Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Ternak Ayam Daerah untuk Pemula, Ditanggung Memberikan keuntungan


Ayam sebagai salah satunya hewan piaraan yang lumayan disukai oleh warga Indonesia. Beragam tipe ayam menyebar di beberapa wilayah, ada yang memiara untuk diadu, tetapi seringkali dijadikan hewan ternak. Bahkan juga ada pula ayam hias yang harga capai beberapa puluh juta rupiah.

Pada umumnya, ayam banyak diperbudidayakan untuk penuhi keperluan setiap hari, seperti diambil daging dan telurnya untuk dimakan. Namun, tidak seluruhnya tipe ayam dapat menjadi material dasar pembikinan makanan. Ada banyak tipe ayam hias atau pengaduan yang khusus cuman untuk jadi piaraan.

Salah satunya tipe ayam yang terbanyak disukai ialah ayam daerah. Tipe ayam yang gampang diketemukan di Indonesia ini, umumnya diperbudidayakan dalam jumlah sedikit atau mungkin tidak banyak seperti tipe ayam petelur atau pedaging. Ayam daerah banyak disukai karena dapat menjadi usaha yang memberikan keuntungan.


Pilih Bibit Ayam Terbaik


Langkah ternak ayam daerah yang pertama ialah pilih bibit ayam terbaik. Untuk peternakan yang efisien, anak ayam dapat diperoleh dengan beli anak ayam yang baru menetas. Disamping itu, Anda bisa juga menetaskan sendiri memakai mesin penetas.

Bila pilih ayam daerah yang baru menetas, pikirkan jumlah yang akan dibeli dengan besar dan luas kandang punya Anda. Lihat faktor modal karena ini erat berkaitan dan jumlah berbelanja pakan.


Pilih Tipe Kandang Ayam

Langkah ternak ayam daerah selanjutnya yakni pilih tipe kandang ayam. Ada bermacam tipe kandang ayam yang dapat Anda pakai, seperti mekanisme umbaran dan mekanisme semi intens. Ke-2 tipe kandang ini mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing, lebih detilnya seperti berikut:


• Mekanisme Umbaran

Langkah ternak ayam daerah yang pertama ialah memakai mekanisme umbaran. Anda perlu sediakan kandang yang minimalis untuk ayam-ayam berlindung dari hujan, panas matahari, dan untuk tempat bertelur. Mekanisme umbaran ini pas dilaksanakan di wilayah perdesaan, karena di wilayah perdesaan lahan-lahan setiap rumah masih lumayan luas.

Ada banyak kelebihan langkah ternak ayam daerah memakai mekanisme umbaran, satu diantaranya ialah bisa tekan ongkos pakan karena hewan ternak dapat memperoleh makanan sendiri. Adapun kekurangan dari langkah ternak ayam daerah mekanisme umbaran yakni proses berkembang biak ayam tidak intens dan condong sembarangan.


• Mekanisme Semi Intens


Selainnya memakai mekanisme umbaran, langkah ternak ayam daerah selanjutnya yakni gunakan mekanisme semi peka. Sama dengan mekanisme umbaran, tetapi daerah lingkup ayam makin diperkecil. Ini mempunyai tujuan supaya ayam sedikit bergerak dan dapat hasilkan daging semakin banyak.

Selain itu, mekanisme semi peka memerlukan tempat untuk berlindung ayam dan tempat bertelur. Hingga, saat ayam bertelur dapat dipisah dari induknya dan diteteskan dengan alat inkubator atau mungkin dengan indukan yang lain. Keunggulan pada mekanisme intens yakni ayam bisa mengalami perkembangan biak secara cepat, sementara kelemahan pada mekanisme ini ialah Anda harus sediakan makanan semakin banyak.


Perawatan Ayam Daerah


Sesudah pilih bibit dan tipe kandang ayam, cara selanjutnya yakni lakukan perawatan. Saat proses perawatan, Anda harus mempersiapkan pakan ternak berkualitas baik dan beberapa obat alamiah atau kimia. Untuk pemula, Anda dapat mempersiapkan pakan ternak alami seperti daun pepaya atau daun lamtoro yang telah umum dipakai beberapa peternak.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, pemberian makan seharusnya dilaksanakan sekitar 3x dalam satu hari. Yakinkan selalu untuk memberi dedak dan sayur sebagai kombinasi.

Langkah ternak ayam daerah selanjutnya ialah proses marketing. Untuk peternakan tradisionil, Anda dapat jual langsung ayam itu ke pasar atau pedagang ayam keliling. Supaya lebih efisien, Anda dapat menjualnya ke konsumen setia langsung, misalkan dengan pebisnis rumah makan atau penjual daging masak di pasar.


Post a Comment for "4 Langkah Ternak Ayam Daerah untuk Pemula, Ditanggung Memberikan keuntungan"