Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segitiga Peternakan Pondasi Beternak

Segitiga Peternakan Pondasi Beternak Untuk Semua Jenis Ternak

Segitiga Peternakan adalah tiga kunci utama penunjang keberhasilan peternakan yakni Breeding ( Bibit), Feed (Pakan), dan Management (Perawatan). Ketiga poin tersebut memiliki peran masing masing yang mempengaruhi keberhasilan peternakan. 

Penelitian tentang tiga pilar Segitiga Peternakan ini sudah di lakukan pada Peternakan Sapi Perah oleh Universitas Brawijaya dan di posting di internet melalui eJournal.unib.ac.id, pengaruh segitiga peternakan sebanyak 86 % mempengaruhi keberhasilan, sedangkan 14% adalah faktor lain seperti lingkungan,cuaca dan lain lain.

Konsep Segitiga Peternakan

Segitiga Peternakan

Segitiga Peternakan Pondasi Beternak.
Kenapa admin sampaikan sebagai Pondasi?
Karena tiga pilar dalam segitiga Peternakan Tersebut sebagai dasar memulainya usaha peternakan. Layaknya sebuah bangunan jika pondasi kuat maka bangunan tersebut juga akan kuat.

Lalu kenapa gambar dari segitiga Peternakan adalah segitiga sama sisi?

Karena fungsi dari ketiga pilar Segitiga Peternakan itu sama. Persis seperti segitiga sama sisi tersebut. Yang artinya, ketiga pilar tersebut harus diperhatikan agar bisa berhasil maksimal.

3 pilar segitiga peternakan

1. Breeding (Bibit)

Dalam menjalankan usaha peternakan masih banyak peternak yang tidak memperhatikan kualitas bibit. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya modal atau bisa juga karena belum tau memilih bibit yang berkualitas. Tetapi dari kedua hal tersebut lebih yang lebih sering terjadi adalah kurangnya modal atau ingin berhemat. 

Padahal dengan bibit yang kurang bagus atau jelek, pastinya akan mempengaruhi hasil. Walaupun dengan perawatan yang tepat, dan menggunakan pakan yang bagus tetap saja hasilnya tidak akan memuaskan. Bahkan bisa saja mengalami kerugian karena mahalnya biaya pakan tidak sesuai dengan pertumbuhan ternak yang di pelihara. 

Agar lebih mudah memahami admin akan buatkan ilustrasi seperti ini :
Seorang peternak sapi membeli bakalan sapi jenis PO dengan tinggi 1 meter di umur 11 bulan. Dengan harapan bisa mencapai ADG (pertambahan bobot Harian) bisa mencapai 1.2 kg peternak tersebut memberikan konsentrat yang bagus dengan harga Rp. 4000/kg dan jumlah pemberian setiap hari mencapai  4 kg, berarti untuk biaya konsentrat saja sudah habis Rp. 16.000/ hari. Ditambah dengan biaya karyawan Rp. 5000/ hari dan biaya rumput Rp. 1000/hari. Sehingga total biaya yang sudah di habis kan setiap hari adalah Rp. 22.000/ hari. Ternyata setelah di evaluasi, pertumbuhan bobot harian hanya mencapai 0.5 Kg dengan harga pasaran/ kg Rp.40.000 maka hasil yang di dapat setiap hari hanya Rp.20.000. Nah dari kasus di atas, sudah bisa dipastikan peternak akan merugi.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pengaruh kualitas bibit sangat berpengaruh terhadap keberhasilan.

2. Feed (Pakan)

Setiap usaha peternakan pastinya membutuhkan pakan untuk keberlangsungan kehidupan ternak. Akan tetapi masih banyak peternak yang terlalu perhitungan terhadap kualitas pakan. 

Setiap ternak membutuhkan nutrisi yang  berbeda bahkan dari jenis ternak yang sama. Bahkan dari segi umur juga akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi ternak tersebut.

Sehingga mari memilih pakan yang sesuai dengan kebutuhan ternak, jangan berdasarkan isi kantong. Lebih bagus memelihara jumlah ternak yang sedikit tetapi nutrisi dan jumlahnya terpenuhi. Daripada memelihara banyak ternak tetapi malah memberikan pakan yang tidak berkualitas.

Karena dengan pakan yang tidak bagus maka harapan mendapatkan ADG yang baik setiap harinya pasti tidak akan tercapai.

3. Management ( Perawatan)

Setiap ternak juga butuh manajemen yang berbeda, sama halnya seperti pakan tadi bahkan di umur yang berbeda manajemen 
Juga berbeda. 

Lakukanlah manajemen sesuai kebutuhan ternak anda agar hasil optimal. Karena dengan manajemen atau perawatan yang kurang bagus dengan pakan dan bibit yang bagus sekalipun hasil tidak akan maksimal. Bahkan bisa saja merugi, jika terjadi mortalitas tinggi misalnya.

Kesimpulan :
Segitiga Peternakan dengan Tiga pilar yaitu Breeding, Feed, dan Management. Ketiganya diibaratkan dengan segitiga sama sisi yang mengandung fungsi sama pentingnya dalam bidang peternakan. LAKUKAN DAN JALANKAN pasti akan bermanfaat bagi peternakan anda. 









 
sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Segitiga Peternakan Pondasi Beternak"