Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Berternak Kelinci Potong untuk Usaha Yang Memberikan keuntungan Memberikan keuntungan

 



Seperti Yang kalian tahu, saat ini kelici di ternakan tidak sebagai hewan hias saja, tapi juga digunakan dagingnya untuk dimakan. Namaun, kelinci ya g dipakai bukan kelinci-kelinci hias ,tetapi kelinci yang di ternakan untuk kelinci bedaging

Beragam masakan daging kelinci mulai terkenal dalam masyarakat, seperti olahan sate kelici.Ini karena daging kelinci yang empuk dan mempunyai rasa yang sedap,dan membuat pecintanya makin bertambah. Disamping itu, kandungannya yang tinggi protein dan rendah cholesterol berguna juga untuk kesehatan.

Langkah ternak kelinci potong untuk usaha tidak begitu susah. Tentu saja dengan pengendalian yang bagus, pengadaan kandang yang nyaman, pemberian pakan yang pas dan teratur, sampai perawatan yang bagus akan membuat usaha kelinci potong jadi memberikan keuntungan.


Tipe Kelinci Budidaya

Saat sebelum mengenal Langkah Ternak Kelinci potong, kamu harus tahu dahulu beberapa jenis kelinci yang umum diperbudidayakan. Ini terkait dengan kekuatan kelinci yang berbeda sama sesuai macamnya. Ada yang hasilkan daging berkualitas, kulit, sampai bulu-bulu.

Di Indonesia sendiri ada banyak yang fokus pada dagingnya. Berdasar tutorial dari Kementerian Pertanian, kamu dapat memiara kelinci sama sesuai alokasinya, yakni seperti berikut:


- Tipe kelinci yang digunakan dagingnya: Flemish Giant dan New Zealand White

- Tipe kelinci yang digunakan kulitnya: Rex dan Satin

- Tipe kelinci yang digunakan bulu-bulunya: Angora


Tipe Kelinci yang Digunakan Dagingnya


New Zealand White

Kelinci New Zealand White mempunyai warna bulu-bulu putih albino dengan berat capai 5 kg. Tipe kelinci pedaging yang ini benar-benar pas untuk usaha budidaya ternak kelinci, karena pengembangbiakannya yang cepat, yakni rerata sekitaran 10 sampai 12 anak dalam 1x melahirkan.


Flemish Giant

Beberapa ciri kelinci Flemish Giant ini ialah mempunyai warna bulu-bulu bermacam dan wujud badan yang panjang dan bertelinga lebar. Beratnya dapat capai 10 kg. Tetapi tipe kelinci ini masuh susah diketemukan di Indonesia, hingga untuk mengawali budidaya ternak kelinci Flemish Giant, kamu dapat memasangkannya dengan tipe kelinci lainnya lebih dulu.


Langkah Ternak Kelinci Potong

Sesudah mengenal beberapa jenis kelinci budidaya itu, baru kamu dapat mengaplikasikan langkah ternak kelinci potong atau pedaging.


Berikut langkah ternak kelinci potong:


Mempersiapkan Kandang yang Nyaman


Langkah ternak kelinci potong yang pertama ialah mempersiapkan kandang yang nyaman. Penting diingat supaya kamu lakukan budidaya ternak kelinci ini jauh dari hisap pikuk perkotaan. Disamping itu, perputaran udara dalam kandang harus juga baik.

Pada umumnya ada dua type kandang, yakni mekanisme terbuka dan tertutup. Kandang mekanisme terbuka berbentuk bentangan tempat yang sekitarnya dikasih pagar. Kelinci didiamkan bebas berkeliaran dalam tempat itu. Dalam tempat kandang disiapkan lindungan untuk berlindung dan tempat beristirahat. Dengan mekanisme semacam ini perawatan lebih gampang. Apa lagi jika bentangannya luas, kelinci didiamkan cari makan sendiri jadi jika sesekali terlambat dalam memberikan pakan tak perlu cemas.

Dan, kandang tertutup sebagai kandang yang terbatasi lantai, dinding dan atap. Kandang tipe ini pas untuk usaha ternak yang intens. Kamu dapat pilih type kandang postal atau type kandang battery.

Kandang type postal ialah kandang untuk tempatkan beberapa ekor kelinci sekalian. Dipakai sebagai kandang perkembangbiakkan dan menjaga anak-anak kelinci. Dan kandang type battery ialah kandang yang direncanakan untuk menampung seekor kelinci per kandang, umumnya berupa rack bersusun. Pas dipakai untuk pembesaran.


