang menggiurkan. Langkah beternak ayam bisa juga disebut murah dan gampang kok.

Walau demikian, ada banyak poin utama yang harus diperhatian dalam langkah beternak ayam, khususnya permasalahan kebersihan kandang. Apalagi point yang lain? Yok kempoin dalam artikel Diadona ini.


Langkah Beternak Ayam Petelur


Sesuai sebutannya, ayam petelut dibudidaya untuk diambil telurnya. Diambil dari Pengetahuan Budidaya, satu ekor ayam petelur bsia hasilkan lebih kurang 200 butir pada sebuah tahun, lho! Sangat banyak kan?

Eh tetapi nanti dulu, ada beberapa hal yang perlu kamu lihat dalam langkah beternak ayam petelur. Apa sajakah? yok baca.


Tipe Ayam Petelur


Tentukan tipe ayam apa yang hendak kamu budidaya penting sekali untuk nentuin harga jualnya di pasar. Jika kamu lihat ada dua tipe ayam petelur yang umum diperbudidayakan, diantaranya:


Petelur Putih

Di mana telur yang dibuat warna putih dengan berat badan yang Enteng. Tipe ayam petelur ini gampang ditemui, tetapi mereka peka pada panas dan suara dan harga tambah murah. Karena itu, langkah beternak ayam untuk tipe ini harus juga jadi perhatian ya.


Petelur Coklat

Ini ialah tipe telur yang sering kali kita temui dan konsumsi. Ukuran semakin besar dengan cangkang warna coklat. Ayam petelur coklat dapat kita fungsikan untuk ayam pedaging juga.


Bibit Ayam

Langkah beternak ayam dapat diawali dari tentukan darimanakah bibit yang akan kita piara. Pertama, kamu dapat memperoleh bibit ayam dari menetaskan sendiri dari telur. Atau juga bisa nih beli bibit dari petani ayam petelur.

Berasa mudah? Ets, nanti dulu. Ada beberap ahal yang perlu kamu lihat dalam penyeleksian bibitnya, diantaranya:


Kualitas telur harus bagus

  • Ayam datang dari bibit yang sudah dijumpai kelebihannya
  • Ayam cepat capai umur dewasa
  • Tidak gampang depresi
  • Pakan rendah
  • Perkembangannya normal
  • Mempunyai kekuatan penyesuaian yang tinggi
  • Bulu-bulu lembut, penuh
  • Punyai keadaan fisik yang dapat bertahan di dalam cuaca tempat peternakan
  • Tidak punyai karakter mendekam
  • Kandang Ayam
  • Tidak sekadar kandang, beternak ayam harus pikirkan detail kandang berbentuk:


Lokasi

Ini menjadi pemikiran yang perlu karena kandang ayam nanti akan hasilkan sampah udara dan sampah kotoran. Jika terlampau dekat sama permukiman wargaan, dicemaskan akan mengusik kegiatan dan kehidupan warga.


Gampang Dicapai dari Pusat Marketing

Ini terkait dengan tekan ongkos ransportasi demikian telur dialokasikan.


Tipe Kandang

Pada umumnya ada dua tipe kandang yang dipakai dalam langkah beternak ayam, yaitu kandang umparan atau battery.


Kandang Umparan


Terkadang umparan yaitu satu kandang besar di mana semua ayam akan ditaruh di situ secara bersatu. Umumnya sich ini ialah enis kandangn dalam langkah beternak ayam pedaging, tetapi bisa juga dipertuntukkan untuk type ayam petelur karena memiliki bentuk yang simpel.


Kandang Battery

Ini memang kandang yang diutamakan untuk ayam petelur di mana satu kandang hanya berisi seekor ayam saja. Pasti saja jika kamu banyak memiliki ayam, karena itu kandang yang diperlukan jadi besar. Tetapi kandang ini punyai kelebihan di mana telur semakin lebih gampang dikummpulkan hingga telur-telur itu tidak akan alami resiko terselinap,


Pakan

Ada banyak opsi pakan yang dapat dipakai, salah satunya sentrat, tepung ikan, maupun jagung. Setiap tipe mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Untuk mengakalinya biassanya dilaksanakan macam makanan agar ayam memperoleh gizi yang imbang.

Tidak hanya tipe pakan saja, babak pemberian makanan harus juga jadi perhatian. Di babak awalnya atau starter umumnya diberi makanan di umur 0-4 minggu ayam, dan babak finising diberi di 4-6 minggu dengan intensif 3x pada sebuah hari. Banyaknya semakin bertambah tiap minggunya.


Minum

Minuman untuk ayam berlainan setiap babak perubahannya. Di beberapa hari pertama bibit, misalkan, ayam dikasih minum berupaa kombinasi gula dan obat anti stress.Obat ini diberi saat ayam baru dipindah dari lain tempat. Maksudnya agar ayam itu tidak depresi.


Kebersihan Tempat

Pakan, kandang dan obat anti depresi sudah terpenuhi nih, tetapi ada satu perihal khusus dalam langkah beternak ayam yang paling tentukan kesehatan ayam dan kualitas telur. apakah itu? Yakni kebersihan tempat. Tidak hanya kebersihan kandang saja, tetapi juga lingkungan kandang, kebersihan makan dan tempat minumnya.

Karena itu, pembersihan kandang seharusnya dilaksanakan tiap hari. Ada banyak peternak yang mengakalinya dengan membuat kandang di atas kolam ikan hingga kotoran langsung akan masuk ke kolam. Sayang, ini bsia memunculkan kehadiran nyamuk.


Vaksin

Sama seperti dengan manusia, ayam perlu vaksin dan pengecekan kesehatan dengan teratur. Masalahnya jika seekor ayam sudah sakit karena itu penyakitnya rawan sekali menyebar ke ayam yang lain.


Panen

Saat memetik, peternak telur harus juga dapat membandingkan mana elur yang berkualitas atau tidak. Salah satunya langkah untuk tentukan umumnya lewat wujud telur

Telur yang normal berupa oval, dan telur abnormal umumnya berupa lonjong atau gepeng. Telur yang abnormal umumnya memiliki ukuran kecil atau semakin besar daripada telur lainnya.

Post a Comment for "Langkah Beternak Ayam Petelur dan Ayam Daerah, Kesempatan yang Usaha Janjikan"