Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan

 Dunia Online - Dunia Maya semakin luas bahkan sekarang tidak sedikit orang yang lebih sering Aktif di Sosial Media ketimbang dunia nyata. Dari sinilah sebuah peluang untuk kita membangun Usaha Online yang dapat di jalankan dimana saja. Untuk menjalankan Bisnis Online dibutuhkan pastinya ada Alat untuk mengakses Internet seperti SmartPhone dan juga jaringan data untuk terhubung ke Internet.

Setiap orang dari yang mudah hingga yang tua sekarang sudah menggunakan Ponsel Pintar yang bisa dengan mudah terhubung ke Internet, bahkan banyak juga yang menggunakannya untuk berselancar di dunia maya (Sosial Media). Dari sini bisa kita bayangkan bagaimana Ramainya Sosial Media di masa depan, dan sekarang kesempatan untuk kita membangun dan mengembangkan Usaha Online untuk mendapatkan hasil di kemudian hari.

Bisnis Online 

Ada cukup banyak orang yang sudah bisa mendapatkan penghasilan lewat Internet dari yang untuk pekerjaan pokok atau hanya pekerjaan sampingan. Persaingan bisnis onlinepun semakin hari semakin meningkatdengan banyaknya orang yang mulai tertarik dan mencoba membuka Bisnis Online. Modal yang di butuhkan pun yang sering kita gunakan sehari-hari hanya sebuah SmartPhone dan Paket internet saja.

10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan


Peluang usaha yang besar ada di depan kita usaha yang cukup mudah di lakukan dan tidak perlu waktu yang khusus alias bisa di lakukan kapan saja. Hanya perlu duduk manis di depan SmartPhone, bisnispun akan tetap berjalan. Gunakan waktu Kosongmu dengan sebaik-baiknya, bangunlah usaha yang berhubungan dengan hobi kita agar saat kita menjalankannya akan lebih mudah.

Usaha Sampingan

Karna Usaha Online bisa kita lakukan kapan saja dan di mana saja, jadi tidak perlu waktu yang khusus dan kitapun juga bisa membagi waktu untuk melakukan pekerjaan pokok. Jika kita memiliki kerjaan fisik seperti karyawan atau seorang petani, juga bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin agar kerjaan utama tidak terganggu. Membangun usaha dari enol itu tidak mudah harus telaten dan harus rajin mengerjakannya. 

Ada cukup banyak Usaha online yang bisa kita jalankan yang tidak terlalu rumit atau mungkin malah yang bisa bikin pusing seperti progamer. Di tengah pandemi Covid 19 yang membuat semua aktivitas di haruskan di rumah saja dan tidak boleh berkelompok membuat kita harus benar-benar pandai mengambil celah dan memanfaatkan peluang untuk dapat menghasilkan uang walaupun cuma di rumah saja. Dan kali ini kita akan membahas 10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan yang bisa kalian lakukan dimana saja dan kapan saja.

1. Bisnis Dropship

Bisnis Online yang pertama yang bisa kita coba adalah Dropship. Bisnis yang hampir tidak mengeluarkan modal ini cukup mudah di lakukan untuk pelajar ataupun ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Bisnis Dropship merupakan pihak ketiga(dropshipper) yang akan memberikan jalan antara produsen dan pembeli. Bisnis seperti ini bisa di lakukan saat kita tidak mempunyai tempat ataupun modal yang cukup besar untuk membeli barang-barang yang akan di pasarkan. 

Tugas kita hanyalah menjual barang Produsen dengan harga yang berbeda dengan yang di tawarkan. Disini kita tidak perlu repot-repot mengemas dan mengirim barang karna kita hanya perlu duduk manis dan menjalankan kerjaan tersebut lewat Smartphone. Komisi yang kita dapatkan adalah seberapa besar harga yang kita tawarkan ke konsumen, jika produsen memberikan harga 50 kita bisa menawarkan 80 dan yang 30 itulah komisi yang kita dapatkan.

Bisnis dropship bisa kita cari di toko-toko Online seperti Lazada, Shopiee, Toko Pedia, Toko Bagus dan situs jual beli Lainnya. Dengan mengambil Foto produk dan menshare ke Sosial Media seperti Facebook, WhatsApp, Instagram atau yang lainnya untuk mendapatkan konsumen dan jika sudah ada pesanan kita langsung memesan ke Situs jual beli yang kita Share tadi, memberikan Alamat konsumen yang kita dapatkan, tanpa kemana-mana produkpun sudah sampai ke pembeli yang memesan ke kita tadi. Sangat mudah di lakukan.