Pilih Indukan yang Berkualitas


Langkah ternak kelinci potong setelah itu pilih indukan yang berkualitas. Ini tentu saja benar-benar punya pengaruh pada lanjutan budidaya nanti. Untuk memperoleh indukan kelinci yang berkualitas, kamu harus betul-betul memerhatikan bibit ternak yang hendak dibeli.

Pilih bibit kelinci yang mempunyai berat badan minimum 4 kg untuk kelinci betina dan 3 kg untuk kelinci jantan, warna mata ceria, bulu-bulu bersih, pinggul bundar penuh, dan gesit geraknya. Yakinkan jika kelinci sebagai kelinci yang mempunyai kisah kesehatan yang bagus.

Langkah ternak kelinci potong dapat menjadi usaha yang memberikan keuntungan. Sama seperti yang sudah banyak dijumpai, saat ini kelinci bukan hanya jadi hewan piaraan saja, tapi juga digunakan dagingnya untuk dimakan. Tetapi, daging kelinci yang umumnya dikonsumsi bukan datang dari kelinci hias.

Beragam masakan daging kelinci mulai terkenal dalam masyarakat, seperti sate kelinci. Ini rupanya tidak terlepas dari daging kelinci yang memili rasa yang sedap. Disamping itu, kandungannya yang tinggi protein dan rendah cholesterol berguna juga untuk kesehatan.

Langkah ternak kelinci potong untuk usaha tidak begitu susah dilaksanakan. Tentu saja dengan pengendalian yang bagus, pengadaan kandang yang nyaman, pemberian pakan yang pas dan teratur, sampai perawatan yang bagus akan membuat usaha kelinci potong jadi memberikan keuntungan.


Langkah Ternak Kelinci Potong


Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga punya pengaruh pada perkembangan kelinci, terutamanya untuk usaha kelinci pedaging ini. Bila di alam bebas kelinci cuman dapat konsumsi sayur hijau, kamu dapat menambahnya dengan gizi atau vitamin yang lain.

Kamu dapat memberi makanan yang dicintai kelinci yaitu, sampah sayur, seperti sawi, wortel, lobak dan daun singkong. tipe rerumputan dan daun-daunan dari tanaman kacang tanah, jagung dan pepaya.

Disamping itu, kamu dapat menambah sedikit gizi seperti piterna dan hormonik ke pellet atau makanan khusus kelinci pedaging. Beri dengan teratur 2x satu hari, ketika sore dan pagi hari.


Memasangkan Kelinci


Langkah ternak kelinci potong setelah itu lakukan perkawinan. Kelinci masuk tahapan dewasa dan siap dikawinkan pada usia 6-12 bulan, bergantung pada tipe rasnya. Baiknya perkawinan kelinci pedaging jantan dan betina baru dapat dilaksanakan saat sang jantan berumur delapan bulan dan betina enam bulan. Ini buat menghindar resiko perkawinan awal yang bisa memberikan ancaman ketidakberhasilan reproduksi.

Proses perkawinan kelinci pedaging dapat dilaksanakan saat pagi atau sore hari dengan memasukkan kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Sesudah kelinci lakukan 1x perkawinan, mengeluarkan kelinci betina untuk istirahat sekitaran 10 sampai 15 menit dulu.

Lalu, kawinkan kembali kelinci betina dan jantan, sampai si betina tidak ingin melakukan kembali, dan balikkan si betina ke kandang sebelumnya.


Langkah Ternak Kelinci Potong


Menjaga Anak Kelinci

Sesudah anak kelinci pedaging lahir, langkah ternak kelinci potong setelah itu lakukan perawatan dengan jaga kandang itu selalu bersih dan hangat. Beri makanan bergizi seperti wortel dan sayur yang lain yang sudah dihancurkan. Tambah juga sedikit gizi ke makanannya untuk mendukung tumbuh berkembang anak kelinci pedaging.


Panen


Langkah ternak kelinci potong setelah itu proses panen. Kamu dapat jual anakan kelinci pedaging yang sudah masuk umur sekitaran 3-4 bulan, atau saat capai berat sekitaran 2-3 kg. Biasanya, proses panen kelinci pedaging ini dapat dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun. Kelinci betina bisa hasilkan 6 ekor anak saat melahirkan.

Post a Comment for "Langkah Berternak Kelinci Potong untuk Usaha Yang Memberikan keuntungan Memberikan keuntungan"