Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet

Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet 

Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet- hanya dengan beberapa obat tradisional. Pedet umur di bawah satu bulan, masih seperti manusia atau ternak monogastrik artinya lambungnya masih cuma 1 yang berfungsi. Sehingga menggunakan obat untuk manusia juga bisa mengobati penyakit pencernaan pada pedet. Dalam hal ini termasuk penyakit mencret atau diare.

Pemeliharaan pedet memang sangat kompleks mulai dari perawatan sampai penangan penyakit, dimana Mencret adalah salah satu penyakit yang sering menyerang pedet. 

Berikut beberapa Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet

1. Daun Jambu
Daun jambu atau pucuk daun jambu sering digunakan manusia untuk mengobati sakit perut juga diare. 

Nah pada pedet dibawah 1 bulan ternyata ini juga bisa mengobati penyakit mencret atau diare. Ini sudah di buktikan admin dengan memberikan pucuk jambu diare pada beberapa pedet di kandang I cow Farm sembuh total. 

Cara pembuatan : 
  • Ambil beberapa pucuk jambu dan di cuci terlebih dahulu
  • Setelah bersih tumbuk atau haluskan pucuk jambunya
  • Lalu peras airnya
  • Perasan air pucuk jambu tadi di cekokkin pada pedet yang mencret atau diare. 
  • Cara cekokkin bisa menggunakan spuid besar atau pakai botol bekas minuman
  • Dosis per ekor pedet biasa kami buat 50 ml/ ekor sapi.
2. Kunyit 
Sama seperti daun jambu kunyit juga sering digunakan manusia sebagai obat sakit perut atau diare. 

Untuk pedet ternyata juga berfungsi. Bisa mengatasi Mencret atau diare pada Pedet.

Cara pembuatan juga hampir sama dengan pucuk jambu tadi dengan menghaluskan terlebih dahulu dan air kunyit nya di peras.
Dosis yang diberikan juga sama yaitu 50 ml / ekor sapi.

3. Oralit 
Oralit berfungsi untuk mengikat cairan di dalam tubuh. Baik untuk manusia begitu juga untuk Pedet. 

Nah jika oralit susah di cari, karena sekarang oralit yang dijual kebanyakan pakai rasa buah, yang kurang di sukai pedet. Buatlah oralit sendiri dengan menggunakan garam dan gula.

Perbandingan antara garam dan gula pasir adalah 2:1 (2 garam 1gula). Untuk pembuatan satu liter air cukup dengan 2 sendok makan garam dan 1 sendok makan gula pasir.

Selalu gunakan air hangat disaat pemberian kepada pedet.

4. Norit atau Obat Hitam
Mencret atau diare pada pedet juga bisa diobati dengan norit. 

Norit ini adalah obat hitam yang digunakan manusia disaat diare. Sekarang bahkan sudah tersedia di minimarket atau apotek. 

Cara penggunaan untuk pedet sangat mudah tinggal hitung bobot badannya dan samakan dengan penggunaan yang dilakukan untuk manusia. Contoh bobot pedet 60 kg sudah setara dengan bobot manusia dewasa, sehingga dosis yang digunakan ya sama seperti dosis untuk manusia dewasa.

Nah itulah tadi Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet yang bisa anda coba sendiri untuk ternak anda. 

Boleh pilih salah satu cara terlebih dahulu ya, jika tidak ada perubahan bisa dilakukan dengan cara yang lain. Kalau admin biasa gunakan adalah pucuk jambu. 

Selamat mencoba!! 
sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

2 comments for "Cara Mudah Mengatasi Mencret Pada Pedet "

  1. Thks admin..utk pedet yg diberi susu bubuk terkadang mencret.. kalau dlm keadaan yg sudah demikian / gawat tindakan apa yg harus segera tuk menolongnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada saat pedet mencret dan masih kuat minum, coba kasih analgesik saja dahulu seperti sulfidon. Jika keadaan parah tidak mau minum dan mata sudah cekung atau masuk kedalam berarti sapi sudah dehidrasi parah, sehingga butuh cairan. Lebih baik langsung di infus..
      Semoga membantu

      Delete