iklan

PAKAN UTAMA UNTUK TERNAK RUMINANSIA ADALAH SERAT

 

Kriteria kadar air (KA) unsur serat dan atau bahan baku pakan secara kualitatif :

1. BASAH, serat yang baru dipanen di ladang, KA >50%;

2. LAYU, KA di bawah 30%;

3. KERING, KA di bawah 15%.

Jenis-jenis serat :

1. Pasture (rumput, grazing);

2. Rumput potong (soilage);

3. Silage (hijauan difermentasi tertutup rapat dan kedap secara pasif);

4. Hay (rumput dan atau jerami keringan);

5. Jerami kacang tanah (rèndèng);

6. Jerami kacang kedelai (titèn);

7. Jerami kacang hijau (rendeng)

8. Kangkung kering (kangker);

9. Pucuk daun tebu;

10. Batang dan daun jagung muda (tebon);

11. Enceng gondok

12. Pelepah dan daun kelapa nyiur dan sawit.

Dan lain-lain serat banyak sekali pilihannya, bisa sampai >50 item. Soal sumber serat, tidak perlu galau. Di mana bumi dipijak, maka sejauh radius 15 Km di situ lah sumber serat untuk pakan ternak ruminansia. Yang paling logis, menanam rumput sendiri.

Dengan porsi daun yang lebih banyak dan porsi batang lebih sedikit, maka nilai Total Digestible Nutrient (TDN) lebih tinggi, dari 50-52% menjadi 58-60%.

DILAYUKAN

Apabila hijauan tersebut dilayukan dulu (diturunkan kadar airnya) dengan cara dijemur kena sinar matahari 4-6 jam atau diangin-anginkan di dalam gudang posisi berdiri selama 3-6 malam sampai kadar airnya kurang dari 30%, maka tingkat konsumsinya akan meningkat sampai dengan 2 kg bahan kering (BK) per hari. Dengan demikian, seekor sapi perah dapat meningkatkan konsumsi pakan dari 10 kg menjadi 12 kg BK per hari.

Tambahan 2 kg TDN per hari akan memberikan tambahan produksi sebanyak 5 liter susu karena setiap 0,4 kg TDN menghasilkan 1 liter susu per hari.

Dengan demikian terlihat bahwa, hanya dengan perlakuan minimal, yaitu batang hijauan dikurangi dan daunnya dilayukan sebelum diberikan kepada sapi perah, bisa meningkatkan produktifitas sapi perah secara signifikan (menyolok).

Wahai teman-teman peternak yang saya banggakan, terus lah bekerja, tidak usah berharap pada negara (pemerintah). Tidak usah mengeluh. Selama belum dibentuk Kementerian Peternakan, itu artinya belum ada political will yang kuat dari Pemerintah. Indonesia belum bisa swasembada pangan dari sumber peternakan (daging, susu, telur). Masih belum ada perhatian dari pemerintah dan DPR sebagai penyelenggara negara kepada rakyat peternak untuk mandiri dan swasembada. Maka, kita sebagai peternak, lebih berguna memikirkan dan mengusahakan "low cost farming"

sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "PAKAN UTAMA UNTUK TERNAK RUMINANSIA ADALAH SERAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel