Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Bisnis Terbaik untuk Memulai

17-Bisnis-Terbaik-untuk-Memulai

Sementara pandemi menimbulkan hambatan bagi karyawan dan bisnis, itu juga menghadirkan perubahan permainan di seluruh sektor, menghadirkan peluang di industri yang sedang menuju kebangkitan. Pengusaha yang bercita-cita tinggi sekarang memiliki banyak pilihan menggiurkan untuk memulai bisnis dengan investasi rendah dan untung tinggi dari rumah.

Berikut adalah 19 bisnis terbaik yang akan dimulai pada tahun 2021 (kecuali dinyatakan lain, pertumbuhan industri dan statistik pendapatan berasal dari IBISWorld):

1. Utilitas & Energi Terbarukan

Dalam arti luas, kami menganggap utilitas sebagai air, listrik, minyak, dan gas untuk perumahan dan komersial. Tetapi ada lebih banyak peluang di sini bagi seorang wirausahawan daripada yang terlihat. Industri utilitas adalah industri yang paling tidak terpengaruh oleh pandemi COVID, yang berarti industri yang paling tangguh, berkelanjutan, dan kuat dalam menghadapi krisis sosial ekonomi terburuk di AS sejak Perang Dunia II.

Jadi, di mana dalam industri utilitas yang masif, luas, dan dimonopoli, ada ruang bagi seorang pengusaha? Itu akan terjadi di sektor pertumbuhan energi terbarukan yang sangat cepat, yang menawarkan beberapa manfaat.

1.     Siapa pun dapat mempelajarinya dan menjadi ahli.Anda tidak memerlukan gelar atau sertifikasi energi terbarukan untuk mempelajarinya, menerapkannya, dan memulai bisnis yang menggunakan prinsip energi terbarukan.

2.    Anda dapat menjual produk untuk pendapatan.Sebagai pemasok produk energi terbarukan, pengusaha dapat menjual produk terbarukan dan pengurangan utilitas secara eceran atau grosir dalam beberapa kategori:

  • Desain rumah – lansekap, jendela, pintu dan skylight, atap, dan panel surya yang mengurangi penggunaan energi dan biaya utilitas
  • Pemanasan dan pendinginan – termostat, saluran, dan pompa panas
  • Weatherization – isolasi, penghalang uap, pengupasan cuaca, dan mendempul
  • Listrik dan bahan bakar – pemanas air hemat energi, soket ekstensi canggih, dan penerangan seperti lampu siang hari

Bisnis pengusaha energi terbarukan dapat melibatkan instalasi, perbaikan, dan pemeliharaan produk-produk di atas. Pelajari lebih lanjut tentang energi terbarukan dan produk utilitas di Situs Departemen Energi AS.

3.    Menjual layanan untuk pendapatan.Ada seluruh perusahaan yang dibangun di atas energi terbarukan dan konsultasi dan penjualan utilitas. Bahkan jika Anda tidak memiliki produk untuk dijual, Anda dapat menjual keahlian, saran, dan informasi energi terbarukan dan utilitas sebagai layanan.

Tidak ada akhir yang terlihat dari gerakan energi hijau dan berkelanjutan di AS, dan peluang untuk masuk ke dasar sangat cerah. Laba industri utilitas secara keseluruhan diharapkan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,3% selama lima tahun ke depan. Bekerja dengan konsumen untuk meminimalkan dampaknya terhadap pemanasan global sambil menyimpan lebih banyak uang di kantong mereka adalah menguntungkan dan altruistik. Belajar lebih tentang kewirausahaan energi terbarukan dari Energy Central, atau lihat kursus Coursera ini ditawarkan oleh Universitas Duke.

2. Keuangan & Asuransi

Industri lain yang hanya sedikit terkena dampak pandemi adalah layanan keuangan dan asuransi. Faktanya, pendapatan industri dari 2016 hingga 2021 mencapai tingkat tahunan sebesar 2,7%, hanya sedikit lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan tahunan 2,6% selama lima tahun ke depan. Hal ini sebagian disebabkan oleh perkiraan masa depan tentang peningkatan kepercayaan konsumen, peningkatan pendapatan per kapita yang dapat dibelanjakan, peningkatan laba perusahaan, dan kenaikan suku bunga dan akses ke kredit, yang semuanya berdampak positif pada pertumbuhan dan keberlanjutan industri.

Layanan keuangan dan asuransi relatif mudah diberikan dari kantor pusat, online, atau jarak jauh—belum lagi bahwa luasnya layanan dan pasar pelanggan hampir tidak terbatas bagi pengusaha yang terampil. Sebuah bisnis yang dimulai dengan menawarkan asuransi dapat berkembang untuk menawarkan berbagai macam produk dan layanan keuangan kepada beragam klien, termasuk pilihan jenis asuransi, intermediasi kredit, layanan pinjaman dan perbankan, pengelolaan uang, layanan sekuritas, layanan kontrak komoditas , dan nasihat investasi keuangan lainnya.

Tidak ada kekurangan pilihan produk, layanan, dan pelanggan, seperti yang ditunjukkan oleh pendapatan industri yang booming sebesar $5,2 triliun.

3. Manajemen Perusahaan & Perusahaan

Sekarang inilah bisnis yang mungkin tidak Anda harapkan dalam daftar ini. Meski terdengar aneh, bisnis ayam telah benar-benar melambung dalam beberapa tahun terakhir. Ini sebagian disebabkan oleh kesuksesan Chick-fil-A yang meriah, tetapi juga peningkatan pendapatan dan pergeseran dari daging sapi di AS. Menurut Laporan Keadaan Lempeng GrubHub 2020, popularitas sandwich ayam pedas di AS meningkat hampir 300% pada tahun 2020.

Hal ini tidak hanya menghadirkan peluang bagi retail ayam mandiri, grosir, dan perhotelan, tetapi juga adil kasus untuk waralaba salah satu dari banyak waralaba ayam populer di AS, termasuk Bojangles' Famous Chicken 'n Biscuits, Bonchon, Buffalo Wild Wings, Church's Chicken, Popeye's, dan KFC untuk beberapa nama. Waralaba mahal ini dapat memberi Anda $ 350.000 dan lebih tinggi dalam biaya awal, tetapi ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk model bisnis yang terbukti dan menggugah selera. Jika Anda berencana untuk memulai dari awal, lihat kami panduan rencana bisnis restoran dan templat.

4. Pembersihan & Restorasi

Pada saat kebersihan sama dengan keselamatan dan kesehatan yang baik, pasar pembersihan dan restorasi patut dipertimbangkan. Ini dapat berarti layanan pembersihan perumahan, layanan komersial dan kebersihan, pembersihan karpet dan pelapis, dan bahkan pembersihan bencana. COVID mendorong semua standar baru "bersih" di antara maskapai penerbangan, pusat kebugaran, perusahaan penyewaan mobil, hotel, restoran, dan gedung perkantoran, yang berarti banyak potensi bisnis baru bagi pengusaha yang gesit, selain peluang pembersihan dan pemulihan perumahan. Asosiasi industri pembersih bahkan telah menerbitkan protokol dan sertifikasi baru sebagai akibat langsung dari COVID. Meningkatnya pendapatan yang dapat dibelanjakan dan populasi yang menua juga merupakan penyebab pertumbuhan industri ini.

Karena bisnis kebersihan dapat dengan mudah dioperasikan dari rumah, menghadirkan biaya awal yang sangat rendah, dan sangat skalabel, ini harus menjadi peluang yang menarik bagi setiap calon wirausahawan. Lihat kami yang komprehensif panduan untuk memulai perusahaan kebersihan.

5. Perawatan Kesehatan

Perawatan kesehatan adalah kategori luas lainnya yang dapat disesuaikan dengan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman berbagai jenis wirausahawan potensial. Karena kita akan membahas kebugaran dan kesehatan gizi nanti, bagian ini akan fokus pada perawatan kesehatan tradisional dan alternatif secara umum.

Pengobatan konvensional

Industri ini dicirikan oleh layanan kesehatan tradisional di rumah sakit, rawat inap dan rawat jalan, layanan rawat jalan, fasilitas perawatan dan perawatan di rumah, perawatan di rumah, konselor, psikolog dan pekerja sosial, dan layanan diagnostik, di antara banyak lainnya.

Di awal tahun 2020, permintaan akan layanan kesehatan tradisional tidak berkurang, mengingat berbagai rumah sakit terus kekurangan staf dan pada satu titik sedang memperpendek mahasiswa kedokteran untuk membantu melayani pasien COVID. Saat ini dalam lintasan pertumbuhan, bidang medis menghadapi populasi yang menua, peningkatan efisiensi berkat teknologi, dan peningkatan investasi yang menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan industri yang berkelanjutan.

Diharapkan tumbuh pada tingkat tahunan 2,7% selama lima tahun ke depan (dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan perawatan kesehatan tradisional 1,5%), perawatan kesehatan alternatif benar-benar berkembang pesat karena lebih banyak layanan kesehatan dan pencegahan diterima oleh pengobatan konvensional dan dilindungi oleh asuransi kesehatan . Terdiri dari berbagai layanan, industri ini diwakili oleh 250.000 usaha kecil hingga menengah di AS.

Untuk praktisi kesehatan alternatif, daya tarik industri tidak hanya terbatas pada faktor pertumbuhan yang menguntungkan: Hambatan untuk masuk dalam industri ini rendah dan praktisi dapat mendirikan berbagai ruang sewaan untuk investasi yang relatif sedikit selain dari lisensi yang diperlukan, sertifikasi, dan pendidikan .

6. Perbaikan Rumah

Kategori perbaikan rumah menghadirkan peluang bagi berbagai jenis pengusaha perbaikan rumah potensial: tukang reparasi, kontraktor, pengecer, pemilik toko, distributor, konsultan, dan banyak lagi. IBISWorld mencatat bahwa pendapatan untuk pengecer perbaikan rumah meningkat 13% astronomis selama tahun 2020 karena meningkatnya permintaan dari do-it-yourselfers dan profesional karena pengeluaran pribadi untuk berbagai perbaikan rumah meningkat.

Pasar perbaikan rumah di masa depan akan lebih condong ke perumahan, karena lebih banyak pemilik rumah menyingsingkan lengan baju mereka dan beralih ke YouTube daripada perusahaan konstruksi lokal mereka. Namun, beberapa segmen industri perbaikan rumah masih membutuhkan instalasi, pemeliharaan, dan layanan profesional, seperti listrik, pipa ledeng, atap, dan lantai.

Bergantung pada seberapa banyak Anda ingin berinvestasi, pertimbangkan kekuatan Anda untuk menentukan apakah Anda ingin berkonsultasi, menjual produk, atau memberikan layanan kepada pemilik rumah dan profesional. Ada juga berbagai layanan yang menarik bagi penjual rumah, dan dalam apasar real estat yang sedang booming seperti ini, perbaikan rumah sama pentingnya bagi pemilik rumah di masa depan maupun yang sekarang.

7. Perawatan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hasrat terhadap hewan, Anda hanya perlu menginventarisasi keterampilan Anda dan bagaimana keterampilan tersebut dapat diterjemahkan menjadi bisnis yang menguntungkan di industri perawatan hewan peliharaan. Industri senilai $7,1 miliar ini diperkirakan akan tumbuh pada tingkat eksponensial sebesar 8,2% per tahun dari 2020 hingga 2025. Ini masuk akal mengingat 67% rumah di Amerika memiliki hewan peliharaan. Lebih baik lagi, rata-rata rumah tangga pemilik hewan peliharaan menghabiskan $1.126 untuk hewan peliharaan mereka setiap tahun.

Statistik ini saja menunjukkan industri yang terus berkembang dan matang untuk beberapa bisnis baru. Beberapa usaha yang berhubungan dengan hewan peliharaan termudah untuk memulai termasuk perawatan hewan peliharaan (termasuk mobile), penitipan anak, penitipan hewan peliharaan, asrama, pelatihan, transportasi hewan peliharaan, dan jalan-jalan anjing. Perhatikan bahwa bisnis apa pun yang akan membutuhkan ruang, kewajiban, inventaris, atau karyawan yang signifikan (seperti praktik dokter hewan, penyelamatan hewan peliharaan berbasis tempat, atau resor hewan peliharaan) juga akan memerlukan investasi yang jauh lebih besar daripada bisnis berbasis layanan yang ketat.

