Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Situs Crowdfunding Terbaik untuk Usaha Kecil Tahun 2022

12-Situs-Crowdfunding-Terbaik-untuk-Usaha-Kecil-Tahun-2022

12 Situs Crowdfunding Terbaik untuk Usaha Kecil Tahun 2022

Platform crowdfunding terbaik menawarkan biaya rendah, banyak calon investor, dan memungkinkan berbagai kampanye. Mereka juga membebankan tarif yang kompetitif dengan pinjaman bisnis awal dan memungkinkan berbagai macam proyek potensial untuk dipamerkan. Terakhir, mereka memiliki rekam jejak dalam membantu proyek mencapai tujuan pendanaan mereka.

Usaha kecil dapat mengumpulkan uang dengan menggunakan crowdfunding dengan imbalan imbalan, pembayaran di masa depan, atau ekuitas di perusahaan mereka. Startup dan perusahaan yang lebih mapan dapat mengumpulkan dana secara online sambil mendapatkan pelanggan baru. Kami telah memilih 12 situs crowdfunding yang harus menarik bagi usaha kecil dari berbagai industri dan ukuran.

 1. Kickstarter: Platform Penggalangan Dana Hadiah Terbaik

Kickstarter adalah salah satu nama terbesar dalam crowdfunding penghargaan (dan mungkin nama yang paling sering dikaitkan dengan crowdfunding secara umum), dengan lebih dari 210.000 kampanye yang berhasil dan lebih dari $6 miliar yang dijanjikan. Keberhasilan ini telah menghasilkan sejumlah besar proyek besar yang diluncurkan dan didanai serta menarik banyak audiens yang dapat menjadi sumber pendanaan dan eksposur untuk bisnis.

Untuk Siapa Kickstarter Tepat?

Kickstarter adalah yang terbaik untuk bisnis yang berfokus pada pembuatan produk untuk konsumen, seperti game, seni, teknologi, musik, dan makanan yang dapat dikirimkan ke pendukung kampanye dengan mudah. Menerobos kompetisi bisa jadi sulit, tetapi pendekatan yang baik adalah meningkatkan jumlah pendanaan yang lebih kecil. Dari kampanye yang berhasil, lebih dari 80% di antaranya mengumpulkan kurang dari $20.000.

Berapa Biaya Kickstarter

Kickstarter membebankan biaya sebesar 5% untuk kampanye yang berhasil didanai, dan Anda juga akan bertanggung jawab atas biaya pemrosesan pembayaran pihak ketiga sebesar 3% hingga 5%. Biaya ini bersaing dengan situs crowdfunding hadiah lainnya, dan jika kampanye pendanaan Anda tidak mencapai target dalam waktu yang ditentukan, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun atau menerima pembayaran apa pun.

2. GoFundMe: Situs Penggalangan Dana Donasi Terbaik

GoFundMe adalah situs penggalangan dana donasi di mana orang-orang telah mengumpulkan lebih dari $5 miliar. Ini berarti tidak ada ekuitas untuk diserahkan, tidak ada hutang untuk dilunasi, dan tidak ada imbalan untuk dikirimkan. Selain itu, GoFundMe hanya membebankan biaya transaksi saat Anda menerima dana. Namun, karena volume proyek dan penyebab di GoFundMe, membuat kampanye Anda diperhatikan mungkin sulit.

Untuk Siapa GoFundMe Tepat

GoFundMe adalah yang terbaik untuk bisnis yang dapat mengumpulkan pendukung untuk mendanai kampanye mereka, meskipun tidak ada pembayaran kembali. Ini bukan pilihan yang bagus untuk startup kecuali pemiliknya memiliki banyak pengikut; namun, bisnis yang sedang berjuang yang penting bagi komunitas mereka sering kali berhasil mengumpulkan dana.

Berapa Biaya GoFundMe

Dengan GoFundMe, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun untuk dana yang Anda kumpulkan, dan uang itu tidak perlu dibayar kembali. Anda tetap bertanggung jawab atas biaya yang dibebankan oleh pemroses pembayaran mereka sebesar 2,9% ditambah $0,30 per transaksi.

