Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler Yang Tidak Ada di Buku

Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler Yang Tidak Ada di Buku Namun Perlu Anda Ketahui

Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler Yang Tidak Ada di Buku- Namun bisa mempengaruhi hasil panen sahabat diatei, dalam beternak ayam broiler.

Admin yakin, setiap anda Peternak ayam broiler sudah pernah mengalami kerugian dalam menjalankan usaha ayam broiler ini. Nah, pada saat anda mengalami kegagalan tersebut pastinya akan ada evaluasi, apa yang salah, apakah manajemen apakah sapronak, ataukah proses panen yang terlalu lambat?? Semua pertanyaan ini mungkin akan muncul di benak anda.

Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler Yang Tidak Ada di Buku


Semua yang ada dalam pertanyaan di benak anda tadi, sejatinya sudah banyak buku yang membahas. Bahkan video dari YouTube atau artikel dari dari blog sudah sangat banyak. 

Lalu apa sih sebenarnya isi dari artikel ini? Kok malah di buku tidak ada dibahas?

Kunci keberhasilan yang tidak pernah di bahas dalam buku.

1. Perhatian Khusus

Perhatian khusus ini bisa termasuk juga untuk memperhatikan manajemen. Akan tetapi ada hal lain yang tidak anda sadari sebenarnya, jika dalam mengerjakan pekerjaan anda selalu berkomunikasi dengan ayam anda pastinya hasil akan lebih baik. Karena sebenarnya ayam Broiler atau ternak lain mengerti dengan bahasa anda, hanya saja tidak dapat mengucapkannya kepada anda. 

Oleh karena itu, mulailah berikan perhatian lebih kasih sayang juga pastinya dengan mengajak ayam anda berbicara pada saat mengerjakan pekerjaan di dalam kandang. Perhatikan hasilnya nanti pasti akan ada perbedaan. Tentunya SOP tetap di jalankan, karena dengan SOP yang jelek tidak akan ada hasil. Lagian jika SOP tidak dijalankan dimana coba bentuk perhatiannya? 

Sebagai contoh yang dapat admin berikan, coba anda perhatikan ternak ayam yang di urus sendiri oleh pemilik ternak, selalu hasilnya lebih bagus jika di bandingkan dengan menggunakan tenaga karyawan (pekerja). Ini ilmu pastinya.

2. Ketulusan Hati

Jika anda beternak ayam Broiler, mulailah untuk bersikap jujur, dan tulus dalam pengerjaan usaha ini. Karena sampai saat ini, misteri tentang masalah ini belum terpecahkan. 

Yang admin maksudkan disini adalah jangan pernah berfikir untuk bermain curang dalam beternak ayam Broiler. Hal ini admin sampaikan kepada peternak yang ikut bermitra dengan perusahaan. Coba anda perhatikan teman-teman anda yang berprofesi serupa dengan anda selalu bermain curang mulai dari menambah bibit (sering disebut anak kos), atau bahkan berniat menjual ayam keluar dari perusahaan, pastinya tidak ada keberhasilannya. Kenapa demikian? Karena jika anda memiliki fikiran negatif tadi yakin lah ayam Broiler anda pasti performance nya jelek. Hal ini disebabkan tidak ada kepuasan dalam diri peternak tersebut, sehingga penanganan SOP Juga sudah dipastikan tidak berjalan dengan baik. Ya hasilnya pasti nol besar.

3. Usahakan selalu bahagia 

Mungkin semua usaha memerlukan hati yang bahagia pada saat mengerjakan pekerjaannya. 

Tetapi ini sangat misterius dalam pemeliharaan ayam broiler, dimana sudah banyak kasus terjadi hanya karena peternak yang hatinya lagi gundah masuk ke kandang untuk dan merawat ayam, dalam beberapa hari ayam nya sakit. 

Contoh, pemilik ternak atau pemilik kandang lagi bertengkar keras dengan istrinya, dengan hati yang panas masuk ke dalam kandang melanjutkan aktifitas. Eh beberapa hari kemudian ayamnya sakit. Padahal jika dilihat dari manajemen seperti Litter yang selalu bersih, pemanas yang selalu mantap tidak mungkin ayamnya sakit. Jadi admin simpulkan situasi hati anda yang harus dijaga, agar selalu senang sebelum memasuki kandang.

Coba anda ingat ingat kembali, manatau pada saat anda gagal panen, manatau dalam periode Pemeliharaan anda bertengkar dengan istri atau sama yang lain yang menjadikan hati anda tidak nyaman masuk ke kandang. Jika itu memang ada berarti anda pasti yakin terhadap apa yang admin sampaikan. 

Nah, itu tadi 3  poin yang harus anda pertimbangkan untuk dijalankan. Memang seperti wejangan banyak petinggi perusahaan per Ayam an , Hati Peternak Harus Putih Seputih Bulu ayam Broiler.

Materi ini admin pelajari selama bekerja sebagai Technical support di PT alam terang mandiri ( kemitraan Charoen Pokphand) selama 6 tahun. Bisa dibilang ini salah satu riset secara tidak langsung admin karena di riset sekaligus sambil bekerja. Semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya.



sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Kunci Sukses Beternak Ayam Broiler Yang Tidak Ada di Buku"