Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Langkah Ternak Ayam Petelur Rasio Kecil



Dipakai untuk membikin kue sampai sekedar dimasak untuk makan pagi, telur adalah bahan makanan yang sering dipakai. Tetapi sudah pernahkah Anda berpikiran untuk membangun usaha di bagian yang prospektif ini?

Membuat peternakan ayam sendiri, misalkan. Beberapa dari Anda kemungkinan masih bimbang bagaimanakah cara melakukan. Walau sebenarnya, ada langkah ternak ayam petelur rasio kecil yang lebih gampang dilaksanakan.

Usaha peternakan ayam bertaraf kecil tawarkan kelebihan yang tidak dipunyai usaha rasio industri. Pertama, modalnya tidak demikian besar. Ke-2 , tenaga yang diperlukan juga kemungkinan cuma mengikutsertakan Anda saja.

Dan ke-3 , jika Anda dapat melakukan secara benar, keuntungannya cukup menarik. Secara singkat dengan beberapa kelebihan itu, siapa yang tertarik dapat sukses di usaha ini.

Tetapi bagaimanakah cara untuk melakukan? Untuk menolong Anda, berikut 8 langkah ternak ayam petelur rasio kecil yang dapat Anda coba.


1. Persiapkan Modal

Pertama, pasti Anda harus mempersiapkan modal lebih dulu. Keseluruhan ongkos yang disiapkan harus telah meliputi harga untuk pembikinan kandang, pembelian ayam, dan pembelian beberapa peralatan primer lain seperti pakan dan vitamin.

Jika dihitung secara nominal, sedikitnya Anda harus mempersiapkan tiga juta rupiah untuk mengawali usaha ini.

Perhitungan itu telah sanggup untuk penuhi ongkos pembangunan kandang, pembelian 30 ekor bibit ayam, sampai pembelian pakan dan vitamin. Tidak terlalu besar, kan?

Anda pun bisa menambahkan ongkos untuk bibit ayam. Misalkan dengan beli 100 ekor supaya balik modalnya bisa lebih cepat. Namun, ongkos lainnya juga terang bisa menjadi besar.

Yang mana seharusnya diputuskan? Beli 100 ekor ayam langsung atau beli sedikit dahulu? Jawabnya bergantung dari persiapan Anda, baik dari sisi modal atau tenaga.


2. Tentukan Lokasi Kandang

Penyeleksian lokasi kandang akan tentukan kemudahan usaha Anda yang akan datang. Dan dalam masalah ini, Anda perlu memperhatikan dua hal seperti berikut.

Status kandang dengan rumah, misalkan dengan menempatkannya ada di belakang rumah

Membuat kandang dekat sumber air

Mengapa harus ada di belakang rumah? Sebenarnya tidak harus, tetapi semakin lebih gampang untuk Anda untuk mengurusi usaha Anda jika terletak berdekatan dengan rumah . Maka, Anda tak perlu keluarkan uang transport cuman untuk pergi dari dan ke arah tempat usaha.


Lalu mengapa harus di dekat sumber air?


Sumber air yang diartikan dapat berbentuk sumur, sungai, atau lainnya. Kehadiran sumber air benar-benar penting karena Anda akan memerlukannya untuk menyiapkan minum untuk ayam sampai untuk bersihkan kandang.


3. Buat Kandang

Kandang yang akan dipakai baiknya tidak lembab, mempunyai perputaran udara yang lancar, dan diperlengkapi dengan beberapa benda untuk kegiatan ayam. Misalkan flooring berbentuk sampah dan tempat menempati.

Disamping itu, dalam kandang harus juga disiapkan tempat minum, tempat makan, dan tempat khusus untuk ayam yang sakit. Yang paling akhir ini dibutuhkan agar jika ada ayam yang sakit, Anda dapat mengisolasinya agar tidak menyebari ayam lainnya.

Untuk ukuran, bangunlah kandang bergantung jumlah ayam yang Anda membeli. Jika Anda beli 30 ayam petelur, misalkan, karena itu ukuran kandang yang bagus ialah 3 x 3 x 3. Susunlah supaya saat pagi, cahaya matahari dapat masuk ke kandang.