2. Freelance

Mempunyai keahlian Berbahasa Inggris, Desainer Website, Desainer Grafis, Penulis, Fotografer, Editor Video atau keahlian sejenisnya tapi bingung untuk memasarkannya?

Bisnis selanjutanya ini bisa menjadi jawabannya. Karna disini kita akan membahas tentang penjualan ke ahlian lewat sebuah internet. Bisnis Freelance adalah bisnis bebas yang tidak terikat kontrak yang panjang, dengan kesepakatan dengan Clien untuk proyek yang akan kita kerjakan dan waktu penyelesaian.

Untuk memulai bisnis ini hal yang harus di perhatikan adalah koneksi internet yang stabil, karna saat sewaktu-waktu Clien akan memberikan arahan untuk proyek yang di kerjakan kita bisa langsung mengikutinya. Bisnis ini sangat bagus juga di gunakan untuk sampingan karna kita bisa mengatur waktu untuk mengerjakan proyek yang telah di sepakati. Kita juga harus benar-benar pandai memilih bidang yang tepat untuk skil yang di miliki.

Dalam perkerjaan Freelance kita bebas untuk menentukan waktu, tempat, lingkungan, bahkan pakaian yang kita kenakan tidak harus rapi. Freelancer bisa di sebut juga seorang bos untuk dirinya sendiri, walaupun bebas mengerjakan proyeknya tapi kita juga harus mempunyai komitmen dan propesional dalam berkerja seperti dapat menyelesaikan proyek tepat pada waktu yang telah di tentukan dan membuat clien puas akan pekerjaan kita.

3. Blogger

Punya hobi menulis atau sering menulis cerita di buku diary ? Sekarang saatnya beralih ke Internet agar hobi kalian bisa menjadi jalan untuk kesuksesan suatu saat nanti. Menjadi seorang Blogger adalah sebuah sarana untuk kita menyampaikan hal-hal yang telah kita pelajari lewat sebuah tulisan. Membangun Blog hingga berpenghasilan juga tidak sebentar butuh waktu bertahun-tahun dan telatenan untuk menulis dan Update artikel terus agar peringkat di google lebih baik dan pengunjung Blog juga akan meningkat dengan seiring berjalannya waktu.

Untuk mendapatkan hasil dari tulisan, juga bisa lewat Platfrom yang membayar setiap artikel, namun menulis di Platfrom itu tidaklah mudah sebelum menulis kita harus memahami Syarat dan ketentuan yang telah di buat agar tulisan yang kita kirim bisa di terbitkan dan komisi bisa kita dapatkan. Berbeda menulis di Blog kita sendiri semua yang telah di tulis pasti akan terbit.

Untuk mendapatkan hasil dari Blog bisa kita dapatkan dari mana saja mulai dari Iklan Google Adsense, Backlink, Banner iklan, atau promosi produk lainnya. Hal utama yang perlu di perhatiakan adalah Pengunjung Blog, jika blog kita sudah ramai dan sudah di kenal bayak orang, proses pemasaran iklanpun akan lebih mudah dan komisi akan kita dapatkan. Buatlah blog dengan kategori yang kita sukai agar lebih mudah saat menulis, kategori apapun itu yang penting jangan malas untuk menulis dan belajar agar blog yang kita kelola akan lebih cepat naik visitornya.

4. Bisnis Afiliansi

Jika kita memiliki sebuah Website atau Blog, bisnis selanjutnya ini sangat cocok untuk menambah penghasilan lewat blog kita. Bisnis Afiliansi berbeda dengan Dropship karna disini kita tidak ikut campur dalam penjualan produk, jika di dropship di bayar dari berapa besar harga yang kita lebihkan dari perusahaan, tapi di Afiliansi kita di bayar dari seberapa banyak Produk yang berhasil kita jual lewat link yang di pastekan di Website, Blog atau Sosial Media yang kita punya.

10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan yang ke Empat ini mempunyai peluang yang cukup besar untuk kita dengan Pengunjung Blog yang besar, saat kita mendaftarkan diri di perusahaan penyedia Afiliansi maka kita akan di berikan link khusus yang setiap orang membeli produk lewat link tersebut maka kita akan mendapatkan komisi yang di hitung langsung oleh perusahaannya dan kita pun hanya terima beres.