3. IndieGoGo: Crowdfunding Terbaik untuk Bisnis Milik Wanita

IndieGoGo adalah salah satu situs crowdfunding penghargaan teratas yang tersedia untuk usaha kecil, dengan hampir $2 miliar terkumpul. Perusahaan mulai dari tahap ide hingga tahap produk secara teratur mengumpulkan uang dan mendapatkan pelanggan setia di sepanjang jalan. Namun, mendapatkan perhatian bisa jadi sulit karena jumlah kampanye yang aktif.

Untuk Siapa IndieGoGo Tepat?

IndieGoGo adalah yang terbaik untuk bisnis yang membuat produk konsumen yang dapat dikirimkan sebagai hadiah. Selain mendapatkan modal yang sangat dibutuhkan, Anda juga dapat membangun komunitas pengguna yang menyukai produk Anda dan berinvestasi untuk melihat Anda dan perusahaan Anda berhasil. Perusahaan pada tahap apa pun dipersilakan; namun, para pendukung sering kali ingin melihat setidaknya prototipe yang berfungsi tersedia. Hampir setengah dari kampanye sukses IndieGoGo berasal dari bisnis milik wanita.

Berapa Biaya IndieGoGo

IndieGoGo mengenakan biaya 5% untuk semua kampanye yang didanai, dan Anda akan bertanggung jawab atas biaya transaksi sebesar 3% ditambah $0,20 per transaksi. Ini sebanding dengan situs crowdfunding hadiah lainnya, dengan manfaat tambahan dari jaringan pendukung potensial yang sangat besar.

4. Patreon: Terbaik untuk Produser Konten

Patreon menghadirkan pandangan unik tentang hadiah crowdfunding. Alih-alih menjanjikan produk di masa mendatang kepada pendukung, bisnis bisa mendapatkan bayaran saat mereka mengirimkan konten. Mayoritas bisnis di Patreon menghasilkan beberapa bentuk hiburan dan telah mengumpulkan lebih dari $2 miliar. Pembayaran diterima untuk setiap episode, foto, atau periode waktu di mana pembuat konten memproduksi konten.

Untuk Siapa Patreon Tepat?

Patreon adalah yang terbaik untuk bisnis kreatif seperti podcast, artis, dan hiburan lainnya di mana konten diproduksi secara teratur. Ini terutama benar jika konten yang Anda hasilkan biasanya gratis dan Anda ingin orang lain mendukungnya, atau Anda menawarkan konten tambahan di balik paywall.

Berapa Biaya Patreon

Patreon membebankan biaya minimum 5% untuk setiap pembayaran yang dilakukan kepada pembuat konten melalui platformnya, dan biaya transfer tambahan, biasanya sekitar 3%, saat Anda menarik dana. Patreon memiliki tiga tingkatan harga: Lite, Pro, dan Premium, dengan fitur dan manfaat yang berbeda untuk setiap tingkat harga.

5. SeedInvest: Terbaik untuk Urun Dana Ekuitas

SeedInvest adalah situs crowdfunding ekuitas terkemuka untuk pemula. Mereka membanggakan lebih dari 575.000 investor yang memberikan dukungan keuangan, meningkatkan rata-rata $900.000 per proyek, atau total lebih dari $350 juta. Namun, ada proses pemeriksaan yang sulit untuk berpartisipasi, dengan hanya 2% dari bisnis pemohon yang disetujui.

Untuk Siapa SeedInvest Tepat?

SeedInvest adalah yang terbaik untuk pengusaha berpengalaman yang memulai perusahaan kedua atau ketiga mereka dan dapat memanfaatkan pengakuan tim pendiri mereka untuk penggalangan dana. Namun, Anda dapat melamar pada tahap apa pun, dan ada proyek yang tersebar di berbagai industri, termasuk real estat dan e-niaga.

Berapa Biaya SeedInvest

SeedInvest membebankan biaya penempatan 7,5% dan biaya ekuitas 5% berdasarkan apa yang Anda kumpulkan. Jika kampanye tidak berhasil, tidak ada biaya. Ini adalah salah satu situs crowdfunding ekuitas paling mahal dalam daftar kami, sebagian besar karena ketersediaannya untuk tahap awal, startup berisiko sangat tinggi.

6. Lingkaran Pendanaan: Pilihan Terbaik Untuk Utang Utang     

Funding Circle menawarkan crowdfunding utang usaha kecil. Pinjaman berkisar hingga $500.000, dengan suku bunga mulai dari 4,99% dan jangka waktu hingga lima tahun. Funding Circle telah berhasil mengumpulkan lebih dari $17,5 miliar. Untuk memenuhi syarat, Anda harus memiliki kredit yang baik dan memiliki pertumbuhan bisnis baru-baru ini dengan pendapatan tahunan yang baik.

Lingkaran Pendanaan Yang Tepat Untuk

FundingCircle adalah pilihan yang baik untuk usaha kecil yang membutuhkan pinjaman cepat tanpa beban kampanye crowdfunding yang ekstensif. Menerapkan hanya membutuhkan waktu 10 menit; namun, Anda memerlukan setidaknya skor kredit 660 untuk memenuhi syarat, dengan skor rata-rata 700 untuk peminjam yang disetujui. Selain itu, Anda harus sudah menjalankan bisnis setidaknya selama dua tahun, dengan pendapatan tahunan minimal $120.000.

Berapa Biaya Lingkaran Pendanaan

Funding Circle membebankan suku bunga antara 4,99% dan 27,79% atas pinjaman mereka, selain biaya originasi 3,49% hingga 6,99%. Ini membawa total tingkat persentase tahunan (APR) mereka menjadi antara 8,5% dan 36%, yang sebanding dengan situs crowdfunding utang lainnya dan pinjaman modal kerja lainnya.

7. WeFunder: Terbaik untuk Startup yang Dapat Diskalakan

WeFunder adalah salah satu situs crowdfunding ekuitas terbesar, mencakup setiap bisnis mulai dari teknologi hingga ritel dan hiburan, dengan $387 juta diinvestasikan sejak 2013. Namun, mungkin sulit untuk mengumpulkan dana dengan perusahaan baru, mengingat proyek-proyek WeFunder yang paling sukses telah menunjukkan pertumbuhan, kontrak pemerintah, atau pencapaian besar.

Untuk Siapa WeFunder Tepat?

WeFunder adalah yang terbaik untuk perusahaan rintisan mulai dari pembuatan bir hingga aplikasi smartphone hingga inovasi mesin pembakaran, yang semuanya memiliki penekanan pada skalabilitas dan menunjukkan pertumbuhan. Sebagian besar perusahaan di platform juga membawa sekitar 50% investor mereka sendiri ke kampanye, yang bisa jadi sulit jika Anda memiliki bisnis yang lebih kecil tanpa pengikut online yang substansial.

Berapa Biaya WeFunder

WeFunder membebankan biaya 7,5% berdasarkan jumlah yang Anda kumpulkan dengan kampanye yang berhasil, yang mencakup biaya transaksi Anda. Ini kompetitif dengan situs crowdfunding ekuitas lainnya.

8. LendingClub: Terbaik untuk Crowdfunding Utang Cepat

LendingClub telah mengumpulkan hampir $10 miliar untuk pelamar. Ini menawarkan pinjaman usaha kecil melalui crowdfunding utang hingga $ 500.000, dengan jangka waktu hingga lima tahun. Salah satu hal hebat tentang platform mereka adalah tingkat awal yang relatif rendah hanya 7% per tahun. Pinjaman dapat disetujui dan didanai dalam waktu satu minggu.

Untuk Siapa LendingClub Tepat?

Jika Anda membutuhkan modal dengan tergesa-gesa dan dapat memenuhi syarat untuk LendingClub, ini adalah opsi crowdfunding utang yang fantastis. Untuk memenuhi syarat, Anda harus telah menjalankan bisnis setidaknya selama 12 bulan, memiliki kredit pribadi yang baik, dan memiliki penjualan tahunan setidaknya $50.000. Namun, kualifikasi ini tidak sulit untuk dipenuhi oleh banyak perusahaan rintisan dan usaha kecil.

Berapa Biaya LendingClub

Suku bunga pinjaman LendingClub mulai dari 7% untuk peminjam yang paling memenuhi syarat, dengan biaya originasi tambahan dari 1,99% hingga 8,99%. APR untuk pinjaman mereka berkisar antara 10% hingga 35,71%, yang sebanding dengan situs crowdfunding hutang lainnya tetapi bisa mahal dibandingkan dengan sebagian besar jenis pinjaman usaha kecil.

