Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zoom Versi Terbaru Ramah Disablitas

Zoom Versi Terbaru Ramah Disablitas

Zoom Versi Terbaru Ramah Disablitas — Penyedia layanan video conference telah meluncurkan versi terbarunya yang dianggap kian ramah bagi para penyandang disabilatas. Banyak kemudahan yang diberikan oleh developer Zoom untuk para pengguna aplikasi ini dengan kebutuhan khusus. Hal ini tentunya memiliki tujuan agar aplikasi Zoom dapat dioperasikan lebih mudah bagi para penyandang disabilitas.

Kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi Zoom yang kini semakin banyak digunakan bagi di bidang pendindikan dan juga pekerjaan, bisa Anda rasakan pada versi terbarunya. Apalagi tidak hanya sekolah biasa yang turut merasakan dampak dari penyebaran virus covid-19, tapi juga Sekolah Luar Biasa (SLB) turut melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Tentunya dalam kegiatan belajar mengajar siswa SLB sangatlah sulit.

Zoom Versi Terbaru Ramah Disablitas


Anda tentunya pun sering menemui kendala dalam membantu anak-anak dalam proses belajar mengajar secara daring, apalagi bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Interaksi antara siswa SLB dengan guru juga sangat sulit dalam penyampaian materi agar dapat diterima. Oleh sebab itu, penembang dari komunikasi video Zoom meluncurkan versi terbarunya agar dapat membantu proses belajar mengajar jarak jauh bagi disabilitas.

Zoom versi terbaru yang disebutkan memiliki peranan bagi kemudahan dalam proses belajar mengajar, serta pekerja dengan kebutuhan khusus ini hadir dengan fitur-fitur yang diharapkan dapat membantu dalam kelancaran belajar dan bekerja dari rumah. Hal ini diharapkan mampu mendukung para penyandang disabilitas agar mampu mengikuti kegiatan belajar dan mengajar secara daring. 

Berikut ini fitur-fitur terbaru dari aplikasi komunikasi video Zoom.

Fitur Pinned Video

Ini merupakan fitur utama yang diperkenalkan oleh pihak developer Zoom dalam memperkenalkan versi terbarunya yang memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas. Fitur pinned video diharapkan dapat mempermudahkan proses belajar dan mengajar siswa berkebutuhan khusus. Melalui aplikasi Zoom yang kini kian mendukung para pengajarnya agar dapat menyampaikan materi kepada para siswa SLB. 

Para siswa SLB pun diharapkan dapat mudah mengikuti proses belajar dengan fitur pinned video pada aplikasi Zoom versi terbaru. Di mana fitur pinned video ini dapat dimanfaatkan oleh siswa SLB yang juga bisa turut dibimbing oleh orang tua untuk menandai beberapa video sekaligus agar ditempatkan pada layar utama. Anda dapat memanfaatkan fitur terbaru dari Zoom ini untuk menempatkan video partisipan yang dianggap sebagai prioritas.

Terutama bagi para penyandang disabilitas yang membutuhkan partisipan dengan menggunakan bahasa isyarat. Melalui fitur pinned video, siswa berkebutuhan khusus dapat memprioritaskan dalam menampilkan video partisipan yang memiliki peranan dalam menerjemahkan bahasa isyarat selama proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga, siswa berkebutuhan khusus dapat enerima materi dengan baik.

Fitur Host Terbaru

Sebagai aplikasi video conference yang sangat mendukung penerapan belajar secara daring selama masa pandemi, Zoom versi terbaru hadir dengan fitur host yang telah diperbarui. Fitur host terbaru ini diharapkan dapat membantu para pemilik kebutuhan khusus agar dapat mengikuti kegiatan belajar dan mengajar secara lebih efektif. Sebab, siswa SLB sangat berbeda dengan siswa biasa saat menjalani proses belajar secara daring.

Setiap anak memiliki kondisi mood belajar yang berbeda-beda, apalagi jika siswa tersebut penyandang disabilitas. Melalui fitur host terbaru ini, diharapkan siswa disabilitas dapat lebih semangat dalam belajar secara daring, sebab dengan pembaruan yang diberikan oleh developer Zoom dapat menampilkan layout dapat diubah dengan ukuran yang lebih kecil. Di mana fitur host terbaru ini dapat memunculkan 9 peserta dalam 1 frame sekaligus.