8. Layanan Teknologi

Jika teknologi belum menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, pandemi telah menjadikannya metode utama untuk komunikasi, produktivitas, penjadwalan, pembayaran tagihan, penelitian, dan pembelian barang dan jasa setiap hari. Dan semua aktivitas itu bergantung pada perangkat kita: ponsel, tablet, dan komputer.

Bergantung pada seberapa maju keterampilan Anda dan kedalaman pengalaman Anda, ada permintaan yang dapat dibenarkan untuk layanan perbaikan, pemecahan masalah, layanan pengaturan, desain solusi dan dukungan perangkat lunak khusus, perencanaan dan integrasi sistem perangkat lunak, serta manajemen dan operasi di tempat. sistem TI.

Sementara permintaan perumahan ada untuk layanan ini, skala permintaan secara signifikan lebih tinggi dalam peluang bisnis-ke-bisnis—belum lagi perusahaan seperti Skuad Geek Pembelian TerbaikDukungan Apple dan Perbaikan apel telah memojokkan sebagian besar pasar dukungan teknis perumahan. Bagian terbaik tentang memulai bisnis seperti ini adalah bahwa yang Anda butuhkan hanyalah sistem komputer dan keamanan yang diperlukan untuk mendukung dan melindungi aktivitas bisnis, produk, dan layanan yang ditawarkan.

9. Layanan Perawatan Rambut

Perhatikan kata "jasa" alih-alih "salon"—itu karena membuka salon bisa menghabiskan investasi yang besar. Tetapi menyewa/mengoperasikan stan di loteng salon atau mengoperasikan salon keliling dapat dilakukan oleh pengusaha pemula. Pengeluaran untuk perawatan pribadi telah meningkat pada tahun 2021, dan para pelopor seperti menggunakan teknologi untuk menghadirkan layanan penataan rambut dalam kenyamanan rumah Anda sendiri. Permintaan ini dibuktikan dengan perkiraan pertumbuhan pendapatan tahunan industri sebesar 5,3%.

Jika Anda sudah memiliki kredensial dan kredibilitas jalanan, perawatan rambut keliling, perawatan rambut di rumah, atau langkah kecil menuju kemerdekaan berbasis stan merupakan pilihan realistis untuk berwirausaha. Evaluasi peluang dan tren untuk menentukan bagaimana Anda dapat mengukir ceruk untuk diri sendiri dan menumbuhkan pasar pelanggan yang setia.

10. Layanan Penurunan Berat Badan

Diakui, 87,5% dari pangsa pasar industri jasa penurun berat badan digunakan oleh perusahaan jasa penurun berat badan besar. Namun, pangsa pasar yang tersisa didistribusikan di antara sekitar 23.000 bisnis lain, sehingga ada ruang bagi usaha kecil untuk menonjol jika mereka tidak keberatan dengan persaingan.

Dengan Prevalensi obesitas AS pada 42,4% orang dewasa pada 2018, bersama dengan tren ke arah penurunan berat badan dan aplikasi manajemen seperti MyFitnessPal (dengan pendapatan tahun 2020 yang tercatat sebesar $128 juta), penurunan berat badan jelas diinginkan oleh konsumen Amerika.

11. Bimbingan Belajar

Salah satu pilihan yang harus diambil seorang pengusaha ketika mengevaluasi ide bisnis ini adalah apakah mereka ingin berpartisipasi pada platform yang ada sebagai jenis pekerja lepas (seperti kerja keras atau Fiverr), atau jika Anda lebih suka memulai sesuatu dari awal. Memulai bisnis bimbingan belajar mungkin melibatkan pilihan ini.

Dengan meningkatnya layanan bimbingan dan dukungan pendidikan, terutama dengan kemudahan mengakses pendidik di seluruh dunia dengan mengklik tombol, ada banyak peluang bagi calon tutor untuk menawarkan layanan mereka di database besar seperti Tutor.com atau Chegg (yang bersama-sama, menurut IBISWorld, memiliki sekitar 8% dari pangsa pasar industri bimbingan belajar online). Alternatifnya adalah membuat jalan Anda sendiri sebagai tutor dengan membangun reputasi, kehadiran web, kampanye pemasaran, dan metodologi, antara lain, tergantung pada apakah layanan Anda secara langsung, online, atau kombinasi keduanya.

