Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kini Petani Jahe Merah Menjerit || Dulu Primadona Sekarang Bahkan Tidak Laku

Harga Jahe Merah Selangit


Jahe mera

Pada bulan maret 2020 dimana masa pandemi covid-19 mulai muncul di Indonesia, Harga jahe merah meencapai Rp.100.000-150.000/ Kg di pasar. Sedangkan harga dari petani mencapi Rp.50.000-70.000. Hal ini disebabkan khasiat jahe merah yang diyakini dapat menambah daya tahan tubuh untuk menghadapi virus corona, sehingga setiap orang di indonesia mencari jahe merah untuk dijadikan jamu atau sekedar air jahe. Harga jahe merah ini bertahan cukup lama di harga yang masih tergolong mahal mencapai Rp.30.000/kg di sepanjang tahun 2020. Awal tahun 2021 harga mulai berangsur turun hingga saat ini bahkan tidak laku.


Jahe Merah Melimpah


Mulai dari bulan Juni 2021 harga jahe merah di skala petani sangat memprihatinkan yakni hanya Rp.1000-3000 /Kg. Hingga saat ini Beberapa kecamatan Penghasil jahe merah di Kabupaten Simalungun masih memiliki stok yang sangat banyak seperti kecamatan Dolog masagal, Kecamatan Raya dan Kecamatan Dolog Pardamean. Desa Dolog Huluan yang termasuk dari wilayah Kecamatan Dolog masagal salah satu contohnya masih memiliki stok hingga Ratusan ton yang masih belum di panen. Sementara dari segi umur jahe sudah selayaknya untuk di panen. Sampai hari ini Tgl 13 september 2021 jahe merah yang masih belum di panen belum juga bisa dijual karena tidak laku dipasaran.

Petani Jahe Merah Menjerit

Petani jahe merah di kabupaten Simalungun sangat menjerit dengan kondisi harga jual saat ini, Seluruh petani jahe merah tersebut sudah di pastikan merugi. Hal ini disebabkan harga jual yang sangat rendah tetapi pada saat  penanaman harga bibit sangat mahal. 

Bagi sahabat petani atau bagi anda yanh butuh jahe merah boleh tulis komentar di artikel ini. Mumpung stok lagi banyak.



 

sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Kini Petani Jahe Merah Menjerit || Dulu Primadona Sekarang Bahkan Tidak Laku"