Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Lebah Madu Berpotensi Unggul

Budidaya Lebah Madu Berpotensi Unggul

Ternak lebah madu merupakan usaha yang memberikan banyak keuntungan. Bagaimana tidak, semua orang suka sekali dengan makanan manis satu ini. Bukan hanya berperan sebagai tambahan pemanis rasa, madu dapat menjadi obat untuk banyak penyakit. Selain itu, madu bisa juga berperan sebagai tambahan pada sabun, kosmetik, dan produk perawatan kulit. Madu asli banyak memiliki konsumen, karena bagus untuk konsumsi individu bahkan sampai untuk rasio industri.

Usaha ternak lebah madu mempunyai keunggulan dan masalah tertentu. Disamping itu, ternak lebah madu berbeda dengan ternak unggas secara umum. Jika pada ternak binatang lain membutuhkan modal dan ongkos operasional bulanan seperti pakan, vitamin, dan vaksin dan obat, karena itu pada lebah madu modal intinya ialah knowledge base transisi hidup lebah madu.

Disamping itu, bergantung tipe lebah madunya, kita dapat memilih langkah beternak yang cukup rileks dengan tinggal, atau langkah beternak lebah madu yang beralih-pindah ikuti transisi penyerbukan bunga pada buah-buah atau tanaman tertentu. Langsung saja kita ulas kurang lebih kesempatan apa dan masalah apa yang kemungkinan kita temui saat beternak lebah madu.

1. Madu Mempunyai Banyak Manfaat

Tidak bisa disangkal bahwa madu mempunyai banyak manfaat. Dari sebagai menambah manis rasa pada bermacam kue dan masakan sampai sebagai obat beragam penyakit, anti-oksidan, menurunkan batuk, jaga mekanisme pencernaan, menambah ingatan, mempertahankan kesehatan jantung, dan penguat ketahanan badan.

Madu memiliki kandungan banyak senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Tidaklah aneh bila senyawa aktif itu membuat madu bukan hanya berguna untuk kesehatan, tapi bagus untuk kecantikan kulit.

2. Pasar Madu Tidak Pernah Sepi

Dengan banyak manfaat yang dijajakan madu, tidak aneh bila pasar madu tak pernah sepi. Bahkan juga di periode susah pun, madu teruslah penting dan harga jarang-jarang sekali turun. Ditambah dengan jumlahnya rumor madu kombinasi atau palsu di pasar, jual madu asli dan murni tentu saja mempunyai point tambahan tertentu. Akan ada selalu orang yang tertarik cari madu asli bahkan juga ke peternakan lebah madu langsung.

3. Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Madu banyak juga dicari karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Madu sering dipakai sebagai bahan baku untuk produk perawatan kulit karena karakternya yang sanggup buka pori-pori dan bersihkan komedo, memiliki sifat antiseptik, sanggup mengobati cedera, lembabkan, dan meratakan warna kulit. Madu jadi kandungan dalam beberapa produk kosmetik seperti lip balm, masker, pelembab, sampai shampo.

Kendala Usaha Ternak Lebah Madu

1. Lebah Lakukan migrasi

Jika anda memilih usaha ternak lebah tinggal, salah satunya risiko yang tersering ditemui oleh beberapa peternak lebah ialah lebah-lebah yang kabur atau lakukan migrasi ke wilayah yang vegetasi tumbuhannya semakin banyak. Beternak lebah madu memang lebih gampang karena kita tak perlu repot memberikan lebah-lebah makan ini tiap hari.

Walau lebah madu yang kita ternakkan dapat cari makan sendiri, bila vegetasi tumbuhan disekitaran sarang lebah kurang bermacam lebah madunya bisa jadi lakukan migrasi. Lebah cari makan dan membuat madu dari nektar tumbuhan disekelilingnya, karena itu tidaklah aneh bila umumnya beberapa peternak pilih membuat sarang lebah disekitaran perkebunan buahnya.

2. Factor Cuaca

Bila cuaca sedang banyak-banyaknya hujan sampai menyebabkan tidak berhasil panen pada perkebunan buah atau bunga, ini juga punya pengaruh untuk lebah madu. Lebah madu benar-benar tergantung pada bunga apabila pohon tidak berhasil berbunga, karena itu lebah madu akan kelaparan.

3. Hama

Bukan hanya bertani atau bercocok tanam bisa terganggu oleh hama. Beternak lebah madu juga dapat diserang hama berbentuk kutu. Madu atau sarang lebah yang diserang kutu dapat mengakibatkan tidak berhasil panen.

