iklan

Prospek Luar Biasa Bisnis Sapi | Harga Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah

 

Sapi Ongole sumbangan Presiden Jokowi  (dok.Biro Kesra Pemprov Sulut)

Prospek Luar biasa Bisnis ternak sapi memang bisa menghasilkan sampai ratusan juta rupiah itu bukan kabar burung belaka. 

Sudah banyak sapi yang laku terjual dengan Harga diatas ratusan juta. Seperti sapi dari peternakan Setya farm pemiliknya seorang mahasiswa di Jawa timur.

Coba sahabat diatei bayangkan, dengan modal kisaran 20 jt, bisa laku terjual sampai ratusan juta rupiah. Mencengangkan bukan? 

Namun perlu sahabat diatei ketahui, bahwa tidak semua sapi bisa di hargai dengan begitu mahalnya. Hanya sapi sapi unggul yang bobotnya di atas 1 ton, yang biasanya dihargai dengan harga fantastis tersebut.

Nah, bagi sahabat peternak sapi di seluruh Indonesia ini bisa dibuat sebagai motivasi. Untuk mengembangkan sistem dan manajemen peternakan sapi sahabat semuanya. 

Bagi sahabat yang berada di pulau Jawa sudah banyak melakukan modifikasi terhadap pemeliharaan ternak sapi, baik dari segi bibit ataupun Pakan. Sehingga pada masa hari raya haji contohnya beberapa pejabat negara termasuk presiden selalu menyumbangkan sapi kurban ke seluruh Indonesia yang selalu bersumber dari Jawa.

Seperti sapi sumbangan presiden untuk Sulawesi Utara berasal dari seorang peternak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Harga sapi Ongole yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia itu Rp.90.000.000. Tidak hanya itu di kutip dari kompas.com, ada 2 ekor sapi lainnya yang berasal dari Bantul dan 2 ekor dari Sleman harganya sama di angka Rp. 90.000.000. 

Prospek peternakan sapi sebenarnya tetap menguntungkan walaupun tidak di jual dengan harga fantastis tersebut. Dengan pemeliharaan sapi lokal saja pun masih terbilang sangat menguntungkan. Karena pakan ternak sapi sangat murah bahkan bisa memanfaatkan limbah pertanian saja.

Nah sahabat peternak, berikut akan diatei bahas cara agar ternak sapi sahabat semuanya bisa masuk nominasi harga mahal.

  1. Pilihlah Bibit Unggul

 Mengacu kepada segitiga peternakan, yaitu Pakan , Bibit dan Manajemen, sehingga pemilihan bibit juga akan menjadi acuan keberhasilan ternak sahabat. Sebagai gambaran saja jika bibit atau yang sering disebut dengan pedet anda hanya sapi lokal yang besar induknya hanya 400 kg sudah pasti mustahil bisa menghasilkan anak yang bisa mencapai 1 ton walaupun pakan yang sahabat gunakan sangat bagus. 
Di Indonesia sudah banyak kok sapi pedaging yang unggul seperti jenis Limosin, Simental, Ongole dan Brahman. Namun sahabat tetap harus teliti juga ya saat pemilihan bibit walaupun jenis nya sudah unggul, perlu sahabat perhatikan juga kualitas induknya begitu juga dengan sumber pejantannya. Kenapa hal ini penting? Karena tujuan awalnya kam untuk mendapatkan harga yang fantastis, sehingga kualitas harus di jaga dari awal.

     2. Pakan Yang Berkualitas

Pada dasarnya memang kebutuhan ternak sapi adalah serat, yang biasanya di dapatkan dari rumput. Akan tetapi dengan menambahkan pakan penguat yang biasa di sebut dengan konsentrat akan menambah kualitas daging dan mempercepat pertumbuhan. 

Pembuatan konsentrat ini tidak hanya berdasarkan nutrisi ya sahabat, tetapi perhatikan juga dari segi harga jangan sampai nanti biaya operasional menjadi sangat tinggi.

Selain itu sahabat boleh menggunakan rumput pilihan yang mengandung nutrisi baik seperti rumput odot dan pakchong. Akan lebih bagus jika sahabat bisa mendapatkan  rumput jenis leguminosa seperti Kaliandra, lamtoro, dan jerami kacang kacangan.

     3. Lakukan Promosi

Dunia luar mungkin belum mengetahui peternakan sahabat, oleh karena itu butuh promosi agar lebih banyak orang mengetahui peternakan sahabat.

Banyak cara yang dapat di lakukan untuk promosi di jaman modern ini, salah satunya promosi gratis di media sosial.

Penulis yakin semua sahabat diatei pastinya Sekarang memiliki media sosial seperti Facebook dan Twitter misalnya. Sahabat boleh berbagi cerita di sana dengan memposting kegiatan peternakan, dan perkembangan peternakan sahabat.
Boleh juga sahabat bergabung dengan komunitas peternak sapi di sana ada banyak komunitas tempat sahabat berbagi. Sehingga dengan demikian pasti akan banyak yang bertanya tentang lokasi sahabat bahkan akan bertanya juga tentang sapi sahabat. 

Nah dengan sahabat dikenal publik akan semakin besar kemungkinannya sapi anda akan dipilih untuk hari hari besar seperti hari raya Idul Adha misalnya. Sehingga makin besar peluang sahabat mendapatkan harga yang mahal untuk sapi anda.

   4. Ikuti Kontes

Sebenarnya dengan mengikuti kontes sapi secara tidak langsung sahabat diatei juga sedang melakukan promosi. Akan tetapi yang membedakan adalah sahabat berkesempatan mendapatkan hadiah dari hasil kontes tersebut. 

Hadiah dari kontes sapi juga sangat luar biasa lho. 

Kemudian pada saat sapi sahabat memenangkan kontes, siap siap Handphone sahabat akan sering berdering menerima tawaran dari berbagai pihak di luar sana. 

Disinilah kesempatan sahabat mendapatkan harga ratusan juta rupiah, karena yang dinilai dari sapi sahabat sekarang bukan lagi daging nya, akan tetapi penampilan nya. Luar biasa bukan? 

Semoga dengan membaca artikel ini sahabat peternak semuanya semakin semangat menjalankan usaha ternak sapi. 











 

sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Prospek Luar Biasa Bisnis Sapi | Harga Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel