Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Tepat Memilih Hard Disk Eksternal

7 Cara Tepat Memilih Hard Disk Eksternal

7 Cara Tepat Memilih Hard Disk Eksternal — Anda yang memiliki kebutuhan yang lebih dalam penyimpanan data, tentunya akan sangat membutuhkan perangkat keras tambahan. Perangkat ini berupa hard disk eksternal yang dapat berfungsi untuk menyimpan data, selain di laptop. Kemunculan perangkat keras yang dipergunakan untuk menyimpan data ini sangat membantu, selain daripada flash disk yang muatannya tidak sebanding dengan hard disk.

Memilih Hard Disk Eksternal


Flash disk memiliki kapasitas menyimpanan data sebesar 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB. Namun, untuk hard disk memiliki pilihan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar jika dibandingkan dengan perangkat keras flash disk. Hal ini menjadi salah satu alas an, hard disk lebih disarankan untuk Anda yang memiliki kebutuhan data berkapasitas besar. Di pasaran pun sudah banyak jenis hard disk yang dapat dipilih.

Namun, tahukah Anda ternyata membeli hard disk pun tidak boleh sembarangan? Tidak hanya berdasarkan kapasitas yang besar saja, dan yang pasti menyangkut soal dana yang yang dimiliki. Semakin besar kapasitas hard disk yang Anda butuhkan, itu artinya juga butuh uang yang lebih mahal untuk membelinya. 

Ada pun 7 cara memilih hard disk eksternal agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, Diatei rincikan seperti berikut :

 1.Pilih Kapasitas Hard Disk yang Tepat

Hal utama yang menjadi pertimbangan ketika Anda akan membeli perangkat keras untuk menyimpan data, tentunya ialah kapasitas yang dimiliki hard disk itu sendiri. Anda harus menyesuaikan kebutuhan penyimpanan data yang akan digunakan dengan hard disk eksternal. Berbagai kapasitas ditawarkan dalam perangkat keras eksternal yang dapat menyimpan berbagai keperluan data Anda, mulai dari 500 GB hingga 2 TB.

Apabila Anda memilih hard disk eksternal hanya untuk menyimpan data berupa file-file pendukung belajar, maka hard disk berkapasitas 500 GB atau 1 TB cocok untuk memenuhi kebutuhan itu. Namun, jika Anda memerlukan hard disk eksternal untuk keperluan menyimpat foto, video, dan berbagai film atau jenis pekerjaan yang memang membutuhkan ruang penyimpanan data besar, maka kapasitas yang cocok ialah 1 TB hingga 2 TB.

Harga untuk hardisk eksternal dengan kapasitas 500 GB biasanya dibandrol mulai dari 500 ribu rupiah. Jika Anda berminat membeli hard disk dengan kapasitas 1 TB harganya tidak terlalu berbeda, yakni berkisar antara 700 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Apabila penyimpanan yang diharapkan lebih besar yakni hard disk berkapasitas 2 TB, maka Anda perlu menyiapkan dana berkisar antara 1 juta rupiah hingga 1.5 juta rupiah.

2.Perhatikan Kecepatan Rotasi Hard Disk

Hal yang sangat jarang diperhatikan oleh calon pembeli hard disk ialah memperhatikan kecepatan rotasi hard dist itu sendiri. Setiap hard disk tidak hanya menampilkan kapasitas yang dimilikinya saja, melainkan juga kecepatan rotasi yang ditampilkan dalam satuan revolusi per menit (RPM). Anda pun harus memperhatikan RPM yang ditawarkan oleh hard disk eksternal untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data.

Apabila Anda memilih hard disk eksternal yang digunakan untuk menyimpan data berupa file-file kantor atau sekolah, maka 5400 RPM cukup untuk mencapai kecepatan tersebut. Namun, jika kebutuhan penyimpanan data untuk  game, edit foto dan video, serta keperluan desain grafis, maka kecepatan rotasi hard disk yang sesuai yakni  7200 RPM hingga 10000 RPM. Semakin besar angka RPM, maka kemampuan proses data pun semakin cepat.

3.Perhatikan Aspek Cache Size Hard Disk

Anda pun dituntut untuk memprhatikan aspek cache size pada hard disk sebelum membelinya. Layaknya sebuah penyimpanan pada perangkat yang ada di komputer atau laptop, cache size hard disk juga memiliki peranan sebagai penyimpanan sementara, ketika digunakan untuk membaca dan menulis sebelum benar-benar disimpan secara permanen di dalam hard disk. Anda pun harus memperhatikan cache size hard disk eksternal.

