Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Jahe Merah Agar Hasil Melimpah

Cara Menanam Jahe Merah Agar Hasil Melimpah Untuk Pemula



Cara menanam Jahe Merah Agar Hasil Melimpah- sebenarnya sangat mudah, dan sangat bisa di lakukan hanya dengan mengikuti tutorial dari artikel atau video.

Jahe merah adalah tanaman yang hampir sama dengan lengkuas, jahe dan kunyit. Hanya saja jahe merah memiliki ciri-ciri yang sangat khas yaitu kulit yang berwarna merah. Sementara dari rasa jahe merah cenderung lebih pedas jika di bandingkan dengan jahe biasa.

Gambar : Medan.tribunnews.com

Jahe merah banyak digunakan untuk bumbu masak, selain itu manfaat lain dari jahe merah adalah untuk obat herbal untuk beberapa penyakit seperti  batuk, menurunkan kolesterol, Sakit kepala, Reumatik, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. 

Berikut Diatei rincikan Cara Menanam Jahe Merah Untuk Pemula

1. Persiapan Lahan ( Media Tanam)

Media tanam di persiapkan dengan matang dengan cara membajak dan menggemburkan tanah. Buatlah lubang sedalam 20 cm menggunakan cangkul, setelah itu masukkan kompos atau kohe. Jumlah kompos per 1 Ha adalah 2500 karung (7500 kg)
Sementara untuk jarak antara baris Jahe Merah adalah 70-75 Cm.

Kompos yang sudah ditaburi kedalam lubang tadi didiamkan selama 2 Minggu. 

2. Pemilihan dan Persiapan Bibit

Bibit Jahe Merah yang bagus adalah yang memiliki umur yang cukup yaitu 9-10 bulan, dan Jahe Merah yang akan dijadikan bibit tidak terserang penyakit.

Untuk pengolahan bibit, setelah di dilakukan pemotongan dengan cara mematahkan Jahe menjadi beberapa bagian. Sehingga dari 1 pokok jahe bisa menjadi 10-20 bibit.

Setelah dipotong simpan di tempat kering dan teduh, sampai tunas muncul. 

Kebutuhan Bibit untuk 1 Ha lahan adalah 2000-2500 Kg, tergantung kualitas Jahe Merahnya. 

3. Cara Menanam 

Masukkan bibit kedalam media tanam dengan jarak 20-25 cm. Jangan sampai terbalik ya, perhatikan tunas barunya harus berada dibagian atas. 

Lalu setelah di susun rapi di dalam media tutup kembali mengunakan tanah. Perlu diperhatikan dalam proses penutupan jangan terlalu padat ya, agar tunas lebih mudah muncul ke permukaan.

4. Cara Perawatan Jahe Merah

Perawatan jahe merah mulai dari masa penanaman sampai panen akan diatei bahas satu persatu seperti di bawah ini : 

👉Pemupukan pertama akan di lakukan pada umur jahe 1-1.5 bulan tergantung pertumbuhan Jahe merah nya, jika sudah semua muncul ke permukaan sudah bisa di lakukan pemupukan pertama dengan menggunakan pupuk kimia:
  • Urea 25 sak (1250 kg)
  • ZA 25 sak (1250 kg)
  • Ponska Plus 25 sak ( 625 kg)
  • Mutiara 625 kg
👉Setelah 2 Minggu kemudian lakukan pemupukan kembali dengan menggunakan pupuk kandang atau Kompos jumlahnya sama dengan yang dilakukan pada saat sebelum penanaman yaitu 2500 sak/ Ha.

👉 Pemupukan terakhir dilakukan pada umur Jahe merah 3 bulan dengan menggunakan pupuk kimia, seperti di bawah ini: 
  • ZA 25 sak (1250 kg)
  • Ponska Plus 625 kg
  • Mutiara 25 sak (1250 kg)
  • Hydro complete 25 sak (1250 kg)
Nah, untuk pemupukan cukup 3 kali saja. 

Sedangkan untuk penyemprotan dilakukan setiap 2 Minggu sekali Maulani dari umur 1 bulan atau mulai Jahenya muncul ke permukaan (tumbuh). Untuk hasil yang lebih bagus lakukan penyemprotan 3 hari setelah  melakukan pemupukan pertama, fungsinya agar pupuk tersebut cepat terserap.

Obat yang digunakan seperti di bawah ini :
  • Amistar top , digunakan untuk obat hawar daun
  • AdaMas plus (pupuk cair) perangsang pertumbuhan, untuk dosis bisa di lihat di kemasan obat.
Cara Menanam Jahe Merah Agar Hasil Melimpah


Selama perawatan Jahe merah penyiangan gulma tetap dilakukan setiap 3 Minggu sekali atau tergantung keadaan intinya, jangan sampai gulma bertumbuh dengan subur pada tanaman jahe anda.

5. Masa Panen

Masa panen yang ideal untuk jahe merah adalah umur 6 bulan. Tujuannya agar  Jahe Merahnya padat dan berat. Akan tetapi jika digunakan untuk obat, umur 3-4 bulan juga sudah bisa di manfaatkan.

Sementara untuk dijadikan bibit, umur Jahe merah Minimal 9 bulan, dan untuk hasil yang lebih bagus umur Jahe merah 10 bulan.




sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Cara Menanam Jahe Merah Agar Hasil Melimpah"