Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat yang harus selalu tersedia untuk pemeliharaan pedet FH Jantan atau Suson

Pedet FH Jantan atau Suson

Pedet FH jantan  saat ini sedang tenar saat ini terlebih untuk peternak Sumatera Utara. Sedangkan untuk wilayah Jawa pedet FH jantan ini sudah sejak lama sukses di pelihara oleh petani.

Pedet FH Jantan ini biasanya di dapat dari peternakan sapi perah skala perusahaan. Pedet FH Jantan selalu di jual oleh perusahaan sedangkan yang betina tidak dijual untuk pengembangan populasi.

Di Sumatra Utara saat ini sudah ada perubahan sapi perah dengan populasi 4000 ekor lebih sapi. Sehingga kesempatan besar bagi Masyarakat Sumatera Utara untuk melakukan pemeliharaan pedet FH jantan sebagai usaha ataupun usaha sampingan. 

Cara Perawatan Pedet FH Jantan

Pada dasarnya cara perawatan pedet FH jantan  sama dengan perawatan sapi jenis yang lain. Yang menjadi pembeda adalah sistem perawatan atau pemeliharaan Pedet FH Jantan ini dilakukan tanpa susu dari induk melainkan dengan susu skim. 

Perawatan dengan susu skim ini memiliki kelemahan yakni daya tahan pedet yang sedikit lebih rentan atau lemah jika di bandingkan dengan susu murni dari induk.

Cara perawatan lebih lengkap bisa di cek di artikel ini : Manajemen pemeliharaan pedet 

Obat Yang Harus Selalu Tersedia untuk Pemeliharaan pedet

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas tadi bahwa daya tahan tubuh pedet yang hanya menggunakan susu skim sebagai susu pengganti akan lebih lemah dibanding jika menggunakan susu murni.  Berikut akan saya jelaskan obat yang harus tersedia di kandang beserta dengan fungsi dan cara aplikasi.

1. Dia Stop

Obat diare pedet

Dia Stop adalah obat untuk diare. 
Kenapa saya membuat obat diare di no 1? Karena memang pada pemeliharaan pedet FH jantan dengan susu skim, diare adalah penyakit yang paling sering menyerang

Diare pada pedet biasanya terjadi karena cuaca yang sangat ekstrim dengan kelembaban tinggi . Bisa juga disebabkan karena susu skim yang tidak cocok untuk pedet, atau pergantian pakan atau susu yang spontan.

Cara aplikasi : Gunakan Dia stop 15 gr/ liter air, dan diberikan kepada pedet selama 3-5 hari berturut-turut. 
Untuk pemesanan Dia Stop boleh langsung pesan ke admin Atau tinggalkan komentar.

2. Sulpidon 

Obat panas sapi
Source : Tokopedia.com

Sulpidon ini adalah obat analgesik atau penghilangan rasa sakit dan antipiretik atau penurun panas. Sulpidon mengandung dipyrone dan lidocaine dalam bentuk cairan injeksi.

Untuk pedet yang lagi lemah disebabkan oleh diare yang akut atau demam pada pedet jangan langsung menggunakan antibiotik. Langkah pertama lebih baik menggunakan Sulpidon ini. Biasanya dengan sekali suntik saja keesokan harinya pedet akan mulai aktif kembali. Tetapi jika sudah di suntik sulpidon juga tidak ada perkembangan baru dilanjutkan dengan antibiotik. Boleh juga di aplikasikan secara bersamaan dengan antibiotik. 

Sulpidon tidak boleh di berikan secara berturut-turut cukup sekali saja. Kalaupun mau digunakan kembali setelah 2 Minggu kemudian.

Dosis pemberian sulpidon 1 ml /10 kg bobot badan. Di inject atau suntik secara intramuscular atau ke langsung ke otot.


3. Penstrep

Source: Tokopedia.com

Penstrep adalah salah satu antibiotik yang paling di cari dan digunakan untuk peternak sapi. 

Penstrep adalah antibiotik spektrum luas yang efektif digunakan untuk pernafasan dan pencernaan ternak, termasuk pedet FH jantan.

Jika pedet diare dan diobati dengan Dia Stop dan sudah di inject dengan sulpidon tetapi belum juga sembuh bisa di suntik dengan penstrep. Jika pedet ada gejala batuk juga bisa langsung menggunakan penstrep terlebih dahulu jangan langsung menggunakan antibiotik khusus pernapasan seperti tylocin. Karena pedet masih sangat mudah sembuh bahkan dengan antibiotik berspektrum luas seperti penstrep.

Dosis dan penggunaan : 1 ml per 10 kg bobot badan dan di inject atau di suntik secara intramuscular selama 3-5 hari berturut-turut.

Penting !!  Untuk melakukan inject atau penyuntikan sebaiknya dilakukan propesional seperti dokter hewan atau kesehatan hewan, dengan tujuan meminimalisir kesalahan dalam penyuntikan maupun Dosis.

Untuk mendapatkan obat tersebut di atas boleh langsung di cari di Tokopedia atau shopee. Sedangkan untuk pemesanan Dia Stop bisa langsung hubungi admin di wa 081370988427 atau melalui komentar di artikel ini.

Artikel kali ini cukup sampai disini, jika sahabat peternak butuh info lebih lanjut tentang obat cacing atau vitamin boleh tulis komentar agar admin buatkan artikel.

Salam sukses 





sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Obat yang harus selalu tersedia untuk pemeliharaan pedet FH Jantan atau Suson "