Disamping itu, upayakan supaya kandang tidak bersimpangan dengan perputaran udara. Point langkah ternak ayam petelur rasio kecil ini walau kesannya remeh, tetapi penting lho.

Masalahnya keadaan kandang akan berkorelasi langsung dengan keadaan ayam. Kandang yang sehat dengan cahaya yang cukup dan perputaran udara yang bagus akan hasilkan ayam-ayam yang sehat dan produktif.

Kebalikannya,kandang yang gelap dan lembab akan membuat ayam gampang sakit dan tidak produktif.


4. Membeli Bibit Ayam Petelur

Ada banyak tipe ayam petelur di pasar. Antara beberapa jenis ini pasti Anda harus dapat pilih yang terbagus.

Salah satunya faktor yang jangan diacuhkan dalam penelusuran bibit ialah tingkat keproduktifan ayam itu. Berapakah sekiranya jumlah telur yang dapat dibuat? Apa dapat capai di atas 250 telur /tahun? Atau di bawah 200 telur?

Selainnya pilih berdasar keproduktifan, tentukan ayam yang sehat dan perkembangannya normal. Permasalahan pembelian bibit ini benar-benar triky jika Anda masih baru di dunia peternakan. Karena itu Anda perlu kumpulkan info sebanyaknya.


5. Berikan Pakan yang Bergizi

Keproduktifan dan kualitas telur dikuasai keadaan ayamnya. Selainnya kandang yang perlu bagus, pakan ayam juga harus memiliki nutrisi. Pada umumnya, tipe pakan yang pas untuk usaha peternakan ayam bertaraf kecil ialah jagung giling lembut, ekstrak, dan tepung ikan.

Nach, kelak saat ayam Anda telah makin bertambah dan bergenerasi, yakinkan untuk memberi pakan yang detil, yakni:


  • Pakan Pre-Starter untuk ayam yang umurnya satu hari sampai 5 minggu.
  • Pakan starter untuk ayam umur 6 minggu sampai 10 minggu.
  • Pakan hijauan untuk Grower untuk ayam berumur 11 minggu yang hendak selekasnya hasilkan telur pertama.
  • Pakan untuk ayam-ayam yang telah teratur menghasilkan telur.
  • Pakan harus diberi secara periodik, 3x dalam satu hari. Yakinkan air minum untuk ayam ada dan ditukar sama air bersih dengan teratur.


6. Pemberian Vitamin

Supaya produksi telur ayam makin bertambah janganlah lupa untuk menambah vitamin. Di alam liar, sebenarnya ayam dapat cari vitaminnya sendiri. Mereka akan makan buah sampai beberapa macam daun.

Tetapi sebagai ayam peternak, mereka terang tidak punyai akses itu. Oleh karena itu, keperluan vitamin itu harus Anda suplai langsung.

Pembelian vitamin dapat diintergrasikan pada proses pembelian pakan secara periodik. Produk vitamin ayam dapat Anda beli ke beragam toko yang jual beberapa bahan peternakan.


7. Kerjakan Vaksinasi Ayam Petelur

Point selanjutnya yang penting dilaksanakan supaya langkah ternak ayam petelur rasio kecil Anda sukses dengan lakukan vaksinasi. Vaksinasi ditujukan supaya mekanisme kebal ayam bertambah. Dalam kata lain, vaksinasi dapat mencegah beragam penyakit pada ayam.

Penyuntikan vaksin sendiri dapat dilaksanakan dengan beragam langkah, dimulai dari penyuntikan, pencampuran pada pakan dan minuman, sampai pemberian tetes mata.


8. Dapatkan Pasar yang Pas

Paling akhir tetapi tidak kalah penting, Anda harus dapat mendapati pasar yang pas untuk telur-telur produksi ayam Anda. Anda dapat menjualnya ke toko paling dekat, ke pasar, sampai ke pengepul telur ayam. Juga bisa Anda tawarkan ke beragam restauran dan cafe-cafe.

Jual telur ayam fresh Anda lewat cara online bisa juga jadi alternative. Yang paling penting ialah Anda dapat berkompetisi dari sisi kualitas dan harga. Anda harus juga melebarkan rekanan Anda agar pendistribusian telur-telur ayam Anda tetap lancar.

Post a Comment for "8 Langkah Ternak Ayam Petelur Rasio Kecil"