Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berwiraswasta Sukses Dengan Ternak Puyuh Petelur

Berwiraswasta Sukses Dengan Ternak Puyuh Petelur

Di periode Wabah semacam ini, pengurangan karyawan membuat beberapa orang kehilangan tugas dan mimpi mereka agar bisa menyenangkan keluarga. Akhirnya semua usaha dilaksanakan untuk memperoleh keuntungan di bagian lain agar menjaga keluarga. Salah satunya alternative dalam mengantongi keuntungan besar ialah berwiraswasta jadi peternak puyuh petelur. Lalu bagaimanakah ya langkah menjadi wiraswasta sukses dan bisa mengantongi keuntungan besar dari ternak puyuh petelur? Yok baca panduan berikut ini.

Burung Puyuh atau dengan bahasa Jawa disebutkan Gaungk sebagai burung liar yang awalannya diternakkan di Amerika Serikat di tahun 1870, lalu berkembang ke beragam seluruh dunia. Di Indonesia, sentral peternakan burung puyuh banyak dijumpai di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa tengah. Burung puyuh mempunyai banyak faedah karena daging dan telur burung puyuh dapat untuk dimakan.

Spesies burung puyuh

Spesies burung puyuh yang dibudayakan juga bermacam seperti cortunic japonica lokal, Puyuh cortunic japonica tipe jumbo pharaeh dan Puyuh Coturnic japonica tipe autumn dan ada banyak kembali, tetapi yang banyak diperbudidayakan ialah spesies Coturnix coturnix japonica atau yang umum disebutkan puyuh Jepang. Puyuh tipe ini lebih disukai oleh peternak puyuh sebab bisa hasilkan telur semakin banyak dibanding dengan tipe puyuh yang lain yaitu sekitar 250 sampai 300 butir per ekor tiap tahun.

Selainnya keproduktifannya yang tinggi, tipe burung puyuh jepang gampang diperbudidayakan. Beberapa ciri dari burung puyuh Jepang yang paling menonjol ialah dari bulu-bulunya yang warna cokelat muda di bagian atas tenggorokan. Sisi dadanya relaitf rata.Spesies ini benar-benar sesuai keperluan warga yang beternak burung puyuh untuk diambil telur dan dagingnya.

Panduan Sukses Ternak Puyuh Petelur

Untuk lakukan ternak puyuh petelur ada banyak elemen yang perlu jadi perhatian, supaya telur-telur yang dibuat sama sesuai dan bisa memnuhi kebutuhan pasar diantaranya:

Penyeleksian Lokasi yang pas

Penyeleksian Lokasi jadi point pertama kali yang harus jadi perhatian, karena penyeleksian lokasi ini akan mempengaruhi sukses tidaknya ternak puyuh petelur. Lokasi yang pas ialah dekat sama sumber air bersih, bisa dicapai alat transportasi, untuk mempermudah perawatan, pemantauan, dan pemasaran. Disamping itu lokasi untuk ternak puyuh petelur harus juga bebas dari teror hama penyakit karena hama penyakit pada puyuh bisa mengakibatkan keproduktifan turun bahkan juga kematian. Dan yang paling penting harus mempunyai perputaran udara yang bagus. perputaran udara yang bagus ialah kunci untuk menahan gempuran beberapa penyakit yang disebabkan karena bakteri, jamur atau virus. Lokasi kandang yang tidak mempunyai perputaran baik mempunyai potensi untuk jadikan kandang lebih lembab, gelap dan jadi sarang mengembangnya jamur dan bakteri pemicu penyakit. Disamping itu, kandang dengan perputaran baik berguna juga untuk sehatkan ternak Anda.

Kandang burung puyuh

Poin ke-2 yang perlu jadi perhatian yaitu kandang burung puyuh. Kandang jadi factor kesuksesan dari ternak burung puyuh, kandang puyuh petelur mempunyai panjang ukuran 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30 cm, ukuran kandang itu segera dapat memuat burung siap produksi sampai 30-35 ekor. Tidak itu saja, dalam budidaya ternak burung puyuh, kamu harus juga mempunyai beberapa kandang. Misalnya :

  • Kandang Induk

kandang benar-benar punya pengaruh pada keproduktifan dan kekuatan puyuh dalam hasilkan telur berkualitas. Oleh karenanya, ukuran kandang indukan burung puyuh yang dipakai harus sesuai jumlah burung yang hendak diternakkan.

