Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Cara Menanam Jagung Supaya Memperoleh Kualitas Terbaik

menanam jagung

Kalian tahu gak ? jagung  merupakan salah  satu dari 10 makanan dasar atau pokok yang dimakan semua warga di dunia. Berbeda dengan tanaman gandum yang memerlukan cuaca dingin, tanaman jagung lebih sesuai pada cuaca tropis seperti Indonesia. Dari dahulu, budidaya menanam jagung sering dilaksanakan oleh warga untuk menyokong ekonomi rakyat. Tetapi, ada banyak cara  yang dapat digunakan dalam menanam jagung. Nach, berikut mari kita ulas bagaimana cara menanam jagung yang efektif.

Cara Menanam Jagung dari Biji

1. Penyeleksian Tipe Jagung

  • Mencari Tahu dan Cermat Mengenai Lokasi yang Akan Anda Tanami Jagung 
Penting untuk mengetahui mengenai cuaca dan tipe tanah yang akan Anda tanami jagung, hingga Anda bisa membuat penyiapan untuk tiap tipe jagung yang lain. Beberapa macam jagung lebih suka tanah yang lebih hangat / dingin dan tingkat pH tanah yang lain.
  • Kenali Langkah Menanam Jagung Manis
Jagung manis ialah varietas classic yang umumnya dikonsumsi rebus atau dari kaleng. Dikenal karena kernel kuning keemasan dan rasa manis yang enteng. Jagung manis sering dipakai di kebun rumah.
Jagung manis standard (dikasih cap ‘su' pada paket benih) ialah jagung manis yang teringan. Lebih dari 50% gula yang terdapat di dalam jagung manis standard diubah jadi pati dalam kurun waktu 24 jam sesudah diambil, hingga harus dimakan atau dikalengkan selekasnya sesudah dipanen.
Gula jagung manis yang dipertambah gula (dikasih cap sebagai ‘se' pada paket benih) diubah secara genetik untuk perlambat pergerakan alterasi gula jadi pati, tingkatkan kemanisan dan kehalusan biji.
Jagung super manis (dikasih cap ‘sh2' pada paket benih) ialah varietas termanis yang ada. Biji ini sedikit kecil dari varietas jagung manis yang lain, dan layu saat dikeringkan.
  • Dalami Mengenai Jagung Gigi-kuda (Dent Corn).
Jagung gigi-kuda atau jagung kebun umumnya tidak ditanamkan untuk dikonsumsi mentah. Jagung tipe ini dipakai khususnya digunakan sebagai pakan untuk hewan atau untuk dipakai dalam membuat beberapa makanan buatan.
  • Pahami Tipe Dasar Jagung Mutiara
Jagung mutiara, disebutkan jagung India, diikuti dengan kernel yang keras dan warna. Tipe jagung ini mempunyai komunitas yang serupa dengan jagung gigi-kuda, tapi tidak tumbuh selebar di Amerika Serikat karena komunitas yang dicintai jagung mutiara ada di Amerika tengah dan Selatan. Jagung mutiara ini seringkali dipakai untuk maksud dekorasi atau hiasan. Biji jagung ini awalnya telah dirontokkan dengan mesin perontok jagung. 

2. Penyiapan Taman atau Kebun

  •  Anda harus Tahu Kapan Anda Akan Menanam

Bergantung pada daerah Anda, Anda perlu menanam benih pada saat yang berbeda. Umumnya, waktu terbaik untuk menanam ialah di antara Mei dan Juni. Tetapi, Anda harus tetap waspada dalam menanam jagung lebih awal, karena benih akan membusuk bila tanah terlalu dingin. Bila Anda mempunyai termometer tanah, check temperaturnya dengan teratur dan nantikan untuk menanam sampai tanah capai 65ºF (18ºC).

  • Tentukan Lokasi Penanaman

Jagung suka tumbuh di wilayah yang terserang cahaya matahari penuh, jadi pilih sebidang kebun yang terbuka. Coba pilih tempat yang relatif bebas dari gulma, karena jagung alami kesusahan dalam menangani gulma yang tumbuh disekelilingnya.

  • Persiapkan Tanahnya

Jagung lebihsuka tanah yang kaya nitrogen dan terurus secara baik. Bila memungkinkan, tanam di tanah yang sudah Anda tanam kacang atau kacang polong, karena mereka menolong dapat menolong pertumbuhan jagung  dengan semakin banyaknya nitrogen di tanah.

  • Tumpas semua gulma dari tempat itu.

Bila tanah mempunyai temperatur di bawah 60ºF, naikkan temperaturnya dengan tutup tanah dengan plastik hitam dan membuat lubang untuk menanam jagung.

Tambah kompos atau pupuk kandang ke tanah sepanjang dua atau empat minggu saat sebelum tanam hingga pupuk mempunyai waktu untuk bersatu dengan tanah.

menanam jagung

3. Menanam dan Tumbuhkan Jagung

  • Tanam Jagung Anda

Bila jagung yang ingin Anda tanam mempunyai tujuan sebagai bahan pangan, tanamlah sepuluh sampai lima belas tanaman. Bila tiap tanaman 100% sukses, beberapa tanaman jagung itu dapat hasilkan dua tongkol pada masing-masing tangkai jagung.

Lakukan  penyerbukan jagung dengan Anemogami atau diserbuki oleh angin, jadi baik sekali bila menanamnya dalam block dibanding baris satu demi satu, hingga serbuk sari mempunyai kesempatan yang lebih bagus untuk berkecambah.

Tanam benih tiap 3 inch (7,5 cm) di sejauh baris, dalam jarak 24,06 inch (61,0-91,4 cm) antara baris. Dan tanam minimal empat baris hingga angin bisa menebarkan serbuk sari dari mereka.

