Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak

Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak

Untuk peternak sapi perah, supaya sapi perah menghasilkan susu banyak pasti benar-benar diprioritaskan. Ditambah susu sapi benar-benar mempunyai harga jual ekonomi yang tinggi ditambah susu steril langsung dari peternakan.

Tentang itu, untuk Anda yang terjun dalam agribisnis yang ini. Sudah pasti kerap alami masalah, satu diantaranya berkurangnya keproduktifan sapi perah. Hal itu mempunyai pengaruh pada kualitas susu yang dibuat bahkan juga dapat mengalami rugi untuk beberapa peternak sapi perah. Lalu apa yang harus dilakukan?

Langkah meningkatkan keproduktifan sapi perah sebetulnya gampang. Walau demikian, Anda tidak dapat melakukan dengan asal-asalan.

Nah, jadi bagaimana panduan perawatan sapi perah supaya keproduktifan susu sapi perah banyak? 

Yok baca penuturannya di sini:

1. Memerhatikan Kualitas Kandang

Seperti tipe sapi yang lain, sapi perah memerlukan kualitas kandang yang nyaman dan tepat. Ini juga disamakan dengan keadaan sapi perah yang terlatih pada wilayah sub tropis, karena itu untuk kandang yang ditujukan untuk sapi perah harus mempunyai detail diantaranya:

  • Ukuran tempat minum dan makan yang mempunyai ukuran berlainan. Ukuran pakan yakni 60 x 50 cm. Dan tempat minum yakni 40 x 50 cm.
  • Ukuran kandang yang dibikin untuk satu ekor sapi jantan dewasa ialah 1,5 x 2 m atau 2,5 x 2 m, dan untuk sapi betina dewasa ialah 1,8 x 2 m dan untuk anak sapi cukup 1,5 x 1 m per ekor, dengan tinggi atas ? 2-2,5 m dari tanah.
  • Tinggi tempat pakan atau minum sapi sekitar 40 cm atau mungkin tidak melewati sendi sapi.
  • Lantai kandang harus bersih dan tidak licin. Tinggi tiang pada kandang sekitar 200 cm dari lantai kandang.
  • Selokan sisi luar kandang untuk pembuangan sisa air cucian bak pakan dan minum : L x D = 10 x 15 cm. Dan Selokan sisi dalam kandang untuk pembuangan kotoran, air kencing dan air sisa mandi sapi : Lebar (L) x Dalam selokan (D) = 35 x 15 cm.

Dengan membuat sapi nyaman ada dikandang, hal itu akan mendukung keproduktifan susu yang dibuat.

2. Tentukan Bahan Pakan Ransum Dengan Gizi Imbang

Pemberian pakan yang menentukan kualitas dan jumlah susu sapi. Bila keperluan pakan sapi tidak tercukupi, karena itu keproduktifan susu sapi akan turun. Tentukan bahan pakan yang dapat memenuhi keperluan gizi makro ternak. Salah satunya ialah protein, lemak, karbohidrat, dan mineral, vitamin dan air. Kualitas dan jumlah ransum harus diberi dengan jumlah yang pas supaya keproduktifan susu pada sapi perah bisa maksimal.

Tetapi, bagaimana sih tehnik pemberian pakan supaya susu sapi perah banyak? Berikut ialah kuncinya:
Pemberian pakan harusnya jadi perhatian dengan rinci dan cermat bahkan juga saat sebelum sapi melahirkan.

  • Supaya saat melahirkan, sapi dapat cepat kembali sehat dan hasilkan susu dengan jumlah dan kualitas tinggi, karena itu Anda harus memberi pakan dengan sama sesuai standar keperluan gizinya.
  • Dan pada sapi yang menyusui, jumlah pemberian pakannya tidak berbeda jauh dengan sapi hamil. Tetapi, sudah pasti keperluan pakan pada sapi perah yang hasilkan susu harus semakin banyak.

