Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Sukses Beternak

Kunci Sukses Beternak Secara Umum

Kunci sukses beternak- sejatinya Berasal dari setiap pelaku bisnis peternakan tersebut. Niat, Ketulusan dan Perhatian penuh termasuk sebagian dari kunci sukses beternak. 

Beternak adalah pekerjaan yang memerlukan insting yang kuat, sebab setiap ternak memiliki sifat yang berbeda, bahkan dari jenis ternak yang sama. Dengan  isnting yang kuat sehingga ternak yang sedang anda pelihara merasa nyaman dengan semua kebutuhannya terpenuhi. 
Berikut poin-poin penting kunci sukses beternak :


Berikut poin-poin penting kunci sukses dalam beternak:

1. Segitiga Peternakan

Dalam setiap usaha peternakan ada 3 poin penting yang harus diperhatikan yaitu Pakan, Manajemen dan Bibit. Ketiga poin ini sering juga disebut dengan segitiga sama sisi peternakan. 

Bagi anda yang mau memulai bisnis peternakan atau yang sudah menjalankan usaha peternakan, sangat penting untuk memperhatikan ketiga poin tersebut karena ini adalah salah satu kunci sukses beternak.

Kenapa diatei sebutkan demikian? Karena sejatinya beternak itu perlu keseimbangan antara Pakan, Bibit dan Manajemen. Itulah alasnya kenapa ketiga poin diatas sering disebut dengan segitiga sama sisi. 


Untuk lebih jelasnya diatei akan berikan contoh yang sudah terjadi pada peternak. Jika seorang peternak ingin memelihara sapi, peternaknya memiliki dana dan sadar akan kualitas bibit, sehingga membeli bibit super untuk di pelihara. Semantara untuk pakan yang digunakan juga kualitas baik, karena sadar akan pengaruh pakan di dalam peternakan. Akan tetapi di dalam menjalankan usahanya peternak tersebut tidak sungguh-sungguh, sehingga kandang nya kotor, jam makan tidak beraturan, jumlah pakan yang diberikan tidak beraturan dan faktor manajemen lainnya yang tidak dilakukan dengan SOP yang baik. Dengan demikian hasil sudah bisa di pastikan kurang maksimal, hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan antara Manajemen, Pakan, Dan Bibit. 

Kunci sukses beternak


Pada kasus diatas yang kurang baik dari ketiga poin segitiga peternakan adalah manajemen. Akan sama halnya jika yang di lakukan kurang baik pada Pakan yang jelek, atau dengan Bibit yang jelek. 

Ilustrasi di atas hanya sebagai contoh agar anda mudah memahami pentingnya peran segitiga peternakan. Sehingga kunci sukses beternak yang satu ini harus anda lakukan.

2. Alokasi Dana Yang Benar

Banyak dari peternak yang melakukan kesalahan dengan alokasi dana. Kenapa diatei sebutkan demikian? Karena sejatinya peternakan tidak sama dengan tanaman atau bisnis lain yang kebutuhannya bisa di tunda. Kasus yang sering terjadi adalah ketika ternak sudah berjalan, peternaknya kehabisan dana sehingga tidak ada dana untuk membeli pakan yang setiap hari harus ada.


Sebelum memulai beternak, hati hati dalam perhitungan dana yang ingin digunakan. Karena banyak faktor yang harus di penuhi mulai dari kandang, bibit, pakan dan tenaga kerja. 

Jika memang dana anda tidak mencukupi untuk jumlah ternak yang banyak lebih baik anda pelihara sedikit ternak akan tetapi bisa terpenuhi semuanya dengan baik, sehingga hasil yang di peroleh akan maksimal. 

3. Niat dan Perhatian

Niat anda sebagai peternak harus kuat, sudah banyak kasus juga yang menjalankan usaha peternakan yang berhenti di tengah jalan akibat banyaknya masalah yang di hadapi. Dengan niat yang kuat pastinya akan selalu semangat untuk menjalankan usaha peternakan tersebut. Karena sejatinya dunia peternakan itu berbeda dangan bisnis lain, sebab ternak memiliki hati dan pikiran. 

