Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis Beternak sapi Perah di Sumatera Utara

Peluang bisnis Beternak sapi Perah Di Sumatera Utara belum banyak di lirik oleh masyarakat peternak sapi. Kebanyakan bisnis peternakan sapi yang dijalankan di Sumatera Utara hanyalah sapi potong.

Di pulau Jawa bisnis sapi perah sudah menjamur, seperti daerah malang dan pasuruan di Jawa timur. Masyarakat di Jawa sudah familiar dengan susu segar dan sudah laku keras di pasaran. 

Peluang bisnis sapi perah
Sapi Perah Jenis Frisiean Holstein (FH)

Namun demikian saat ini peternak sapi perah yang berbeda di Jawa sudah mulai mengeluh karena harga yang semakin hari semakin murah saja. Untuk saat ini harga pasaran susu segar hanya berkisar di angka Rp. 6000-7000/ liter. Meskipun dengan harga demikian, peternak masih bisa mendapatkan untung sebenarnya, hanya saja sudah semakin sedikit.

Nah, di Sumatera Utara saat ini masih sangat minim peternak sapi perah yang dijalankan masyarakat peternak. Bahkan untuk perusahaan sapi perah Di Sumatera Utara hanya ada 2 yaitu PT USDF dan PT PIMS.

Kendala yang dihadapi oleh peternak di Sumatera Utara ini untuk beternak sapi perah adalah pemasaran yang belum lancar terhadap produk susu segar. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang belum mengenal atau mengetahui rasa dan fungsi susu segar. Bahkan masih banyak masyarakat yang belum tau sama sekali tentang susu segar. Sehingga pasar untuk susu segar ini hanya ke sekelompok orang saja seperti orang menggali contohnya.

Baca Juga : Mengetahui kelebihan dan Kekurangan kandang sapi perah tradisional

Namun demikian dengan keadaan seperti ini sebenarnya bisa menjadi peluang besar jika ada peternak yang berani keluar dari Jona nyaman dan bekerja keras mengenalkan susu segar atau susu murni ke masyarakat untuk membuka pasar yang lebih besar.

Sampai saat ini, memang dengan sedikit nya peternak sapi perah skala masyarakat, harga susu segar masih sangat lumayan yaitu berkisar Rp. 10.000-15.000/ liter. Mungkin peternak Jawa iri melihat harga jni, karena disana harga susu segar hanya setengah dari harga di Sumatera Utara.

Bagi sahabat peternak yang berada di Sumatera Utara, marilah buka hati dan keluar dari Jona nyaman untuk mengambil kesempatan ini. Pastinya akan sulit untuk mengawali akan tetapi begitu masyarakat sudah sadar akan gizi dan nutrisi, dengan mengenal susu segar ini, sahabat akan menikmati hasil yang luar biasa dari sapi perah. 

Catatan: Sapi perah super bisa menghasilkan susu segar 35-40 liter/ hari. Jadi jika dijual dengan harga Rp. 10.000/ liter saja sudah bisa menghasilkan Rp.400.000/ ekor sapi dalam satu hari. Sangat menggiurkan bukan? Sementara untuk biaya pemeliharaan harian hanya berkisar di Rp.50.000/ ekor.


sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Beternak sapi Perah di Sumatera Utara"