Fitur host terbaru dari aplikasi Zoom ini diharapkan dapat meningkatkan mood belajar dari para penyandang disabilitas. Anak-anak memang lebih menyukai belajar tatap muka langsung dibandingkan secara daring dan host akan memunculkan suasana itu. Anda dapat memanfaatkan 9 peserta di dalam 1 frame sekaligus untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, layaknya belajar di sekolah dengan teman-teman. 

Fitur Layout Terbaru

Selain fitur host yang mendapatkan sentuhan pembaruan, Zoom versi terbaru juga melakukan pembaruan terhadap fitur layout yang dapat memberikan focus terhadap penyandang disabilitas. Siswa berkebutuhan khusus tentunya memiliki suatu keterbatasan dalam menyimak, dan inilah yang menggerakkan developer Zoom untuk memperbarui fitur layout agar lebih ramah terhapad penyandang disabilitas.

Di mana ketika proses pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi Zoom yang kini semakin ramah bagi penyandang disabilitas, dengan kehadiran fitur layout terbaru. Fitur ini memberikan fokus yang lebih, ketika ada partisipan yang dipersilakan berbicara oleh moderator, maka secara otomatis kolom video partisipan tersebut tampil pada layar utama. Di sini peranan orang tua pun turut untuk membimbing siswa SLB.

Zoom versi terbaru dengan layout seperti ini harus bisa dikendalikan agar ketika guru menerangkan materi, sebaiknya lakukan mute pada microfon siswa sebelum diminta untuk mengajukan pertanyaan. Agar tidak saling bertabrakan ketika proses belajar sedang berlangsung. Selain itu, guru sebagai penyampai materi dapat tampil di layar utama untuk mengarahkan pemberian materi yang dapat dipahami siswa SLB melali aplikasi Zoom.

Fitur Pintasan Keyboard Virtual

Siswa berkebutuhan khusus tentunya kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi Zoom jika memerlukan banyak perangkat keras tambahan. Oleh karenanya, developer Zoom kini membekali aplikasi versi terbaru yang begitu memudahkan penyandang disabilitas untuk mengetik. Terdapat fitur pintasan keyboard virtual yang akan memudahkan para pemilik kebutuhan khusus dalam mengopersikan Zoom saat proses belajar mengajar berlangsung.

Zoom versi terbaru dengan fitur pintasan keyboard virtual akan membantu para siswa berkebutuhan khusus untuk mengetik, tanpa perlu perangkat keras tambahan. Sehingga, orang tua pun kini dapat dengan mudah membimbing anaknya ketika belajar dari rumah melalui aplikasi Zoom. Fitur terbaru ini tentunya akan sangat dirasakan kemudahannya bagi pengguna aplikasi Zoom melalui smartphone.

Fitur Trankripsi Instan

Pemilik kebutuhan khusus yang mengalami kesulitan dalam mendengar pun memberi perhatian kepada developer Zoom untuk melakukan pengembangan terhadap aplikasi yang kini turut memberikan kemudahan selama masa pandemi untuk belajar dan bekerja. Developer Zoom menghadirkan fitur tambahan berupa transkrip instan yang sangat berguna bagi penggunanya dengan kebatasan pendengaran.

Zoom versi terbaru dengan fitur transkrip instan dapat menyajikan teks secara instan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga, guru dan siswa SLB akan sangat terbantu dalam proses pembelajaran secara daring. Tidak hanya suara dan gerakan isyarat yang disampaikan saat Zoom berlangsung, tapi juga teks akan muncul secara instan, layaknya subtitle ketika menonton sebuah tayangan. 

Fitur Tambahan pada Opsi

Penyandang disabilitas tentu memiliki keterbatasan yang berbeda-beda, dan Zoom turut memberikan kemudahan dalam fitur tambahan pada opsi yang menyesuaikan kebutuhan para penyandang disabilitas. Melalui opsi tambahan, pengguna dengan kebutuhan khusus dapat mengubah pembicaraan yang sedang berlangsung menjadi sebuah teks, transkrip instan, atau juga melalui aplikasi pihak ke 3 yang mendukung untuk aplikasi Zoom terbaru.

Zoom versi terbaru kini lebih ramah bagi penyandang disabilitas, dan tetnunya ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar para siswa SLB. Peranan guru dan orang tua tidak luput dalam kelangsungan proses belajar secara daring dengan aplikasi Zoom, terutama jika siswa tersebut memiliki kebutuhan khusus. Belajar melalui aplikasi Zoom juga diharapkan dapat meningkatkan mood belajar yang baik untuk siswa didik selama masa pandemi.

sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Zoom Versi Terbaru Ramah Disablitas"