Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Awal Memulai Bisnis Dropship Paling Mudah

Dropshiper - Bisnis Online semakin hari semakin meningkat peminatnya karna hanya dengan bermodalkan teknologi seperti Komputer atau SmartPhone dan jaringan Internet kita sudah bisa menjangkau orang di seluruh Dunia. Ada banyak Bisnis Online yang menjanjikan untuk kedepannya jika kita konsisten untuk mengembangkan bisnis tersebut, bahkan ada juga yang berpendapat jika Bisnis Online lebih menjanjikan ketimbang bisnis Offline.

Kali ini kita akan membahas bisnis Online Dropship yang tidak membutuhkan modal besar. Kunci awal dari bisnis ini adalah Supllaer, karna tugas utama sebagai Dropshiper adalah menjual Produk orang lain. Jika kita memiliki Supllaer yang Fast Respon akan lebih mudah untuk memberikan informasi produk ke konsument.

Dropshiper

Jika kita memiliki produk sendiri dan bingung bagaimana cara memasarkannya, membuka Toko Online seperti Dropshiper juga bisa menjadi pilihan untuk memasarkan produk kita dan menjangkau Audient yang lebih luas di seluruh dunia. Disini kita akan mempelajari Langkah Awal Memulai Bisnis Dropship Paling Mudah yang bisa diPraktekan agar bisa mendapatkan hasil di kemudian hari

1. Memilih Produk 

Langkah awal adalah jenis Produk yang kita jual dengan kategori Fashion, Elektonis, Obat-Obatan, Alat dapur atau yang lainnya. Saat akan memilih produk yang akan kita pasarkan usahakan riset terlebih dahulu pasar yang sedang tren saat ini atau barang yang akan selalu di cari orang setiap saat. Dengan memilih produk yang banyak di cari maka kita juga akan lebih mudah memasarkannya.

Jangan terobsesi dengan Produk yang kita sukai 

Contoh: kita menyukai barang elektronik seperti HandPhone atau Laptop dan memilih barang tersebut untuk di pasarkan 

Contoh di atas adalah kesalahan besar, karna jika barang yang kita sukai tidak begitu banyak peminatnya, maka bisnis kitapun akan sulit berkembang.

Riset terlebih dahulu barang yang sudah di pilih menggunakan Tools seperti Google keywoard Planner, Ubersugest, KWfinder untuk mengetahui banyaknya pencarian produk yang akan kita pasarkan.

2. Riset Pesaing (Kompetitor)

Jika produk sudah di dapatkan maka langkah selanjutnya adalah Riset Kompetitor seberapa banyak orang yang menjual Produk yang sama seperti yang kita jual. Kompetitor dalam setiap produk akan selalu ada dari prusahaan kecil atau bahkan perusahaan besar yang memasang iklan adwords agar produknya muncul di pencarian halaman pertama.

Jangan takut walaupun Kompetitor berasal dari perusahaan raksaksa di dunia sekalipun, karna jika Produk yang akan kita jual memiliki banyak peminat dan setiap langkah penjualan selalu di perhatikan ada kemungkinan Produk yang kita jual memiliki Pembeli yang melebihi kompetitor.

Riset kompetitor juga bisa mengguankan tools seperti Ubersuges untuk mengetahui berapa banyak jumblah Backlink atau Kekuatan SEO dalam Toko Online tersebut. Dan jika semua Informasi tentang Kompetitor sudah di dapatkan saatnya mengolah Toko kita agar melebihi Kompetitor.

3. Cari Supplaer Responsif

Supplaer adalah inti dari produk yang kita jual jadi usahakan cari Supplaer yang responsif agar saat ada pertanyaan tentang barang yang akan kita jual bisa lebih mudah memberikan Informasi kepada konsument. Akan lebih baik mudah jika kita punya Stock sendiri barang tersebut di gudang atau kitalah supplaer dari produk  yang akan di pasarkan.

Supplaer bersifat sangat penting dalam bisnis ini karna tugas Dropshiper hanyalah menjual Produk dari Supplaer, jadi kita hanya di depan Laptop dan jika ada pesanan langsung saja memberi tau ke Supplaer untuk mengirimkan Produk tersebut.

Untuk mencari Supplaer ada cukup banyak cara seperi riset langsung di Marketplace seperti Shopie, Lazada, OLX atau yang lainnya kemudian Chating langsung untuk mengajak bekerja sama. Atau jika di sekitar lingkungan kita ada Supplayer dari produk yang akan kita jual juga akan lebih mudah.

4. Riset Harga Pasar

Langkah ke 4 menjadi bagian terpenting setelah Supplaer dari Produk yang akan kita pasarkan sudah di dapatkan. Disini kita harus mengetahui harga umum di pasaran terlebih dahulu agar produk yang kita jual bisa bersaing secara sehat di marketplace.

