Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan Sistem Pertanian Organik

Pertanian organik

Tidak dapat disangkal bahwa pestisida untuk petani seperti barang harus yang tidak boleh tertinggal  untuk panen yang besar. Pestisida, walau mempunyai imbas jelek untuk lingkungan juga berimbas ke manusia, namun tetap tinggi pemakaiannya di kelompok beberapa petani. Bahkan juga, menurut riset yang sudah dilakukan oleh Lady Eve Balfour pada tahun 1976, hasil panen dari tumbuhan yang berpestida dapat menurunkan tingkat kesehatan manusia.

Untuk mengurangi negatif itu, diperkenalkanlah pertanian organik sebagai cara penangkalan penyakit yang dialami oleh manusia. Sayang, masih tetap ada petani yang enggan untuk mengaplikasikan pertanian organik pada tanamannya. Baca keuntungan-keuntungan berikut ini yang hendak Anda peroleh saat mengaplikasikan pertanian organik!

Nilai jual semakin tinggi

Bila dibanding dengan pertanian yang memakai pestisida, nilai jual hasil panen dari pertanian organik semakin besar sampai capai 2x lipat. Misalnya beras anorganik. Sekarang ini, di pasar harga berkisan Rp10.000 sampai Rp12.000 per kg. Bila dibanding pada harga beras merah organik, harga dapat 2x lipat karena beras merah dipasarkan pada harga Rp24.000 hinggan Rp30.000 per kg. Yang mana yang lebih untung ?

Banyak pecinta

Jangan remehkan trend hidup sehat yang sekarang ini mulai diyakini oleh beberapa warga Indonesia. kesadaran akan keutamaan hidup sehat membuat warga Indonesia pilih bahan makanan yang dibuat dari pertanian organik. Sekarang ini sudah tersebar beras merah organik, sayur, dan buah yang dalam periode penanaman sampai panen tidak terjamah oleh bahan kimia beresiko.

Bila Anda menyaksikan di sosial media, telah banyak jasa service berbelanja sayur, buah, dan makanan organik lain. Ini menjadi bukti jika pertanian organik mempunyai pecinta . Maka, jangan khawatir hasil panen Anda tidak laris. Orang dengan tingkat kesadaran hidup sehat yang tinggi tidak terlampau pikirkan harga bahan makanan yang mahal asal membuat tubuh sehat.

Mempertahankan kesehatan lingkungan

Pertanian organik mewajibkan pembiaran organisme pengganggu sepanjang masih di bawah tingkat batasan aman untuk tak perlu diberantas. Dengan biarkan organisme ini untuk selalu hidup, Anda telah turut jaga kesetimbangan lingkungan, karena walau sebagai hama, tetapi kehadirannya masih tetap diperlukan sebagai pengimbang.

Bila Anda memakai pestisida dengan bahan kimia untuk memberantas organisme pengganggu, seringkali organisme yang bagus untuk lingkungan turut terbunuh. Dengan demikian kesetimbangan alam akan terusik. Biarkan organisme pengganggu tanaman kemungkinan memberi resiko tumbuhan tidak mempunyai penampilan yang prima bahkan juga tambah buruk. Tetapi, hal itu justru menunjukkan jika buah atau sayur itu aman dari pestisida karena organisme lain menyenanginya.

Menjaga kesuburan tanah

Pertanian organik akan bagus untuk mempertahankan kesehatan tanah sebab bisa membenahi dan jaga Ph tanah. Sampah pertanian dapat dikurangkan, kualitas air semakin aman untuk dimakan, dan tingkatkan komunitas mikroorganisme tanah. Ini semua karena pertanian organik tidak mengikutsertakan bahan kimia pada proses perawatan tumbuhan.

Ongkos operasional yang murah

Mengaplikasikan pertanian yang semakin aman dan sehat, memiliki arti Anda akan disokong penuh oleh Kementerian Pertanian dengan mendapatkan kontribusi pupuk organik seperti kompos dan kandang. Bahkan juga Anda bisa juga menghasilkan sendiri pupuk dengan memakai sampah hasil pertanian . Maka, ongkos untuk pupuk akan lebih murah.


pertanian organik

Keunggulan Lain Mekanisme Pertanian Organik

1. Pertanian organik mempunyai potensi hasilkan hasil pertanian lumayan tinggi di tengah-tengah teror kekeringan kronis yang tetap bertambah karena peralihan cuaca global. Ini karena kemampuannya dalam meredam air yang semakin tinggi dibandingkan pertanian konservatif.

2. Hasil pertanian organik dipandang tidak kurang banyak dibandingkan pertanian konservatif tapi masih tetap daoat memberi keuntungan untuk petani karena harga semakin tinggi. Harga yang semakin tinggi diberi customer sebagai ganti rugi ke petani karena sediakan jasa ekosistem dan menghindar kerusakan lingkungan atau ongkos external.

3. Keseluruhannya pertanian organik condong simpan semakin banyak karbon tanah, mempunyai kualitas tanah lebih bagus dan kurangi erosi tanah. Pertanian organik kurangi pencemaran tanah dan air, turunkan emisi gas rumah kaca dan lebih irit energi karena tidak memercayakan pupuk sintetis atau pestisida.

4. Pada pertanian organik, jumlah keberagaman hayati semakin banyak dari tumbuhan, hewan, serangga dan mikroba dan keberagaman genetik. Keberagaman hayati tingkatkan service yang disiapkan alam seperti penyerbukan dan tingkatkan kekuatan mekanisme pertanian untuk menyesuaikan dengan situasi keadaan yang berbeda.

Dengan mengangsung sejumlah keuntungan yang hendak Anda peroleh saat mengaplikasikan mekanisme pertanian organik, sekarang waktunya berubah. Pertanian organik memberikan keuntungan untuk petani atau customer, bahkan dapat menjaga kondisi lingkungan . Maka, tunggu apa lagi?

Post a Comment for "Keuntungan Sistem Pertanian Organik"