Selalu ada pilihan untuk berjalan kaki sebelum berlari: Mulailah mengajar berdasarkan reputasi dan jaringan lokal. Jika tumbuh, bagus! Jika tidak, Anda selalu dapat menggunakan database les yang kuat untuk menghasilkan uang ekstra.

12. Perencanaan Pariwisata & Perjalanan

Tidak mengherankan, 2020 adalah tahun yang benar-benar brutal untuk industri perjalanan secara keseluruhan, yang mencakup segala hal mulai dari maskapai penerbangan dan layanan penyewaan mobil hingga jalur pelayaran dan taman hiburan. Namun, yang sama tidak mengejutkannya, pariwisata secara umum diperkirakan akan pulih—dan kemudian beberapa—di tahun mendatang dengan laju hampir 70%. Jadi dimana peluangnya? Peluang ini secara teknis tersebar di seluruh industri pariwisata, tetapi membuka kasino atau mengumpulkan armada kendaraan sewaan bisa memakan biaya yang mahal. Sudut kecil pasar yang bagus untuk wirausahawan pengembara adalah dalam perencanaan perjalanan, yang biasanya berarti memanfaatkan semua sektor pariwisata ini.

Bahkan melawan pesaing online besar seperti Expedia, bisnis agen perjalanan diperkirakan tumbuh pada tingkat tahunan 10,9% hingga 2026. Belum lagi yang benar-benar Anda butuhkan untuk memulai adalah keberanian, keterampilan komunikasi yang baik, komputer, dan telepon. Pemesanan perjalanan wisata dan paket menyumbang bagian terbesar dari pendapatan industri sebesar 25,8% tahun ini.

13. Kursus & Pendidikan Online

Apakah Anda ahli dalam segala hal? Pernahkah Anda ingin membagi pengetahuan Anda dalam lokakarya online? Hambatan masuk untuk berbagi kebijaksanaan Anda di kelas online tidak pernah lebih rendah. Tidak hanya ada berbagai platform online untuk memilih dari, tetapi Anda juga dapat menyerang Anda sendiri dengan merek, situs web, saluran YouTube, dan pesan!

Sekali lagi, ini adalah bisnis berbiaya rendah untuk memulai, tetapi biayanya akan berupa ekuitas keringat dan waktu, energi, penelitian, dan desain instruksional yang harus Anda tuangkan ke dalam kursus ini. bahkan ada platform untuk materi iklan untuk menunjukkan dan memberi tahu pengejaran artistik dan proyek sesuai permintaan kepada siswa virtual mereka, jadi jika Anda pernah merasa harus menjadi orang yang mengajarkan topik dalam video online, sekarang mungkin saatnya untuk mewujudkannya.

14. Media Sosial & Manajemen Iklan

Banyak bisnis, besar dan kecil, menganggap media sosial mengintimidasi, tidak tahu harus mulai dari mana, atau keduanya. Jadi, banyak dari mereka mempekerjakan seseorang untuk melakukan itu untuk mereka. Beberapa perusahaan memiliki seluruh departemen untuk mengelola konten dan iklan media sosial mereka (mis. iklan facebook), sementara yang lain (dengan anggaran lebih kecil) dapat melakukan outsourcing ke pakar media sosial untuk menangani kehadiran merek mereka di Facebook, Twitter, LinkedIn, TikTok—secara keseluruhan. Terlalu penting untuk menelepon sebagai 74% konsumen menggunakan media sosial untuk menginformasikan keputusan pembelian mereka.

Iklan digital tidak akan kemana-mana; sebenarnya, segmen pasar Generasi Z terbaru dan termuda adalah 27% dari populasi AS, dan iklan tradisional tidak akan membawa Anda ke mana pun bersamanya. Mereka menanggapi kampanye pemasaran efektif yang dilakukan di Instagram dan Snapchat, yang jika dilakukan dengan baik, adalah strategi pemasaran digital dan media sosial yang sukses. Yang Anda butuhkan hanyalah keterampilan media sosial, keterampilan pemasaran dan komunikasi, serta perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk memberikan kampanye digital yang luar biasa.