Jika barang yang kita jual memiliki tingkat pencarian yang cukup banyak dan perkiraan barang yang terjual juga banyak harap jangan terlalu banyak memberikan selisih yang terlalu besar dari harga Supplaer karna semakin banyak barang terjual juga akan semakin lumayan yang di dapatkan.

Akan lebih baik memberikan harga pasar dengan diskon yang cukup besar agar lebih menarik pelanggan untuk order produk yang kita jual. Berikan harga utama yang lumayan, kemudian berikan potongan harga yang masuk akal agar nilai jual di toko kita lebih kompenten.

5. Buat Toko Online

Toko Online adalah tempat pemasaran barang yang sangat tepat, karna jaman sekarang teknologi sudah semakin berkembang dengan banyaknya penguna membuat peluang yang besar untuk menjangkau Audient di seluruh dunia. Cukup banyak Toko Offline yang gulung tikar dan membuka Toko Online untuk memasarkan barangnya.

Cukup banyak Toko Online dari segala Platfrom Marketplace seperti Shopie, Lazada, Tokopedia, Blibli dan masih banyak lagi bahkan sekarang Facebook juga telah membuat fitur Marketplace untuk penggunanya menawarkan dan membeli barang. Untuk menjangkau Audient yang luas kita juga bisa memanfaatkan sosial media lainnya seperti Instagram, Twitter, Tiktok atau bahkan Youtube.

Hal pertama untuk membuat toko Online adalah Akun dan Konsisten mengupload barang dan juga memperbaiki setiap detail dari barang tersebut seperti stock atau ukuran agar saat pelanggan mau order, produk masih tersedia dan bisa langsung dikirim.

6. Analisa Dan Optimasi

Langkah ke enam ini menjadi tingkatan kesuksesan dalam sebuah bisnis karna dengan kita menganalisa produk yang di jual, maka akan jelas dimana kita harus memulai untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Optimasi Toko Online dan Produk yang di pasarkan juga cukup penting agar Produk kita muncul di pencarian paling atas atau menjadi rekomendasi dari Marketplace.

Analisa dari mulai tingkat Pencarian, Pesaingan dan juga Audient dari setiap wilayah. Banyaknya pencarian dari suatu produk menjadi awal Anilisa kemudian cari Kompetitor dan perhatiakan setiap langkah untuk bersaing mendapatkan orderan, setelah itu targetkan di mana kita harus mendapatkan Audient yang tepat dengan produk yang di jual.

Optimasi menjadi langkah yang cukup penting setelah semua Analisa Produk di dapatkan. Optimasi dari mulai Toko Online dengan memberikan foto profil dan sampul yang jelas dengan produk yang di jual, kemuadian setiap akan Upload produk tulisan deskripsi yang jelas dari mulai Size, warna, jumlah, bahan (jika kita menjual baju) sedetail mungkin agar orang yang akan order tidak bingung dan langsung memesan tanpa menanyakan lewat chat terlebih dahulu.

7. Pamahi Audient (Pelanggan)

Langkah terahir ini menjadi langkah yang perlu di perhatikan agar bisnis akan tetap berjalan, karna sebagus apapun produk kita, sebaik apapun Optimasi toko online jika tidak menjawab masalah dari Audient maka semua akan percuma. Saat ada orderan dan barang sudah di terima usahakan buat perhatian kepada pembeli seperti rasa kepuasan terhadap barang yang di kirim dan juga pelayanannya, agar pembeli tersebut bisa lebih percaya dengan toko kita dan ada kemungkinan akan order lagi atau merekomendasikan kepada orang lain.

Kita juga dapat menjangkau Audient di wilayah - wilayah tertentu, untuk mengiklankan Produk kita, seperti menjual jaket di wilayah pegunungan untuk mengurangi dingin di malam hari. Untuk mengiklankan produk, kita bisa memanfaatkan Sosial Media atau Google Adword. Di awal mengeluarkan biaya untuk membayar iklan tapi jika target kita tepat modal akan kembali berlipat - lipat.

Fast Respon juga harus di terapkan di toko Online kita karna saat ada pertanyaan dari Audient tentang produk, kita bisa langsung membalas dan Audient pun akan langsung memesan barang tersebut.

Itulah tadi Langkah Awal Memulai Bisnis Dropship Paling Mudah yang bisa kita praktekan untuk mendapatkan hasil dari Online Shop. Di awal pasti akan susah mendapatkan orderan karna produk kita tenggelam di antara toko - toko besar yang sudah memiliki ranting bagus di Marketplace, untuk dapat mengejar toko besar yang sudah memiliki nama kita harus meluangkan cukup banyak waktu di toko baru seperti selalu Online dan memberikan diskon besar - besaran, memanfaatkan semua fitur di marketplace agar mendapatkan orderan dan ranting kita pun juga akan langsung naik secara drastis, intinya jangan berfikir soal hasil yang besar dulu berfokus untuk meningkatkan ranting toko.


Selamat Mencoba




sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Langkah Awal Memulai Bisnis Dropship Paling Mudah"