Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Pengetahuan Dasar Pertanian Harus Kamu Kenali


Pengetahuan Peternakan

Peternakan sebagai aktivitas yang sudah dilakukan oleh manusia dalam meningkatkan dan memiara hewan ternak untuk digunakan hasil ternaknya.

Biasanya dari hasil hewan ternak mencakup daging, telur, dan susu, tetapi diakui jika ada banyak produk yang dapat didapat dari hewan ternak seperti madu lebah dan benang dari ulat sutera.

Disamping itu, budidaya perairan mencakup ikan, udang dan kerang masih juga dalam dalam ranah peternakan yang hasilnya dimakan oleh manusia.

Tambahan yang lain seperti peternakan serangga dan hewan eksotis yang sudah didomestikasi.

Diakui jika seorang peternak harus menambahkan pengetahuan dan pengetahuan berkaitan dunia peternakan yang bertambah luas kembali. Berikut ialah 4 sektor pengetahuan peternakan yang penting kamu kenali sebagai seorang peternak.


Pengetahuan Produksi dan Pemuliaan Ternak


Pengetahuan produksi dan pemuliaan ternak bukan hanya mencakup sektor pembibitan dan penggemukan ternak tetapi meliputi pengetahuan yang bertambah luas untuk memperoleh bibit ternak yang berkualitas tingg.

Dengan periode perawatan yang cepat, hasil ternak yang berkualitas, dan pendayagunaan tehnologi peternakan untuk mempermudah tugas peternak.

Penyeleksian pejantan dan betina sebagai pengetahuan dasar untuk mendapat bibit yang berkualitas dan berkualitas.

Misalnya, sejauh ini waktu perawatan ternak ayam memerlukan waktu tercepat enam bulan untuk dapat dipanen, tetapi dengan pengetahuan pemuliaan genetika, anda dapat memiaranya cuman 45 hari.

Pendayagunaan tehnologi kawin suntik (inseminasi bikinan) sebagai salah satunya serangkaian pengetahuan produksi yang harus dijumpai oleh peternak.

Pasalnya dengan manfaatkan tehnologi kawin suntik anda tidak perlu memiara pejantan yang membutuhkan perawatan dan ongkos pakan yang mahal hingga keuntungan yang didapat lebih optimal.


Pengetahuan Formula dan Gizi Pakan


Pakan sebagai rintangan paling besar usaha peternakan, nyaris 70 - 80 % ongkos yang dikeluarkan oleh satu usaha peternakan dipakai untuk mengongkosi pakan ternak.

Pengetahuan formula dan gizi pakan bermanfaat untuk pastikan bahan pakan bisa digunakan untuk sumber bahan pakan yang bergizi untuk ternak.

Pengetahuan ini penting untuk peternak untuk memformulasikan sendiri pakan yang hendak mereka beri pada ternak mereka hingga lebih mengirit ongkos pengeluaran.

Hewan ternak biasanya kelompok herbivora, tapi karena perawatan berjalan secara intens hingga perlu pastikan keperluan energi dan protein mereka lewat pakan.

Keperluan energi semakin banyak didapat dari tanaman serelia seperti padi, jagung, gandum dan tambahan umbi - umbian seperti ketela, singkong dan ubi jalar.

Dan keperluan protein didapat berbahan ikan, daging, susu, kacang - kacangan, dan lain - lain.


Rintangan paling berat dalam meramu pakan ternak ialah sumber bahan pakan yang berkompetisi dengan keperluan manusia hingga diperlukan keilmuan dalam memformulasikan

Bahan pakan yang ada dalam jumlah gizi yang diperlukan oleh ternak.


Pengetahuan Tehnologi Hasil Peternakan


Tidak dapat disangkal jika kekurangan seorang peternak sampai sekarang ini adalah rendahnya pengendalian hasil ternak intinya pada produk yang dibuat

Berbentuk daging, susu, telur, dan lain - yang lain daya simpannya yang tidak dapat tahan lama mengakibatkan hasil ternak tidak dapat kembali diterima di pasar.

Seorang peternak harus dapat memproses hasil ternaknya sendiri hingga tidak alami rugi jika hasil ternaknya rupanya berlebihan.

Adapun beberapa olahan hasil ternak yang sudah lama diperkembangkan adalah bakso, sosis, nugget, keju, susu steril, telur asin, dan lain - lain.

Tehnologi yang lain yang bisa dilaksanakan adalah penyimpanan berbentuk beku dengan manfaatkan cold penyimpanan untuk pastikan daging, susu, dan telur masih aman dimakan karena bakteri tidak bisa tumbuh pada temperatur itu.


Pengetahuan Sosial dan Ekonomi Peternakan


Berkenaan dengan hasil ternak yang sudah didapat, karena itu peternak juga dituntut untuk kuasai sosial dan ekonomi saat lakukan perdagangan.

Ini masih jadi permasalahan besar, karena pasar terkuasai seutuhnya oleh tengkulak hingga harga jual pada customer akhir mahal dan hasil pemasaran yang diterima peternak murah.

Peternak harus pahami dalam atur hal itu karena keuntungan paling besar dalam budidaya peternakan datang dari bidang perdagangan hasil ternak baik berbentuk bibit, penggemukan, dan olahan pangan asal ternak.

1 comment for "4 Pengetahuan Dasar Pertanian Harus Kamu Kenali"