Nah, karena ternak memiliki hati dan pikiran anda harus memiliki perhatian lebih kepada ternak anda. Karena sejatinya ternak tersebut mengerti apa yang anda lakukan terhadapnya hanya saja ternak tersebut tidak dapat mengucapkan apa yang dia inginkan. 

Dengan perhatian lebih, anda akan lebih memahami apa kebutuhan ternak anda yang harus dipenuhi. Mulai dari pakannya, kebersihan kandangnya, obat-obatan dan vitaminnya. Seperti yang sudah admin bahas di paragraf pertama tadi bahwa beternak harus memiliki insting yang kuat, karena dengan perhatian dan insting anda, Pastinya akan mengetahui apa kebutuhan ternak anda sebenarnya.

Poin ini sebenarnya sering diabaikan oleh peternak, apalagi untuk peternak milenial yang semata mata hanya mengandalkan ilmu pasti untuk ternak, tetapi kurang dalam memahami dan memperhatikan ternaknya sendiri. Sementara pengalaman yang diberikan ternak anda dalam menjalankan usaha peternakan ini sangat mahal nilainya, karena nantinya untuk melanjutkan atau mengembangkan usaha peternakan anda, anda sudah semakin mudah untuk menjalankan usaha tersebut. 

4. Selalu Belajar dan Upgrade Pengetahuan 

Perkembangan teknologi terjadi di semua bisnis termasuk bisnis peternakan. Sehingga anda harus menyesuaikan. 

Seperti dalam pemeliharaan ayam potong contohnya sudah banyak peternak beralih menggunakan kandang close house. Artinya peternak tersebut sudah paham dengan pentingnya upgrade sistem yang harus dijalankan untuk peternakannya.

Sementara untuk belajar untuk mendapatkan banyak pengalaman, sudah sangat banyak media yang dapat di manfaatkan seperti artikel di google atau anda dapat mengikuti komunitas peternakan yang ada di Facebook. 

Dengan mengikuti komunitas yang berhubungan dengan usaha ternak yang anda jalankan pastinya akan banyak dapat informasi tentang pemeliharaan atau bahkan penjualan ternak anda. 

Banyak komunitas yang ada di Facebook sekarang ini baik untuk ternak ayam, kambing, domba dan sapi. Hanya tinggal menyesuaikan usaha ternak apa yang anda jalankan.

5. Bangun jaringan anda di dunia online

Sama halnya dengan komunitas yang ada di Facebook yang berasal dari dunia online. Anda juga dapat membuat jaringan anda sendiri di dunia online.

Apa tujuannya? 
Tujuannya sangat jelas, yaitu pasar. Anda akan lebih mudah untuk menjual hasil ternak anda dengan membuat brand Anda sendiri di dunia online. Karena sudah pasti jika jaringan anda ada di dunia online pelanggan anda bisa datang dari mana saja.

Lalu kenapa ini menjadi poin penting? 

Karena tanpa disadari hasil anda dari beternak sekian lama, terkadang hampir sama dengan yang didapatkan oleh bakul atau tengkulak yang hanya menjualkan ternak anda. Sehingga jika anda memiliki jaringan sendiri keuntungan yang anda dapatkan akan berlipat ganda. Sehingga diatei memasukkan poin ini menjadi salah satu Kunci sukses beternak.


Lalu bagaimana membangun jaringan ini?
Anda bisa memulai dengan membangun halaman Facebook untuk usaha anda.
Seperti contoh halaman Facebook seperti Sapi Keren. Sapi keren ini menjalankan usaha peternakan pedet sapi FH dan menjualnya melalu online dengan halaman ini. Keunggulan memiliki Facebook halaman adalah nantinya anda memiliki pengikut sehingga jika anda menjual produk ternak anda pengikut anda akan otomatis melihat postingan tersebut bisa di bilang pengikut halaman Anda adalah jaringan anda dan aset berharga anda.

Demikian pembahasan diatei tentang kunci sukses beternak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat peternak semuanya
Salam



sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

2 comments for "Kunci Sukses Beternak"

  1. Sangat Bermanfaat ..
    Dan sangat membantu untuk kita yang sedang mendalami bisnis Pertenakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih masukannya, semoga admin bisa membuat artikel yang lebih banyak dan bermanfaat. Salam

      Delete