Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Beberapa Penyakit Pada Ayam Ternak !!!

Penyakit ayam

Penyakit Ayam | Ayam merupakan salah satu hewan yang cukup gampang untuk diternakkan. Hewan unggas ini adalah bahan pokok yang banyak disukai masyarakat dari beragam kelompok.

Banyak penyakit yang muncul menyerang ayam-ayam apa lagi di musim penghujan. Jika anda seorang peternak ayam, Berikut beberapa penyakit ayam yang perlu kalian waspdai :

8 Penyakit Ayam Paling Umum

Anda harus ketahui beberapa ciri dan tanda-tanda yang terjadi bila ayam ternak anda sedang sakit.

1. Pilek Ayam atau Penyakit Ayam Snot

Penyakit ini umumnya terjadi pada tipe ayam petelur. Disebabkan karena infeksi bakteri Hemophilus Gallinarium yang menyerang salah satu ayam sampai menyebar pada ayam-ayam yang lain. Bakteri ini bisa menyebar lewat air dan tanah.

Tanda-tanda penyakit ini yakni mata dan kepala ayam yang terlihat basah. Hidungnya mengeluarkan cairan yang  persis dengan pilek yang dirasakan oleh manusia.

Pada keadaan ini, ayam petelur tak lagi ingin bertelur. Untuk sekarang ini, tidak ada vaksin yang dapat menyembuhkannya. Bila ayam anda sudah diindikasi penyakit pilek, sebaiknya segera dimusnahkan supaya tidak menyebar pada ayam yang lain.

2. Ayam Lumpuh

Penyakit ini dapat menyerang semua tipe unggas. Secara umum, ayam yang terserang ialah ayam yang berumur kurang dari 20 minggu. Pemicunya ialah organisme dari virus herpes.

Tanda-tanda diserangnya penyakit unggas lumpuh ialah jika ayam-ayam itu tidak sanggup kembali memberi respon sinar dan lumpuh tidak dapat bergerak.

Tidak ada obat yang dapat langsung menyembuhkannyayang adapat dilakukan hanyalah melakukan vaksin penangkalan yang diberi pada ayam yang berumur satu hari supaya tidak diserang virus ini.

3. Penyakit Ayam CRD

Disebabkan karena bakteri CRD atau Chronic Respiratory Disease, penyakit ayam ini menyerang sistem pernapasan. Ayam-ayam ini jadi gampang bersin, batuk, bengkak persendian, tidak dapat jalan sampai lumpuh.

Penyakit ini dapat diobati melakui antibiotic yang dianjurkan oleh dokter hewan. Karena penebaran bakterinya lumayan cepat, anda harus segera menyembuhkan penyakit ayam ini supaya tidak cepat  menyebar pada ayam  yang lain.

4. Flu Burung

Penyakit unggas yang disebutkan flu burung ini sempat terkenal dan mencemaskan banyak faksi. Karena pesatnya penyakit ini menyebar, bahkan juga dapat sekalian membunuh beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu unggas.

Penyakit flu burung sebagai salah satunya penyakit yang dapat menyebar pada manusia. Oleh karenanya, perlu waspada bila ada ayam pada suatu lingkungan sudah terkena virus flu burung.

Tanda-tanda flu burung secara umum ialah unggas yang mendadak stop bertelur dan alami masalah pernapasan yang cukup kronis. unggas ini menanggung derita diare.

Pada keadaan yang cukup kronis, ayam-ayam ini alami bengkak di bagian mukanya. Jenggernya berbeda warna jadi biru dan ada bercak-bercak merah gelap disekelilingnya. Keadaan berbeda warna dan bintik terjadi di wilayah sekitaran kaki.

Belum juga diketemukan vaksin yang baik untuk tangani penyakit flu burung ini. Beberapa faksi merekomendasikan pembasmian yang sudah dilakukan sekalian supaya virus tidak selekasnya menebar pada ayam yang lain atau pada manusia.

Oleh karena itu, anda harus extra berhati-hati dalam menjaga dan memiara ayam.

penyakit ayam

5. Penyakit Tetelo

Penyakit ini sebagai inveksi dari virus yang disebarkan dari ayam atau unggas lainnya. Penyakit unggas ini diikuti dengan syaraf pernapasan yang terusik.

Walau tidak langsung, manusia menjadi mediator penebaran penyakit ini yakni lewat sandal, sepatu, baju dan barang yang lain saat mereka sudah menyentuh unggas yang terserang penyakit tetelo.