Tanam bijinya 1-2 inch (2,5-5,1 cm) di permukaan tanah, dengan tiap tanaman

Untuk tingkatkan peluang perkecambahan biji, tanamlah 2-3 biji bertepatan setiap peletakan.

Bila Anda menanam banyak varietas jagung, yakinkan Anda menanamnya di petak terpisah untuk kurangi resiko penyerbukan silang. Bila penyerbukan silang terjadi, maka hasilkan kernel yang keras dan bertepung.

  • Siram Jagung

Jagung memerlukan sekitaran satu inch air /minggu, dan penyiraman yang kurang dari itu bisa hasilkan tongkol dengan beberapa biji yang menyusut. Siramkan air ke pangkal tanaman untuk menahan membasuhnya serbuk sari pada bagian atas tanaman.

  • Potong Tanaman Gulma

Diamkan gulma jagung sampai dengan tinggi lutut. Lebih dari itu, jagung Anda bisa jadi kalah ‘bersaing' dengan gulma-nya sendiri.

  • Nantikan

Jagung Anda harus dengan tinggi 30,5-45,7 cm di awal Juli. Jagung usai tumbuh sekitaran tiga minggu sesudah meningkatkan rambut-rambut coklat pada bagian ujung tongkol.

  • Petik Jagung Anda dan Cicipi

Bila jagung telah memperlihatkan beberapa ciri jagung yang siap panen, karena itu jagung bisa dan dimakan.


Beberapa hal yang Perlu Jadi perhatian dalam Langkah Menanam Jagung

1. Penyeleksian Varietas

Di atas sudah diulas mengenai beberapa varietas jagung yang dapat Anda tanam. Nach, sesudah pahami varietas-varietas itu, Anda harus pilih varietas mana yang hendak Anda tanam. Untuk pilih bibit jagung, berikut keadaan yang penting Anda penuhi saat sebelum beli varietas opsi Anda.

Samakan bibit yang Anda punyai dengan keadaan tempat yang Anda punyai. Bila Anda asal beli bibit dan menanamnya demikian saja cuman akan percuma. Perihal ini pula yang kadang memutus semangat beberapa pemula bila hasil tanam nya tidak begitu memberikan kepuasan.

Prediksikan jumlah bibit yang Anda perlukan di tempat Anda. Upayakan tidak berlebihan dalam beli bibit.

2. Pemrosesan Tempat

Saat Anda pelajari cara menanam jagung, Anda harus juga pahami mengenai pemrosesan tempat. Ini dibutuhkan karena tempat yang dipakai untuk membudidayakan jagung mempunyai ketentuannya sendiri. Ada banyak persyaratan yang perlu Anda penuhi supaya Anda dapat menanam jagung. Anda pun perlu menyiapkannya lebih dulu supaya Anda tidak kewalahan saat menanam bibit jagung. Persyaratan yang perlu tercukupi ialah:

Tempat harus memiliki kandungan elemen hara yang banyak dan subur.

pH yang pas untuk menanam jagung ialah 5,6 - 7,7.

Saat membuat bilikan, tempat disebarkan pupuk organik disekelilingnya.

Bila Anda penuhi persyaratan untuk pemrosesan tempat, karena itu Anda dapat memperoleh jagung dengan kualitas yang bagus. Disamping itu jagung dengan kualitas yang bagus bisa tingkatkan harga jual jagung yang Anda punyai.

3. Penanaman Bibit Jagung

Sebagai proses pokok dalam cara menanam jagung, proses penanaman akan punya pengaruh dengan hasil Anda harapkan. Oleh karenanya anda harus berhati - hati dalam menanam jagung. Proses ini memang lumayan simpel, tetapi bila Anda asal - asalan bisa mengakibatkan hasil yang buruk atau tidak berhasil panen. Oleh karenanya Anda harus serius saat lakukan penanaman bibit jagung.

4. Perawatan Tanaman Jagung

Bila Anda telah menanam jagung, karena itu Anda mempunyai kewajiban memiara tanaman jagung yang Anda punya. Ada cara-cara memiara tanaman jagung yang bisa direferensikan untuk Anda. Bila Anda sukses memiara tanaman ini, bisa ditegaskan Anda bisa hasilkan tanaman jagung yang berkualitas. Bila Anda menjaganya dengan optimal, karena itu Anda akan memperoleh hasil yang optimal juga. Pakai waktu Anda untuk memiara tanaman jagung saat sebelum datang periode panen jagung. Kerjakan dengan teratur supaya jagung Anda mempunyai kualitas yang terbaik.

5. Panen Jagung

Panen sebagai arah akhir sesudah Anda mengupayakan segalanya untuk jagung Anda. Anda dapat pilih kapan Anda akan memetik jagung. Tetapi dianjurkan untuk Anda supaya tidak panen kelamaan karena hasil yang didapat kurang optimal dan akan berpengaruh pada panen yang selanjutnya. Sesudah panen Anda membutuhkan aktivitas pascapanen seperti kupas kulit jagung saat sebelum Anda jual atau Anda olah. Anda bisa juga jadikan biji sebagai tanda. Bila biji jagung telah bagus untuk di panen. Karena itu cepatlah panen jagung.

Ringkasan dari artikel ini ialah mengimplementasikan cara menanam jagung yang betul, dari penyeleksian varietas sampai panen akan hasilkan jagung yang mempunyai kualitas terbaik dan mempunyai nilai jual yang tepat. Begitu ulasan kita mengenai cara menanam jagung. Mudah-mudahan, artikel ini berguna untuk beberapa pembaca dan gampang untuk diterapkan. Selamat mempraktikkan!

Post a Comment for "Berikut Cara Menanam Jagung Supaya Memperoleh Kualitas Terbaik"