  • Kandang ke-2 untuk beberapa induk pembibit

Kandang tipe ini secara eksklusif dibikin dan dipakai untuk kandang induk burung puyuh pembibit. Ukuran dan memiliki bentuk sama dengan kandang induk puyuh petelur yang sudah diterangkan awalnya.

  • Kandang ke-3 untuk beberapa anak burung puyuh

kandang khusus anakan burung puyuh di usia starter, yakni mulai usia sehari sampai 2 sampai tiga minggu. Kandang ini berperan untuk jaga anak burung puyuh supaya masih tetap terlindung dan mendapatkan kehangatan sama sesuai keperluan.

  • Kandang yang keempat untuk perkembangan anak puyuh (Grower)

Kandang yang paling akhir ialah kandang grower yang dibikin khusus untuk burung puyuh yang berumur 3 sampai 6 minggu. Ukuran kandang tipe ini sama dengan kandang untuk induk dan induk pembibit.

Tetapi kandang burung puyuh tidak semerta merta berbentuk kandang saja, harus ada banyak hal yang lain perlu diamati seperti suhu temperatur dan kelembapan. Suhu temperatur kandang untuk ternak puyuh petelur baiknya sekitar 20-25 derajat celcius. Kelembapan udaranya juga harus sekitar 3-80 % dan pencahayaan saat siang hari cukup 25-40 watt. Dan untuk malam hari 40-60 watt bila cuaca benar-benar dingin atau sedang musim penghujan. Selanjutnya kelembapan udara pada kandang yang dianjurkan tidak kurang dan kurang dari angka 30-80%. Ini mempunyai tujuan supaya tidak ada kelembapan udara terlampau rendah/tinggi, yang bisa mengakibatkan penimbunan bakteri dan jamur pada kandang.

Disamping itu kecukupan sinar pada kandang penting diingat dengan menempatkan pencahayaan kandang. Di siang hari, Anda perlu memberi pencahayaan dengan memakai lampu sejumlah 25-40 watt dan saat malam hari, dianjurkan untuk meningkatkan kecukupan sinar dalam kandang, dengan memakai lampu sejumlah 40-60 watt.

Penyeleksian indukan puyuh petelur

Sesudah kandang siap, karena itu seterusnya yaitu penyeleksian indukan puyuh petelur. Pilih bibit dalam periode produktif yang umurnya tidak begitu tua dan tidak begitu muda, yakni sekitaran usia tiga minggu, karena usia juga memengaruhi hasil produksinya, karena itu jauhi bibit yang telah tua, bibit yang telah tua pasti produksi telurnya telah menyusut. Adapun beberapa ciri burung puyuh sbaik dan sehat yang bisa anda membeli yaitu:

  • Tubuhnya tidak begitu gendut/kurus
  • Memiliki warna yang ceria/tidak lusuh
  • Bergerak aktif/gesit
  • Responsif saat dikasih pakan
  • Berasal dari indukan berkualitas
  • Tidak ada cacat fisik, dan yakinkan jika puyuh itu sehat dan tidak bawa riwayat penyakit.

Dan untuk ternak puyuh petelur yang diperlukan ialah bibit burung betina, berikut langkah membandingkan puyuh jantan dan betina:

  • Bibit burung puyuh jantan mempunyai tonjolan pada bagian bokong seperti kelereng,
  • Sementara burung puyuh betina bokongnya tidak ada tonjolannya,
  • Bulu dada burung puyuh betina warna sawo masak dan ada garis atau bintik hitam,
  • Sementara burung puyuh jantan tidak mempunyai garis atau bintik hitam,
  • Burung puyuh jantan berkokok, sementara betinanya tidak, dan
  • Bobot/bentuk badan yang betina semakin besar dari jantan.

Bibit harus disuntik dahulu dengan vaksin ND (Newcastle disease) atau tetelo supaya tidak depresi dan tercegah dari penyakit.