Disini kita tidak dapat mengontrol harga barang yang di berikan, tapi disini kita juga tidak mengeluarkan biaya sedikitpun dan resiko kerugian sangatlah rendah karna hanya Share link saja yang di lakukan. Bahkan jika ada pemesanan barang pun kita tidak akan mengurus barang tersebut, hanya akan dapat notifikasi jika link yang kita Share mendapatkan pelanggan. Semakin banyak link yang di Share maka akan semakin besar pula peluang yang di dapatkan. 

5. Membuka Kursus Online

Di era Covid 19 saat ini, pemerintah menganjurkan untuk belajar di rumah dan tidak di perbolehkan di tempat keramaian, sehingga mempunyai peluang besar untuk kita yang mempunyai keahlian atau pengetahuan yang luas. Dengan memanfaatkan jaringan internet, kita bisa menjadi guru di depan Laptop atau SmartPhone yang terhubung ke jaringan Internet. Membuka Kursus Online adalah profesi yang bisa kita pilih di musim pendemi seperti ini.

10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan


Pilihlah kategori sesuai dengan keahlian yang kita miliki agar semua yang di sampaikan bisa lebih jelas alurnya. Membuka Kursus Online harus memiliki waktu yang cukup untuk memberikan keterangan dan penjelasan. Propesional lah dalam berkerja agar setiap orang yang mendaftar di kursus kita bisa puas dan memberikan rekomendasi pada orang lain.

Untuk memulai bisnis ini kita bisa memanfaatkan platfrom seperti seperti Teachable dan Udemy  untuk memulai menjadi guru Online. Atau jika kita memiliki skil pada suatu bidang seperti pertanian, bisa juga membuat blog yang mengarah ke Kursus Online tersebut.

Cukup banyak orang yang mencoba bisnis ini dengan menjual video tutor atau langsung memberikan langganan pada setiap orang yang mendaftar.

6. Podcaster

Usaha Online yang memiliki konten suara ini sudah semakin ramai saja, bahkan sekarang sudah banyak perusahaan yang menawarkan Jasa Iklan di Podcast. Bahkan sekarang Radio mulai terasingkan karna Podcast memiliki kelebian yang cukup bagi para pendengar yang tidak terpotong banyak Iklan atau lagu-lagu didalamnya. Jika kita memiliki pengalaman dalam usaha juga bisa menceritakannya di posdcast.

Di Mancanegara seperti Amerika Serikat Podcast sudah sangat populer bahkan Radiopun sudah benar-benar terlupakan untuk sebagian besar orang, ini peluang usaha yang bagus untuk masa depan karna perlahan juga Podcast akan Populer di Indonesia. Tema yang di gunakan juga bisakita pilih seperti membahas tentang Spesifikasi, Cerita, Informasi dan juga Motivasi.

Untuk memulai bisnis ini hal pertama yang perlu di perhatiakan adalah Audio yang kita buat haruslah memiliki kualitas yang baik agar para pendengar bisa mendenganarkannya dengan lebih jelas. Pendengar adalah kunci utama untuk Podcast kita sudah bisa menghasilkan uang, Karna jika pendengar sudah cukup banyak akan lebih mudah untuk mempromosikan produk. Buatlah Audio sesuai Genre kita kemudian Unggah di Audio tersebut ke situs yang berkerja sama seperti Google Podcast, Soundclound, Spotify dan situs lainnya.

7. Admin Untuk Sosial Media Perusahaan

Usaha yang satu ini cukup menjanjikan jika kita berhasil membuat konsumen puas dengan hasil yang kita kerjakan seperti meningkatkan jumblah Followers dan Like, membuat konten yang menarik untuk di Posting dan berinteraksi baik dengan followers. Perkerjaan ini mungkin bisa di bilang full time karna saat ada berita tentang perusahaan kita harus langsung membuat konten yang menarik, tapi bisa dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama.

Untuk menjadi Admin Sosial Media Perusahaan kita harus memahami terlebih dahulu tentang produk perusahaan secara detail agar lebih mudah saat mengutipnya nanti. Belajarlah terlebih dahulu menggunakan bahasa yang sopan dan mudah di mengerti untuk berkomunikasi dengan Followers perusahaan.

Jika berminat bisa langsung menawarkan diri di perusahaan-perusahaan dengan cara Posting di Sosial Media atau Share di grup-grup yang terpercapaya. Akan lebih mudah lagi jika kita mempunyai bukti perkerjaan dengan Fortofolio yang menyangkut bidang Admin Sosial Media yang akan membuat perusahaan lebih mudah melihat hasil kerja kita.