Anda memilih hard disk eksternal yang dipergunakan sebagai server, maka akan disarankan memilih hard disk yang memiliki cache size besar. Sebab, hard disk yang digunakan secara terus-menerus akan lebih bagus jika memiliki cache size yang lebih besar. Apabila Anda membutuhkan hard disk sebagai media penyimpanan yang jarang digunakan, cache size yang standar bisa dipilih untuk menjadi pertimbangan ketika membeli hard disk. 

4.Kecepatan Transfer Data Hard Disk

Hal yang pasti menjadi pertimbangan untuk membeli hard disk eksternal ialah kecepatan transfer data dari hard disk itu sendiri. Normalnya kecepatan data yang dimiliki hard disk berkisar 100 MB/s hingga 200 MB/s. Apabila kecepatan transfer data dari suatu hard disk lebih rendah dari kecepatan normal tersebut, maka dapat dipastikan kemampuan transfer file sangat lambat dan tidak cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan penyimpanan data besar.

Anda sebaiknya memilih hard disk eksternal dengan jenis USB 3.0 atau USB 3.1 dengan kecepatan transfer data100 MB/s hingga 200 MB/s. Hal ini disebabkan jenis USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data yang lebih lemah. Kecepatan transfer data setiap hard disk dapat naik dan turun sewaktu-waktu, dan ini bersifat normal. Namun, USB 3.0 dan USB 3.1 lebih direkomedasikan untuk mendapatkan kecepatan transfer data hard disk stabil. 

5.Garansi Pembelian Hard Disk

Anda perlu mempetanyakan garansi yang menyertai produk hard disk eksternal yang akan dibeli. Pastikan memilih hard disk yang memiliki garansi yang memberlakukan penukaran ketika terjadi kerusakan karena pabrikan. Setiap merk hard disk memiliki masa berlaku garansi yang berbeda dan dapat digunakan untuk berbagai hal yang terkait dengan cacat produksi atau hard disk mengalami kerusakan manufacturing.

Memilih hard disk eksternal yang bergaransi perlu diperhatikan syarat dan ketentuan dalam klaim garansi. Sebab, jika kerusakan hard disk yag dialamai setelah pembelian, bukan karena kerusakan manufacturing klaim garansi tidak bisa diberlakukan. Misalnya saja, kerusakan hard disk yang Anda beli terjadi karena jatuh atau terkena air, maka Anda tidak bisa melakukan klaim garansi hard disk eksternal.

6.Rentang Hidup Hard Disk

Fakta mencengangkan ditunjukkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh BackBlaze sebuah perusahaan backup online yang melakukan penelitian terhadap rentan hidup sebuah perangkat keras penyimpanan data, hard disk ekstenal. Di mana hard disk hanya memiliki rentan hidup hanya berkisar antara 3 tahun hingga 5 tahun saja. Kemampuan yang dimiliki perangkat keras ini akan terus menurun hingga 80 persen.

Rentan hidup hard disk ini dapat ditandai dari berbagai hal, seperti kemampuan mentransfer data menjadi lambat, terjadi kemacetan, atau bahkan hingga menampilkan sebuah peringatan kerusakan. Hal ini harus Anda perhatikan ketika memilih hard disk eksternal jika ingin membeli dalam kondisi bekas. Pastikan rentang hidup hard disk belum mencapai tahun ke 2 atau tahun ke 3 untuk mendapatkan performa yang masih layak pakai. 

7.Dilengkapi Fitur Shockproof dan Waterproof

Hard disk ekternal memang sangat rentan mengalami kerusakan jika terjatuh atau bahkan terkena air. Kerusakan yang terjadi pada perangkat keras penyimpan data tambahan ini dapat menyebabkan Anda kehilangan semua data. Tentunya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada hard disk, bukan?

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih hard disk eksternal yang memiliki fitur shockproof yang dapat mencegah kerusakan ketika terjadi benturan. Selain itu, terdapat pula hard disk yang memiliki fitur waterproof yang dapat mencegah masuknya air ke dalam perangkat. Anda dapat membeli hard disk yang dilengkapi fitur shockproof dan waterproof.

sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for " 7 Cara Tepat Memilih Hard Disk Eksternal"