Langkah ternak dan menjaga burung puyuh petelur

Berwiraswasta Sukses Dengan Ternak Puyuh Petelur

Sesudah pilih indukan burung puyuh petelur yang bagus karena itu setelah itu proses perawatan burung puyuh petelur tersebut. Ada cara-cara menjaga burung puyuh petelur supaya masih tetap hasilkan telur-telur berkualitas antara lain:

  • Sanitas dan perlakuan protektif

Kesehatan burung puyuh akan dikuasai dari rumahnya atau kandang yang ditempatinya. Kebersihan kandang jadi hal yang wajib selalu dijaga untuk memberikan dukungan perubahan si indukan burung puyuh untuk hasilkan telur-telur berkualitas. Terkadang yang bersih dapat kurangi risiko mengembangnya penyakit yang bisa disebabkan karena bakteri serta virus. Untuk jaga puyuh dari gempuran penyakit karena itu kebersihan kandang burung puyuh harus jadi perhatian dan perlu dilaksanakan vaksinasi pada puyuh yang sudah dilakukan sedini mungkin. Saat usia puyuh 4 - 7 hari, karena itu seharusnya dikasih vaksinasi dengan jumlah 1/2 dari jumlah vaksinasi untuk ayam. Vaksin bisa diberi lewat tetes mata atau air minum.

  • Mengontrol Kesehatan Burung puyuh

Burung puyuh harus dikendalikan secara periodik untuk meminimalkan gempuran penyakit membahayakan. Bila ada pertanda burung puyuh terserang penyakit, karena itu kita harus selekasnya menjauhkannya dari barisan puyuh lain selanjutnya beri penyembuhan sama sesuai panduan dokter hewan atau dinas peternakan di tempat.

  • Pemberian pakan burung puyuh

Pemberian pakan yang bagus adalah kunci khusus sukses atau tidak peternak puyuh, karenanya memberikan pakan yang berkualitas pasti memperoleh hasil yang optimal. Tipe pakan yang umum diberi untuk ternak burung kecil ini terdiri dari 2 yakni yang berupa tepung dan pelet. Pakan berbentuk tepung diberi untuk anakan yang berumur di bawah tiga minggu, sementara pelet dapat dijadikan konsumsi makanan indukan atau ternak berumur di atas tiga minggu. Pemberian pakan ini dilaksanakan 2x satu hari pagi dan siang (untuk puyuh anakan). Dan untuk puyuh dewasa diberi pakan 1 kali satu hari yakni pada pagi hari. Untuk tambahan gizi, anda bisa juga memberi tambahan gizi berbentuk vitamin khusus agar hasil telur puyuh yang didapat makin berkualitas.

  • Proses pemanenan dan saat panen

Yang dinanti saat memiara hewan ternak ialah periode panen. Untuk yang beternak burung puyuh pertelu pasti keinginan hasilnya berbentuk telur yang mempunyai nutrisi yang tinggi. Indukan betina yang sehat telah mulai bisa hasilkan telur sesudah umur 30 hari. Frekwensi panen telur puyuh sendiri dapat disebut cukup kerap bahkan juga dapat sehari-harinya selama saat produksi masih berjalan. Biasanya untuk peternak bisa memetik telur setiap harinya. Selainnya telur, daging gaungk atau puyuh juga nikmat. Hingga banyak pula yang cari daging hewan ini untuk dikonsumsi. Sesudah usai periode panen yaitu saat panen. Hal yang penting dilaksanakan ialah bersihkan kandang dan pengerukan kotoran-kotoran. Untuk pengangkutan telur, biasanya dibawa ke pasar tradisionil atau tempat konsumen berlangganan.

Apa Keunggulan Budidaya Ternak Burung Puyuh Petelur?

Ada banyak keunggulan berwiraswasta ternak burung puyuh petelur, adapun kelebihannya yaitu :

  • Modal kecil
  • Bisa dipiara di dalam lingkungan rumah tangga
  • Waktu perawatan termasuk pendek dan cepat
  • Burung puyuh cukup resisten pada penyakit
  • produksi daging dan telur tinggi

Faedah Budidaya Ternak Burung Puyuh Petelur

Selainnya Keunggulan, budidaya ternak burung puyuh petelur mempunyai bermacam faedah buat anda misalnya :

  • Dapat jadi usaha atau usaha sambilan di dalam rumah
  • Telurnya baik sekali untuk kesehatan, sebagaimana untuk kesehatan mata, tingkatkan metabolisme, menurunkan alergi, sampai mendetoksifikasi badan.
  • Dagingnya, untuk sumber nutrisi yang baik sekali dan mempunyai cita-rasa yang sedap
  • Limbah kotorannya dapat menjadi pupuk, karena banyak protein
  • Bulunya dapat dijadikan bahan bermacam kerajinan atau perlengkapan rumah tangga dan lain-lain.


Post a Comment for "Berwiraswasta Sukses Dengan Ternak Puyuh Petelur"