Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai hewan ini dimusim penghujan !!!

Waspadai hewan ini dimusim penghujan !!!

Sekarang telah memasuki musim hujan, warga kerap kali dikejutka dengan timbulnya beragam tipe hewan disekitaran lingkungan rumah. Hewan-hewan yang sering ada memang jarang-jarang dijumpai saat sedang musim kemarau. Keadaan udara yang dingin dan lembab dapat menjadi satu diantara factor yang menggerakkan timbulnya hewan-hewan itu disekitaran rumah.

Tidak cuma ada disekitaran rumah, bahkan juga seringkali hewan-hewan yang ada pada musim hujan itu masuk ke rumah. Apa lagi bila keadaan rumah yang didiamkan kotor, dapat jadi tujuan untuk hewan-hewan itu bersarang, seperti nyamuk atau tikus. Bila didiamkan, hewan-hewan ini dapat bawa teror penyakit untuk manusia. Bahkan juga hewan-hewan ini dapat bawa kuman dan bakteri dari tempat asal yang dapat memberi teror penyakit yang serius.

Katak

Katak sebagai tipe hewan yang kerap ada ketika musim hujan. Umumnya saat hujan surut, kerap kali kedengar suara katak yang sama-sama bersautan. Dikutip dari Brilio.net, dokter hewan alumni Kampus Gajah Mada, drh. Karina Ayu mengatakan jika saat musim hujan sebagai saat yang pas untuk katak untuk keluar sarangnya.

Umumnya waktu semacam itu dipakai katak untuk kawin dan berkembang biak . Maka tidaklah aneh bila banyak tipe katak banyak muncul disekitaran rumah, bahkan masuk ke rumah.

Nyamuk

Tidaklah aneh kembali, bila pada musim hujan banyak nyamuk yang masuk ke rumah. Bahkan juga bisa disebutkan komunitas nyamuk makin bertambah saat musim hujan. Umumnya saat musim hujan, nyamuk cari kubangan air bersih untuk tempat bersarang. Kubangan air bersih menjadi satu diantara lokasi yang dicintai nyamuk karena pada tempat ini nyamuk dapat memperoleh gizi yang bagus untuk berkembang biak. Ini tidak dapat didapat nyamuk di kubangan air kotor karena hujan.

Dengan demikian tipe hewan ini pantas dicurigai. Saat bak atau tampungan air tidak ditutup dengan rapat menjadi tempat untuk nyamuk untuk berkembang biak. Bila didiamkan nyamuk ini menjadi pemicu diserangnya penyakit demam berdarah.

Semut

Semut termasuk juga tipe hewan yang terusik karena ada musim hujan. Ini karena saat musim hujan, air terus mengucur dan teresap dalam tanah dan hewan ini tidak menyenangi lokasi yang basah dan lembab.

Hingga kerap kali semut beralih tempat ke wilayah yang lebih kering, satu diantaranya rumah. Di rumah, bisa banyak menjumpai jejeran semut yang melekat pada dinding, lantai, sampai kusen pintu.

Waspadai hewan ini dimusim penghujan !!!

Ular

Udara yang dingin pada musim hujan, sebagai keadaan yang tidak dicintai oleh ular. Tipe hewan ini memanglah tidak menyenangi wilayah yang terlampau dingin dan terlampau panas. Hingga tidaklah aneh bila pada musim hujan, hewan melata ini lebih banyak banyak muncul disekitaran lingkungan rumah.

Bahkan juga tidka jarang-jarang hewan ini masuk ke rumah. Factor yang lain membuat hewan predator ini beralih dari 1 tempat ke arah tempat lain untuk cari mangsanya. Umumnya beralihnya hewan-hewan lain membuat ular turut beralih cari mangsanya.

Kalajengking

Sama dengan hewan yang lain, kalajengking termasuk juga tipe hewan yang kerap ada saat musim hujan. Umumnya hewan ini ada karena komunitas aslinya hancur karena hujan. Dengan demikian, kalajengking ada untuk menari tempat baru untuk bersarang. Sering, hewan ini sampai masuk ke rumah.

Bila didiamkan, masuknya hewan satu ini ke rumah pasti jadi teror tertentu. Teror hewan ini datang dari gigitannya. Bila seorang tergigit kalajengking maka memperoleh beragam masalah kesehatan seperti kesusahan bernapas, mual, muntah, sampai masalah pada leher, kepala dan mata.

Tikus

Cuaca yang dingin saat musim hujan, membuat tikus cari lokasi yang lebih hangat. Tipe hewan ini dikenali menghindar wilayah yang dingin dan kubangan air. Hingga saat sarangnya tergenangi oleh air hujan, hewan ini selekasnya cari tempat yang lain tidak tergenangi air.

Tidaklah aneh bila, banyak tikus yang mulai masuk ke rumah untuk membikin sarang. Apa lagi bila rumah pada kondisi kotor, lingkungan semacam ini benar-benar dicintai tikus. Ini harus dicurigai, ditambah hewan pengerat ini dapat bawa beragam virus serta bakteri dalam badannya.

Virus serta bakteri ini dapat mengakibatkan beragam penyakit, satu diantaranya leptospirosis yang dapat mengakibatkan kematian. Karena itu, perlu jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan agar terbebas dari beragam penyakit yang ditebarkan lewat tikus.

Cacing

Saat musim hujan, cacing kerap ada di atas tanah bahkan juga kerap masuk ke rumah. Ini dikarenakan oleh tanah yang mempernyerap air hujan, membuat cacing susah cari oksigen untuk bernapas.

Selanjutnya, sendirinya cacing keluar dalam ke atas tanah cari oksigen untuk bernapas. Ini terjadi pada musim kemarau saat keadaan tanah benar-benar panas.

Post a Comment for "Waspadai hewan ini dimusim penghujan !!!"