Berikut ialah contoh standard keperluan gizi untuk sapi bali yang hamil/menyusui dengan berat 300-400 kg:

a. Pakan Hijauan

Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak

  • Pada sapi hamil yang mempunyai berat di antara 300 kg, karena itu keperluan pakan hijauannya ialah sekitaran 25 kg.
  • Anda dapat memakai pakan hijauan dari rumput gajah, rumput setaria, daun turi, rumput benggala, sulanjana, daun lamtoro, dan yang lain.
  • Pada sapi menyusui dengan berat 300 kg, karena itu pakan hijauan yang diberi harus semakin banyak. Anda dianjurkan untuk memberikan pakan hijauan pada sapi perah sekitar 26 kg.

b. Pakan Kering

Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak

Selainnya pakan hijauan, Anda pun dianjurkan untuk memberi pakan kering yang memiliki kandungan kandungan TDN, ME, Ca, dan P imbang. Beberapa macam pakan kering yang dianjurkan ialah dedak padi dan bungkil kelapa.

  • Pada dedak padi, tiap kg nya memiliki kandungan TDN sekitaran 0,8 kg, ME sekitaran 3,3 Mcal, Ca sebesar 0,0010 kg, dan P sebesar 0,008.
  • Dan pada bungkil kelapa tiap 0,5 kg nya memiliki kandungan TDN sekitaran 0,4 kg, ME sekitaran 1,570 Mcal, Ca sekitaran 0,05 kg, dan P sekitaran 0,004 kg.

Baik pada sapi hamil atau sapi perah, Anda dianjurkan untuk memberi pakan kering dengan jumlah yang cukup.

Contohnya, bila sapi Anda berbobot 300 kg, karena itu Anda dianjurkan untuk memberi dedak padi sekitar 1-1,5 kg/hari. Dan pada bungkil kelapa, Anda bisa memberi sekitar 0,5-1 kg/hari.

c. Pakan Ekstrak

Pakan ekstrak harus diberi pada sapi hamil. Ini karena sapi hamil memerlukan protein dengan jumlah yang semakin besar untuk proses pembangunan janin.

  • Beri pakan ekstrak dalam jumlah yang tidak banyak atau terlampau sedikit. Prosentase pakan ekstrak yang dianjurkan ialah sekitar 1-2% dari berat badan ternak. Bila berat sapi Anda 300 kg, karena itu pakan kosentrat yang diberi ialah minimum 3 kg/hari dan optimal 6 kg/hari.
  • Beri pakan ekstrak yang berkualitas tinggi. Kandungan protein yang dianjurkan untuk sapi ialah sekitaran 15%.

Untuk Anda yang ingin membuat pakan ekstrak sapi sendiri, tidak perlu sangsi. Dengan ikuti tutorial dari pakarnya dan formasi yang pas Anda dapat hasilkan pakan yang berkualitas. Berikut keterangan berkenaan Langkah Membuat Pakan Ekstrak Sapi.

d. Complete Feed

Selainnya gabungan di antara pakan hijauan, pakan kering dan pakan ekstrak, Anda bisa juga memakai pakan complete feed. Pakan complete feed ini lebih banyak diputuskan oleh peternak besar yang mempunyai ternak dengan jumlah besar.

Sama sesuai namanya, pakan complete feed ini telah diformulasi secara eksklusif untuk dapat penuhi keperluan gizi sapi perah. Anda perlu memberi pakan ini sesuai jumlah yang disarankan di paket.

Pakan complete feed ini banyak memiliki keunggulan, intinya nilai nutrisi yang telah terarah. Dengan demikian, peternak tidak perlu memberi pakan tambahan, seperti rumput atau ekstrak tambahan.

3. Langkah Memberikan Pakan Sapi Perah

Selainnya memberi bahan pakan opsi, Anda pun harus tetap memerhatikan langkah pemberian pakannya. Ini karena langkah pemberian pakan yang kurang pas, rupanya bisa memengaruhi kekuatan sapi perah dalam mengolah pakan.