15. Asisten Virtual (VA)

Bantuan virtual adalah bisnis di mana langit adalah batasnya. Anda dapat memiliki, mengoperasikan, dan eksis sebagai pemilik tunggal, memilih klien Anda dan mengatur jam kerja Anda, atau Anda akhirnya dapat tumbuh untuk memiliki perusahaan bantuan virtual di mana Anda mempekerjakan, mempekerjakan, dan mempekerjakan VA Anda. Kadang-kadang juga dikenal sebagai pramutamu, VA biasanya membantu usaha kecil atau pengusaha dengan tugas yang memakan waktu dan mengurangi produktivitas seperti mengirim email, entri data, memperbarui dokumen, menjadwalkan, atau mengirim faktur.

Karena kita terus bergantung pada teknologi dan pada umumnya terdesak, industri VA akan tumbuh setara dengan tingkat nyaman sebesar 2,9% per tahun hingga tahun 2026. Memerlukan sedikit investasi modal dan menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang sehat, bisnis VA dapat menjadi bisnis yang cocok untuk komunikator yang terorganisir, berorientasi pada detail, fleksibel, kuat.

16. Lansekap

Ditambah dengan pertumbuhan eksponensial yang diproyeksikan untuk perbaikan rumah secara umum adalah sektor perbaikan rumah luar ruangan atau lansekap. Berkat ledakan dalam konstruksi dan ekonomi yang pulih, arsitektur lansekap dan lansekap diharapkan berkembang di tahun-tahun mendatang dengan laju 2% per tahun.

Memulai bisnis lansekap bisa sangat terjangkau jika tenaga kerja Anda adalah layanan utama yang ditawarkan, tetapi untuk pekerjaan besar dan komersial, Anda memerlukan uang muka untuk membeli inventaris dan menyewa tenaga kerja. Bahkan sangat bisnis perawatan rumput kecil dapat membayar dividen hingga $60.000 setahun. Mulailah dari yang kecil, kerjakan kontak lokal Anda, dan miliki keterampilan untuk mendukung semuanya, dan industri ini dapat menimbulkan peluang yang sangat menarik.

17. Tempat Tidur dan Sarapan atau Airbnb

Biaya yang akan dikeluarkan oleh jenis bisnis ini tergantung pada seberapa banyak Anda bersedia dan ingin berinvestasi untuk pembayarannya. Izin zona, tempat tidur dan sarapan atau Airbnb dapat dioperasikan di luar rumah Anda. Investasi besar mungkin berarti membeli sebuah bangunan untuk bertindak sebagai tempat tidur dan sarapan atau Airbnb atau liburan unit sewa, rumah, atau apartemen. Namun, yang tidak dapat disangkal adalah tingkat pertumbuhan tahunan yang diantisipasi untuk industri ini, yaitu 4,9% hingga tahun 2026, dengan 47% dari pendapatan industri tersebut terutama berasal dari bed-and-breakfasts.

Jika Anda memiliki properti, keterampilan kewirausahaan, dan juru masak dalam keluarga, tempat tidur dan sarapan dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Rata-rata B&B menawarkan enam kamar dan membawa pendapatan rata-rata $135.000 setahun. Sebagian besar (83%) dari pemilik penginapan ini tinggal di properti. Seorang pengusaha yang kebetulan juga berada di pasar untuk rumah baru dapat dengan mudah membayar hipotek sebesar $135.000 per tahun.

Intinya

Tidak ada panduan yang akan memberi tahu Anda ide bisnis mana yang tepat untuk Anda. Kami telah menawarkan beberapa industri yang sehat, tumbuh, dan berpotensi tinggi untuk dimanfaatkan yang umumnya mewakili biaya awal yang rendah setelah COVID.

Ingat bahwa memulai dan beroperasi dari rumah adalah cara paling ramping dan hemat biaya untuk mendapatkan daya tarik sebelum menginvestasikan sumber daya yang lebih signifikan. Bisnis rumahan kecil kemungkinan akan membutuhkan uang muka investasi dana pribadi dari hingga $5.000. Hampir semua bisnis ini dapat diluncurkan dan dibina dari rumah dan tumbuh secara organik untuk menciptakan sesuatu yang lebih besar dengan momentumnya sendiri.

 

Post a Comment for "17 Bisnis Terbaik untuk Memulai"