Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Batuk Pada Pedet

Mengobati Batuk Pada Pedet

Batuk pada Pedet bisa terjadi karena pedet memakan serbuk atau sawdust. Jika hal ini terjadi nantinya akan sembuh sendiri. Akan tetapi jika pedet masih sering terdengar batuk hati hati, bisa jadi itu gejala Pneumonia (Radang Paru-paru). 

Jika dalam 2 hari batuk pada pedet tidak Hilang atau sembuh, segera berikan antibiotik spektrum luas aja dahulu seperti penisilin yang ada dalam Penstrep. 
Mengobati Batuk pada pedet


Penstrep diberikan secara inject selama 3 hari dengan dosis 1 ml/ 10 kg bobot badan.
Tunggu reaksi obatnya, jika dengan pemberian antibiotik penisilin belum juga sembuh hentikan dahulu pemberian obat selama minimal 4 hari, lalu lanjutkan dengan penanganan Pneumonia karena bisa jadi pedet sudah terserang Pneumonia.

Pneumonia adalah penyakit Radang Paru-paru pada sapi. Bisa menyerang pada sapi besar apalagi pedet yang masih sangat rentan terhadap penyakit. Pneumonia disebabkan oleh bakteri pasteurella Multocida,Stretococcus sp. Penyebab bakteri ini bisa berkembang,
  • Kondisi kandang yang Lembab
  • Sanitasi jelek
  • Sirkulasi udara di dalam kandang jelek
  • Cuaca Hujan terus menerus
Itu adalah beberapa faktor penyebab Pneumonia pada Pedet.

Sedangakan Gejala umum Pneumonia adalah seperti berikut :

  • Pedet batuk batuk
  • Pedet seperti kesulitan untuk bernafas
  • Nasaf terdengar pendek dan cepat
  • Nafsu makan berkurang
  • Terlihat lesu dan malas bergerak
  • Keluar cairan seperti ingus dari hidung
Nah seperti yang sudah admin sampaikan tadi, bisa jadi batuk pada pedet itu disebabkan oleh gejala awal Pneumonia. Jika positif terserang Pneumonia segera lakukan pengobatan dengan menggunakan obat dengan kandungan Tylocin. Jenis antibiotik bisa didapatkan dari Tysinol produk Medion. Untuk membantu meningkatkan kekuatan pedet berikan vitamin ATP yang seperti Biodin atau Biosan.

Nah, untuk membantu mempercepat penyembuhan boleh anda bantu dengan jamu jamuan seoeri kunyit, jahe dan gula merah. Berikan dengan air hangat.

Kesimpulan :
Batuk pada pedet bisa sembuh sendiri jika batuk tersebut disebabkan oleh debu atau serbuk kecil yang terhirup oleh pedet. Tetapi jika dalam waktu 1 Minggu batuk tidak sembuh segera lakukan Pengobatan Pneumonia.
Pedet Sesak Parah Terpaksa Di IV (intra vena)

sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Mengobati Batuk Pada Pedet"