Lalu, bagaimana sih langkah pemberian pakan sapi perah? Berikut ialah tutorialnya:

  1. Pada pakan hijauan, Anda dianjurkan untuk memberi pakan dengan dicacah kecil-kecil, selanjutnya difermentasikan.
  2. Untuk tingkatkan kualitas pakan hijauan, kerjakan peragian lebih dulu. Anda dapat memakai Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan untuk memfermentasi pakan hijauan, karena produk ini memiliki kandungan bakteri baik yang dapat menolong reaksi peragian.
  3. Selainnya memiliki kandungan bakteri baik, Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan memiliki kandungan multivitamin, mineral essensial dan non essensial yang sanggup menolong penuhi keperluan micro ternak
  4. Langkah membuat pakan peragian dengan memakai Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan juga gampang.
  5. Beri pakan sapi perah tiap hari sekitar 2x satu hari, pada sore dan pagi hari.

4. Memerhatikan Kesehatan Sapi

Bila dirasakan sapi perah mulai turun keproduktifannya, sesudah Anda mengavaluasi keadaan kandang atau ransum yang diberi.

Pasti ada poin penting dilaksanakan, satu diantaranya dengan memerhatikan kesehatan sapi. Ini pasti perlu Anda lihat jika sapi memperlihatkan pertanda misalnya:

  • Sapi lemas tidak bernafsu
  • Kurang gairah saat dikasih pakan
  • Muncul pertanda sakit di bagian atau anggota badan.

Ini pasti dapat diperhitungkan dengan panggil pakar kesehatan untuk mengeceknya, tetapi bila Anda ingin ketahui terlebih dahulu sapi yang tidak produktif dan condong sakit dapat pelajari beberapa penyakit sapi.

Oleh karena itu, pentingnya ketahui berkenaan Tipe Penyakit Sapi dan Langkah Pengatasan yang akurat.

5. Pemberian Suplemen Untuk Sapi Perah

Selainnya pemberian pakan untuk penuhi keperluan gizi makronya, Anda harus juga memberi suplemen untuk penuhi keperluan gizi micro.

Dianjurkan untuk memakai suplemen yang dibuat berbahan natural serta organik. Karena, ternak yang menyusui atau hasilkan susu, seperti sapi perah benar-benar peka pada beberapa bahan suplemen kimia atau yang tidak terstandar.

Ada beberapa tipe suplemen organik yang dapat Anda tentukan di pasar. Tetapi, ada salah satunya tipe suplemen yang terbanyak dipakai oleh peternak sapi perah di beberapa wilayah.

Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak

Produk suplemen organik yang terbanyak dipakai peternak sapi perah itu ialah Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan. Produk ini diputuskan karena memiliki kandungan:

  • Bakteri baik, seperti Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus mycoides, Bacillus pumillus, dan Bacillus brevis.
  • Ke-5 bakteri itu ialah tipe bakteri yang telah diformulasi secara eksklusif untuk menolong membenahi mekanisme pencernaan, tingkatkan hormon dan enzim yang berguna untuk badan, dan menolong tingkatkan mekanisme imun ternak supaya tidak gampang sakit.
  • Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan memiliki kandungan mineral essensial dan non essensial yang sanggup menolong penuhi keperluan mineral ternak. Dengan demikian, sapi akan sanggup menghasil susu dengan jumlah yang semakin banyak.
  • Multivitamin yang terdapat di dalam Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan bisa juga menolong penuhi keperluan vitamin ternak, hingga ternak dapat semakin sehat dan hasilkan susu dengan jumlah semakin banyak dan kualitas yang lebih bagus.

Langkah pemberian Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan juga gampang, berikut tutorialnya:

  1. Anda perlu tuangkan 15 ml Suplemen Organik Cair GDM Specialist Peternakan pada air minum saat pagi hari dan 15 ml kembali di sore hari.
  2. Selainnya dapat diberi di air minum ternak, produk ini bisa juga dipakai untuk agen peragian pakan. Dengan demikian, Anda dapat semakin gampang dalam memberi konsumsi gizi komplet pada ternak sapi perah punya Anda.

Itu ialah tutorial langkah supaya sapi perah hasilkan susu banyak. Mari kontak team pakar kami untuk diskusi dengan gratis langkah perawatan sapi perah dan langkah tingkatkan keproduktifan sapi perah:

Post a Comment for "Langkah Supaya Sapi Perah Hasilkan Susu Banyak"