9. MicroVentures: Terbaik untuk Gamer

MicroVentures adalah situs crowdfunding ekuitas untuk pendanaan startup tahap awal dan akhir, dengan lebih dari $450 juta. Sebagian besar bisnis dapat memenuhi syarat; namun, hanya investor terakreditasi yang dapat berinvestasi, menyisakan lebih sedikit investor untuk perusahaan Anda. Proyek membutuhkan waktu enam sampai delapan minggu untuk mendapatkan pendanaan dan dikenakan biaya total sebesar 7%.

Untuk Siapa MicroVentures Tepat?

MicroVentures adalah yang terbaik untuk perusahaan internet, termasuk game, seluler, sosial, dan perangkat lunak, yang membutuhkan dana setidaknya $150.000. Biasanya, bisnis yang sudah menghasilkan penjualan dan berkembang pesat memiliki rekam jejak yang lebih baik dalam menggalang dana di platform. Sebagian besar proyek yang telah memenuhi tujuan pendanaan mereka adalah bisnis yang dihadapi konsumen.

Berapa Biaya MicroVentures

MicroVentures memproyeksikan komisi 5% ditambah 2% ekuitas bagi bisnis untuk meminta pendanaan. Ada juga biaya satu kali antara $2.000 dan $7.000 yang dinilai saat bisnis awalnya mengajukan kampanye di MicroVentures.

10. Dapat Didanai: Terbaik untuk Startup Teknologi

Fundable adalah situs crowdfunding untuk usaha kecil, yang didedikasikan untuk mendapatkan pendanaan melalui penghargaan dan ekuitas. Bisnis yang menggunakan platformnya telah mengumpulkan lebih dari $560 juta sejak 2012. Tidak ada biaya untuk putaran ekuitas yang sukses, dan hanya biaya pemrosesan pedagang untuk penggalangan dana hadiah. Namun, memposting kampanye tidak gratis dan memerlukan langganan bulanan dengan biaya $179 per bulan.

Siapa yang Dapat Didanai Yang Tepat Untuk

Fundable adalah yang terbaik untuk startup teknologi yang membuat apa saja mulai dari drone hingga peralatan medis dan perangkat lunak diagnostik. Proyek yang diselesaikan cenderung memiliki jumlah dolar yang tinggi dan biasanya perusahaan yang siap untuk mengukur atau menyebarkan produk mereka ke audiens yang lebih besar dari berbagai industri.

Berapa Banyak Biaya yang Dapat Dibiayai

Semua penggalangan dana dengan Fundable dikenakan biaya berlangganan bulanan sebesar $179. Selain itu, Anda harus membayar biaya transaksi sebesar 3,5% ditambah 30 sen untuk penggalangan dana hadiah. Biaya berlangganan bulanan tinggi dibandingkan dengan banyak layanan yang tidak mengenakan biaya; namun, perusahaan yang berinvestasi dalam kampanye crowdfunding yang serius kemungkinan akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi mengingat kemampuan Fundable untuk mengumpulkan uang bagi kliennya.

11. Pasokan Kerumunan: Terbaik untuk Produsen      

Crowd Supply membantu usaha kecil yang memproduksi perangkat keras mendapatkan hadiah crowdfunding untuk proyek mereka, dengan 80% proyek didanai. Mereka menonjol karena memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dana untuk proyek baru dan yang sudah selesai. Selain itu, mereka telah mengirimkan 100% proyek yang didukung, dan bahkan memasok ruang pengiriman dan gudang yang dibutuhkan untuk mendukung logistik perusahaan yang didukung. Rata-rata proyek yang berhasil menghasilkan lebih dari $60.000.

Untuk Siapa Crowd Supply Tepat?

Crowd Supply adalah yang terbaik untuk produsen perangkat keras dengan produk atau inovasi baru mulai dari mesin pembuat kopi hingga laptop atau hanya komponen individual. Pendukung ditawari hadiah, dan Anda akan mendapatkan bantuan logistik, pelaksanaan proyek, komunitas pendukung, dan pada akhirnya mewujudkan proyek Anda.

Berapa Banyak Biaya Pasokan Kerumunan

Crowd Supply mengenakan biaya 5% berdasarkan dana yang Anda kumpulkan. Mereka juga menawarkan tingkat premium dengan layanan tambahan untuk mempersiapkan dan memasarkan kampanye Anda sebesar 6% hingga 15%. Meskipun opsi penggalangan dana dasar sejalan dengan situs crowdfunding hadiah lainnya, layanan premium mereka mungkin mahal untuk beberapa kampanye.

12. CircleUp: Terbaik untuk Bisnis Barang Dalam Kemasan Konsumen

CircleUp menawarkan crowdfunding utang dan ekuitas untuk usaha kecil, khususnya di industri barang kemasan konsumen (CPG), dengan lebih dari $400 juta yang terkumpul hingga saat ini. Mereka menawarkan jalur kredit hingga $5 juta, yang tumbuh saat bisnis Anda berkembang dan menerima lebih banyak pelanggan. Crowdfunding ekuitas mereka memiliki target industri serupa dari merek yang dihadapi konsumen.

Untuk Siapa CircleUp Tepat?

CircleUp adalah yang terbaik untuk bisnis yang berfokus pada CPG, dengan pendapatan tahunan lebih dari $1 juta, yang memerlukan crowdfunding ekuitas. Namun, jika pendapatan tahunan Anda lebih dari $250.000, Anda dapat memenuhi syarat untuk jalur kredit crowdfunded hingga $5 juta.

Berapa Biaya CircleUp

CircleUp menawarkan kredit hingga $5 juta dengan APR mulai dari 14% hingga 25%, termasuk semua biaya. Ini lebih rendah daripada kebanyakan opsi pinjaman online lainnya, dan tingkat yang kompetitif dibandingkan dengan situs crowdfunding hutang lainnya. Biaya yang Anda bayarkan untuk crowdfunding ekuitas akan bergantung pada bisnis Anda dan akan ditentukan oleh CircleUp saat Anda mendaftar.

Memilih Situs Web Crowdfunding yang Tepat

Ada berbagai jenis crowdfunding yang tersedia untuk usaha kecil. Setiap situs crowdfunding sering kali mengkhususkan diri pada satu jenis tertentu; namun, masing-masing mungkin menawarkan beberapa cara bagi Anda untuk memberi penghargaan kepada pendukung Anda. Crowdfunding dapat menjadi alternatif yang layak untuk metode pembiayaan bisnis lainnya, terutama untuk bisnis yang memiliki promosi atau pengait yang bagus untuk menarik pendukung.

Empat jenis crowdfunding yang paling sering tersedia untuk usaha kecil adalah:

  • Crowdfunding ekuitas: Dengan crowdfunding ekuitas, bisnis menjual saham perusahaan mereka kepada investor. Jenis crowdfunding ini biasanya paling cocok untuk bisnis yang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.
  • Penggalangan dana utang: Penggalangan dana utang bekerja mirip dengan pinjaman bisnis tradisional. Namun, alih-alih berhutang ke bank, peminjam berutang pembayaran kepada individu. Dana dikumpulkan pada APR yang telah ditentukan. Opsi ini paling baik untuk bisnis dengan pendapatan dan riwayat kredit yang kuat.
  • Hadiah crowdfunding: Dengan menawarkan hadiah kepada pendukung, Anda dapat menghindari keharusan membayar utang atau menyerahkan ekuitas di perusahaan Anda. Hadiah crowdfunding sangat ideal untuk bisnis yang memiliki produk yang dapat mereka kirimkan dan/atau membutuhkan dana sebelum menghasilkan pendapatan.
  • Penggalangan dana donasi: Penggalangan dana donasi adalah pilihan yang paling sulit untuk mengumpulkan dana tetapi tidak memerlukan pembayaran dalam bentuk apa pun. Yang terbaik untuk bisnis yang bisa mendapatkan dukungan dari komunitas lokal mereka untuk mendanai kampanye mereka.

Intinya

Setiap situs crowdfunding menawarkan bisnis kecil sesuatu yang berbeda. Anda harus memutuskan apakah Anda bersedia melepaskan ekuitas, mengambil utang, atau memberikan imbalan kepada pendukung Anda. Anda dapat memilih situs yang lebih menonjol yang akan memberikan lebih banyak eksposur, bersama dengan kompetisi tambahan, atau situs crowdfunding yang lebih khusus dengan pengikut khusus. Tidak semua usaha crowdfunding akan didanai sepenuhnya, jadi sangat penting untuk memiliki rencana cadangan.

 

 

Post a Comment for "12 Situs Crowdfunding Terbaik untuk Usaha Kecil Tahun 2022"