Kutu atau tungau yang mempunyai nama varroa ini sebagai kutu yang makan darah lebah madu. Selainnya menghisap darah, kutu ini dapat bawa virus yang dapat mengontaminasi lebah, baik pupa lebah atau lebah dewasa. Kutu ini cukup beresiko karena dapay mengakibatkan kematian koloni lebah.

Budidaya Lebah Madu Berpotensi Unggul

4. Keadaan Lingkungan Warga

Banyak warga yang berpendapat jelek berkaitan peternakan lebah madu, khususnya di kelompok masyarakat yang mempunyai kebun buah atau kebun tanaman lain. Pada peternakan lebah madu yang tahunan berkeliling-keliling dari 1 kebun ke kebun lain supaya lebah-lebahnya bisa makan, di sejumlah tempat bisa jadi terhalang karena warga berpikiran peternak lebah madu membuat perkebunan mereka tidak berhasil panen.

Opini ini sering bawa perselisihan dan sering membuat beberapa peternak lebah madu ditendang dari teritori perkebunannya. Oleh karenanya, penting untuk minta ijin dan lakukan hearing dengan beberapa pemilik kebun berkaitan lawatan beberapa peternak lebah.

Sebenarnya, lebah-lebah sanggup mempercepat penyerbukan bunga-bunga kebun dan memengaruhi kualitas panen buah dan tanaman supaya optimal. Di Amerika misalkan, salah satunya penghasilan beberapa peternak lebah malah dari jasa penyerbukan karena lebah madu sanggup tingkatkan hasil produksi kebun. Dengan komunikasi yang bagus, masalah ini dapat ditangani. Bila perlu, minta pertolongan untuk dinas perkebunan di tempat.

Tipe Lebah Madu yang Dapat Diternakkan di Indonesia

1. Lebah Lokal (A. cerana)

Lebah lokal umumnya diperbudidayakan secara tinggal (stationary keeping) di perdesaan. Apis cerana sebagai lebah yang ada di Asia, khususnya teritori Asia Timur dan Asia Tenggara. Lebah Apis cerana dewasa warna hitam dengan 4 buah strip kuning pada badannya. Disamping itu, ada karakter yang lain di antara lebah karyawan, lebah jantan, dan ratu lebah.

Apis cerana karyawan mempunyai organ badan khusus untuk mengusung serbuk sari dan sebuah sengat di bagian organ yang umumnya sebagai organ untuk bertelur. Ratu lebah mempunyai tubuh yang semakin besar karena alat reproduksi, dan Apis cerana jantan yang mempunyai pekerjaan reproduksi mempunyai mata yang semakin besar dan tanpa sengat.

Apis cerana biasa diketemukan di rimba hujan tropis, savana yang kering dan basah, dan wilayah stupa. Tidaklah aneh bila Apis cerana berada di wilayah utara Rusia, di Indonesia, Jepang, sampai Afghanistan.

2. Lebah Eropa (A. mellifera)

Lebah asal Eropa ini juga dikenal bernama lebah unggul. Seunggul namanya, Apis mellifera mempunyai kualitas madu yang lebih bagus dan dengan madu yang berlimpah. Disamping itu, Apis mellifera sebagai lebah madu yang lebih jinak dan jarang-jarang menusuk.

Umumnya, lebah unggul ini diternakkan secara beralih-pindah (migratory keeping). Lebah-lebah ini digembalakan sesuai musim tanaman berbunga . Maka tidak boleh bingung jika peternak lebah unggul selalu bertandang ke kebun tertentu yang berbunga, bahkan juga beberapa peternak bisa jadi berkeliling-keliling ke sejumlah kebun dalam setahun, bergantung keperluan lebah madunya.

Bila koloni lebah masih termasuk kurang kuat, karena itu lebah akan digembalakan di kebun dengan serbuk sari. Bila mulai siap panen, lebah digembalakan di kebun yang sarat dengan nektar. Umumnya peternakan lebah Apis mellifera masih terpusat di pulau Jawa karena macam perkebunan yang semakin banyak dan akses transportasi yang lebih gampang dicapai.

Budidaya Lebah Madu Berpotensi Unggul

Langkah Budidaya Peternakan Lebah Madu

Pada artikel ini, langkah budidaya yang hendak diulas dan dianalisa ialah budidaya migratory keeping (budidaya beralih-pindah sama sesuai musim buah dan bunga dengan lebah Apis mellifera). Ini kali, akan diterangkan bagaimanakah cara pilih bibit lebah madu berkualitas, perlengkapan apa yang perlu Anda persiapkan, langkah perbanyak koloni lebah, membuat calon ratu lebah, penggembalaan lebah madu, dan proses panen madu.