Tanda-tandanya yakni sistem pernapasan yang memiliki masalah. Mata ayam memutih atau jadi kotor, sayap dan kakinya tiba-tiba alami kelumpuhan, cairan pilek yang keluar hidung, leher yang melilit dan ayam-ayam ini tak lagi bertelur.

Bila anda mendapati keadaan itu, anda harus selekasnya lakukan penyembuhan. Pada unggas yang sudah dewasa atau cukup usia, penyakit ini dapat sembuh. Tetapi untuk ayam-ayam yang kecil atau anak ayam, penyakit ini bahkan juga dapat mematikan.

6. Cacar Ayam

Pada penyakit cacar unggas, anda akan mendapati bercak-bercak putih pada unggas. Bintik ini sebagai bisul yang tumbuh di wilayah sekitaran trakea atau mulut ayam dan pada jenggernya. Penyakit ayam ini disebabkan karena virus yang namanya avipox.

Virus ini dapat menebar dan serang ayam-ayam yang lain. Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan ada menutup ayam yang sudah terkena cacar.

Berikan makanan yang cukup lunak dan melakukan penyembuhan dengan teratur. Dengan perawatan yang pas, ayam kemungkinan akan pulih secara cepat.

Bila anda akan lakukan penangkalan terkenanya penyakit cacar unggas ini, dapat dilaksanakan dengan vaksin unggas. Ada vaksin khusus yang dipasarkan untuk mencegah hadirnya penyakit ini.

7. Penyakit Puyuh atau Quail Disease

Pemicu penyakit ayam ini ialah bakteri yang namanya Clostridium Colinum. Bakteri ini berupa spora yang dapat menebar lewat kotoran ayam atau unggas. Bakteri ini sebagai bakteri yang telah tahan pada desinfektan hingga benar-benar beresiko untuk ayam-ayam anda.

Tanda-tanda yang terjadi bila satu ekor unggas terserang penyakit puyuh ialah ayam yang mendadak mati tiba-tiba. Bila bisa teridentifikasi, ayam-ayam ini akan alami kondisi lemas, diare dengan keluarkan cairan warna putih, bulu-bulu yang tidak terurus atau berantakan, dan bentuk badan ayam yang beralih menjadi bungkuk.

Jika anda mengindikasi ada unggas yang diserang penyakit puyuh, lebih bagus selekasnya mengontak dokter hewan di tempat supaya selekasnya diberi pengatasan. Secara umum mereka akan memberi penicillin atau bacitracin dan memberi jalan keluar penyembuhan.

8. Botulisme

Unggas merupakan hewan yang termudah diserang oleh penyakit ini. Penyakit unggas yang ditebarkan oleh bakteri Clostridium Botulium ini ialah semacam toksin yang terkonsumsi dari makanan.

Bisa saja, bakteri datang dari air yang ada di air minum atau kombinasi makanan. Bila salah satunya unggas anda ada yang terserang penyakit ini, karena itu dapat ditegaskan air dan makanan yang ada disekelilingnya juga terkontaminasi.

Tanda-tandanya benar-benar gampang kelihatan yakni ayam yang mendadak alami tremor. Ini ialah keadaan di mana ayam alami gemetaran di saat tertentu.

Sesudah gemetaran, ayam akan alami kelumpuhan keseluruhan dan pernapasannya mulai terusik. Bulu-bulu ayam akan gampang rontok atau tercabut. Beberapa saat selanjutnya, mereka akan mati.

Untuk proses penyembuhan penyakit ini, anda dapat lakukan pemberian antitoksin yang sudah dianjurkan oleh pakar atau dokter hewan. Anda harus juga memerhatikan situasi keadaan disekitaran supaya bersih dari bangkai dan kotoran hewan.

 

Kesimpulan

Memelihara ayam menjadi hal yang gampang dan susah. Pada keadaan tertentu, ayam benar-benar gampang diternakkan dan diperkembangbiakkan. Tetapi, hewan ini merupakan hewan yang gampang terjangkit beragam jenis penyakit.

Minimal anda harus mengetahui beberapa penyakit ayam yang umum terjadi. Untuk mengantisipasi supaya ayam selalu sehat, anda selalu harus menjaga kebersihan lingkungan. Melakukan pembersihan sekurang-kurangnya satu minggu 2x supaya ayam terbangun kesehatannya.

Post a Comment for "Waspadai Beberapa Penyakit Pada Ayam Ternak !!!"