8. Agen Bebas Bayar

Setiap orang pasti memiliki tunggakan untuk setiap kebutuhan hidupnya seperti pembayaran BPJS, PLN, Indihome atau yang lainnya untuk setiap bulannya. Di setiap Kota juga sudah ada tempat untuk membayar tunggakan tersebut. Tapi dengan Usaha Agen Bebas Bayar kita juga bisa menjadi tempat untuk membayar tunggakan tersebut. Usaha kali ini tak hanya membayar tunggakan bulanan saja tapi juga meliputi Pajak Kendaraan, TV berkabel, Transfer untuk semua bank, isi saldo Ewalet (Gopay, Ovo, Dana) dan pembelian Vocer game dan lainnya.

Menjadi Agen Bebas Bayar juga kita bisa membeli tiket Pesawat di semua Maskapai Domestik dan juga tiket kereta Api. Untuk bisnis kecil-kecilan juga bisa yaitu menjual pulsa dan paket data untuk semua Operator. Disini kita akan membuka loket pembayaran untuk mengembangkan Usah Agen Pulsa ini.

Untuk mendaftarkan diri menjadi Agen Bebas Bayar bisa lewat Facebook, Gmail, atau langsung lewat Aplikasi Bebas bayar yang bisa di download di Play Store. Verifikasinya pun juga cukup mudah tidak memerlukan data diri seperti KTP atau KK.

9. Influencer

Seleb Sosial Media, usaha online kali ini mengandalkan Followers karna tugas kita hanyalah mempromosikan produk dari perusahaan saja. Jika kita punya banyak  Followers di Sosial Media seperti Instagram, Youtube, halaman Facebokk atau Sosmed Lainnya bisa menawarkannya ke perusahaan untuk endors produk mereka. Usaha Online kali cukup mudah di lakukan karna hanya memainkan Sosial Media saja.

Influencer Marketing adalah setrategi pemasaran Online untuk mencapai target pasaran yang telah di tentukan. Semakin banyak jumblah followers akan semakin besar pula peluang penjualan dalam produk. Tapi perlu di ingat pilihlah produk sesuai kategori di Sosial Media kita agar penjualan lebih mudah tertarget. 

Jika punya sosial media dengan banyak followers bisnis ini bisa menjadi pilihan. Untuk mendapatkan penghasilan dari hobi kita bermain Sosmed, tapi jangan pernah sekali-kali membeli Followers karna yang di gunakan akun Palsu dan tidak ada Audiens yang akan membuat usaha drop.

10. Youtuber

Bisnis yang terahir adalah Youtuber bisnis kali ini sangat menjadi rekomendasi untuk kita yang suka mengabadikan moment-moment lewat sebuah Video dan mengedit untuk menambahkan kesan agar terlihat lebih menarik. Youtube juga bisa menjadi pilihan untuk menyimpan moment-moment tersebut dan kemudian hari bisa di lihat kembali. Jika kita suka hunting dan traveling saat cocok untuk sambil mengimbangi Bisnis Youtube ini.

Youtube adalah Sosial Media berbagi Video, jika kita sudah terkenal di youtube otomatis juga akan terkenal di dunia nyata. Bahkan jika kita memiliki skil menyanyi kemudian di Upload ke youtube bisa saja ada produser musik melihat bakat di dalam diri kita dan kemudian di rekrut untuk bernyayi di studio rekaman, sudah banyak yang seperti itu.

Sekarang ini tidak sedikit orang yang suka edit video dan membuatnya menjadi Snap di WhatsApp, tapi jika video di buat Snap WA setelah 24 Jam pasti pasti langsung menghilang dan Videopun tidak dapat di lihat kembali jika di galeripun juga sudah di hapus. Tapi jika di Upload di Youtube sampai kapanpun Video tersebut pasti tetap ada asal tetap ingat akunnya.

Jika kalian mempunyai hobi-hobi yang berhubungan dengan bisnis-binis di atas bisa mencobanya untuk mendapatkan uang dari sebuah hobi. Semua hal yang di lakukan karna semua hobi pasti akan lebih mudah karna semua berasal dari kemauan diri sendiri dan bukan paksaan. Kelima bisnis tersebut harus memerlukan kesabaran yang besar dan ketelatenan agar bisnis tetap berjalan. 

Itulah tadi 10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan yang bisa kita coba saat waktu kosong karna Usaha Online tersebut bisa di jalankan kapan saja dan di mana saja hanya asal ada jaringan Internet yang terhubung di SmartPhone kita. Jika mau memulai usaha kunci utama harus berani, berani dalam segala hal dan jangan pernah takut.


Selamat Mencoba



sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "10 Usaha Online Dengan Modal Minim Yang Menjanjikan Untuk Masa Depan"