1. Pilih Bibit Lebah Madu

Berikut beberapa ciri yang perlu Anda lihat ketika menentukan bibit lebah madu:

  • Koloni itu mempunyai ratu lebah yang sehat, bagus secara fisik, dan berumur di antara tiga bulan sampai satu tahun.
  • Ratu lebah hasilkan telur yang banyak dan berkualitas. 
  • Mempunyai hasil panen yang berlimpah, baik itu madu, bee pollen, royal jelly, dan propolis. 
  • Larva lebah kelihatan fresh dan lebah-lebah di koloni itu kelihatan lebih agresif serta lebih aktif.

2. Perlengkapan yang Harus Anda Persiapkan

Berikut perlengkapan yang perlu Anda persiapkan:

  • Rumah lebah yang berbentuk kotak, dibuat dari kayu suren, jati, atau mahoni.
  • Frame kayu sebagai tempat sarang madu.
  • Alat pengasap untuk melulutkan lebah yang agresif saat panen.
  • Masker perlindungan gempuran lebah yang membuat perlindungan sisi muka, kepala, dan badan.
  • Pengungkit sisiran madu.
  • Sikat sisiran madu.
  • Sarung tangan, pemisah untuk pisahkan ratu lebah (frame royal jelly), dan tempat makan dalam kotak kayu rumah lebah.
  • Pollen trap untuk panen bee pollen.
  • Ekstraktor untuk panen madu.

3. Perbanyak Koloni Lebah Madu

Untuk mendapat keuntungan maksimal, minimal kita mempunyai 100 kotak koloni lebah madu. Berikut beberapa langkah untuk perbanyak koloni lebah madu:

  • Beri peluang pada lebah madu untuk kumpulkan makanan semakin banyak dengan menggembalakannya ke perkebunan kaya nektar dan serbuk sari. Bila pakan cukup, ratu lebah akan semakin banyak hasilkan telur dan lebah karyawan juga giat membuat sarang baru.
  • Persiapkan calon ratu lebah madu untuk ditaruh ke koloni lebah madu yang baru.
  • Pisah koloni lebah madu yang mulai padat ke kotak koloni lebah yang baru, dan taruh calon ratu lebah baru ke kotak koloni baru ini.

4. Membuat Calon Ratu Lebah

Tiap koloni baru membutuhkan satu ratu lebah di kotak koloninya. Berikut langkah membuat calon ratu lebah:

  • Mengambil larva lebah madu berumur sehari dan masukan larva itu ke satu potong frame royal jelly.
  • Taruh potongan frame royal jelly berisi larva barusan pada kotak super (kotak lebah madu yang telah berisi koloni dan minimum dua tingkat).
  • Penyekat potongan itu, di mana ratu lebah madu koloni ada pada bagian bawah dan frame royal jelly calon ratu ada pada bagian atas kotak. Kotak diusapt supaya ratu yang telah berada di koloni tidak dapat dekati calon ratu lebah madu.
  • Biarkan sepanjang 11 hari sampai calon ratu beralih menjadi kepompong.
  • Sesudah 11 hari, calon ratu dipindahkan ke kotak lebah yang berisi koloni tanpa ratu.
  • Sesudah 13 hari, calon ratu keluar kepompong dan langsung dipilih jadi ratu lebah oleh koloni itu.
  • Umumnya sesudah satu minggu jadi ratu, ratu lebah siap kawin dan meningkatkan koloni baru di kotak itu.

5. Penggembalaan Lebah Madu

Untuk lebah Apis mellifera, beberapa peternak umumnya menggembalakan lebah madunya di bulan Mei sampai September. Biasanya, beberapa peternak lebah madu menggembalakan lebah ke perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng, mangga, dan kopi. Madunya juga bermacam bergantung tipe bunga.

Panen juga dilaksanakan di antara bulan Mei sampai September. Beberapa peternak lebah madu harus pintar-pintar atur keuangannya karena pendapatan berikut yang dipakai untuk menjaga keluarga, karyawan, dan proses ternak lebah madu sepanjang setahun.

Hasil panen bermacam, selainnya madu ada bee pollen, royal jelly, dan propolis. Sesudah bulan September, musim bunga telah melalui. Untuk tutupi ongkos perawatan lebah madu, peternak dapat menggembalakan lebahnya ke perkebunan jagung.

5. Proses Panen

Saat panen, pakai pakaian dan penutup kepala. Upayakan semua anggota badan terlindung supaya tidak disengat lebah. Proses panen memakai proses pengasapan di mana rumah lebah diasapi dan lebah akan menjauh. Peternak akan ambil sarang madu yang berada di frame kotak koloni.

Post a Comment for "Budidaya Lebah Madu Berpotensi Unggul"