iklan

Cara Merawat Pedet Suson Hanya Dengan Susu Skim

Cara merawat pedet suson

Merawat pedet Suson atau pedet FH, semakin di minati peternak sapi di Indonesia. Seiring dengan perkembangan peternakan sapi perah di Indonesia juga mempengaruhi antusias peternak untuk mencoba memelihara pedet Suson yang bersumber dari peternakan sapi perah.

Namun demikian tidak semua peternak berani untuk mencoba memelihara pedet Suson ini. Kebanyakan dari peternak tersebut takut akan resiko kematian yang memang masih sangat tinggi. 

Umur pedet Suson di ambil dari peternakan sapi perah biasanya masih di bawah 2 Minggu, itulah penyebab ketakutan yang masih di rasakan oleh peternak untuk mencoba memelihara pedet Suson ini. 

Dalam kesempatan kali ini diatei akan membahas secara rinci dan akurat apa saja yang dibutuhkan, apa saja masalah yang di hadapi, dan manajemen yang betul untuk mengurangi resiko kematian tersebut.

Penting untuk Sahabat diatei ketahui kunci pemeliharaan pedet Suson atau pedet pada umumnya yaitu ' Cairan yang masuk harus lebih banyak dari yang keluar'

Karena pada dasarnya pedet dengan umur di bawah 2 Minggu kebutuhannya dipenuhi dari cairan, belum makan rumput dan konsentrat.

Lalu apa saja yang penting dilakukan saat melalukan perawatan pedet suson?

1. Siapkan kandang 

Kandang untuk pedet memiliki kriteria yang berbeda dengan kandang sapi dewasa. Karena kandang yang baik untuk pedet harus tetap kering.

Buatlah kandang individual baik dengan sistem panggung atau sistem Litter. Tujuannya adalah agar lebih mudah di kontrol, secara individual juga. Sehingga penanganan lebih cepat di lakukan jika terjadi suatu masalah pada pedet Suson.

BACA JUGA : Kandang Yang Baik Untuk Pedet 

2. Pemberian Susu

Untuk pedet Suson kebutuhan utamanya adalah susu. Namun susu yang digunakan biasanya adalah susu Skim. Hal ini disebabkan karena sahabat diatei hanya membeli pedet jantan tanpa induk tentunya. 

Jika sahabat memiliki sapi perah boleh juga sih di berikan susu segar dari induk sapi sahabat. Pengalaman dari relasi diatei yang sudah membeli pedet Suson dan di berikan minum susu segar dari induk yang lain berhasil dengan mantap.

Nah, diatei akan bahas apa saja perlu di perhatikan pada saat pemberian susu skim kepada pedet suson : 

  • Kebutuhan pedet per ekor untuk satu hari adalah 600 gr.
  • Pemberian dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore 
  • Usahakan waktu pemberian tidak berubah ubah.
  • Kebutuhan air dalam sekali pemberian adalah 2 liter air
  • Air yang di gunakan adalah air hangat bertujuan agar sapi tidak mengalami kembung
  • Cara aplikasi boleh dengan menggunakan Dodot atau boleh menggunakan ember (wadah lain)
  • Catatan, sekali pemberian susu 300 gr dengan air 2 liter untuk setiap ekor pedet.
  • Lama waktu pemberian susu sampai umur 2 bulan.
Untuk jenis susu yang digunakan adalah susu Skim yang bisa sahabat dapatkan dari supplier susu skim. Harganya bervariasi ada yang mencapai Rp.32000/ kg. Rekomendasi dari diatei gunakanlah susu skim dengan kualitas bagus seperti Superspray dari Schill.

3. Pemberian Konsentrat

Kebutuhan nutrisi pedet Suson sebenarnya masih sangat kurang mengingat yang diberikan hanya susu skim. 

Nah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut sangat di sarankan agar sahabat diatei memberikan pakan tambahan seperti konsentrat.

Konsentrat yang baik untuk pedet Suson adalah memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti protein min 18% dan TDN min 70%.
 
Dengan kandungan nutrisi demikian sahabat diatei memang akan membutuhkan biaya yang lumayan mahal yakni di angka Rp.4000-5000/kg. Namum sahabat tidak perlu terlalu khawatir karena kebutuhan pedet Suson hanya 0,5-1,5 kg / ekor untuk satu hari. Perbedaan jumlah tergantung kepada umur pedet.


Konsentrat mulai di berikan pada umur pedet 3 Minggu. Jangan diberikan terlalu banyak karena si pedet masih belar mengenal konsentrat. 

Waktu pemberian usahakan selalu di pagi hari setelah minum susu.
 
4. Penanganan Penyakit

Penyakit yang umum sering muncul pada pedet Suson ada 2 yaitu mencret dan kembung.

Kembung bisa terjadi karena keadaan kandang yang lembab atau pedet makan rumput yang masih basah.

Lalu penanganannya bagaimana?
Jika masih berumur dibawah 1 bulan sahabat boleh menggunakan minyak goreng 40-50 ml dicampurkan  dengan telur 1 butir, lalu diminumkan kepada pedet. Setelah di minum usahakan pedet dikeluarkan dari kandang agar bisa bebas berjalan kemana dia mau. Dengan pergerakan yang banyak akan mempercepat penyembuhan kembung.


Sementara jika terjadi diare atau mencret ini bisa jadi disebabkan bakteri atau dari kebersihan kandang yang kurang baik. Kelembaban tinggi juga bisa menyebabkan mencret kepada pedet. 

Untuk penanganan, jika pedet masih belum pernah diberikan antibiotik boleh di coba dengan menggunakan oralit. Namun jika oralit susah di dapat, sahabat dapat memberikan gula dan garam. Cara aplikasinya campurkan gula 1 sendok malam dengan garam 2 sendok makan lalu di aduk kedalam air hangat 1 liter. Selanjutnya diminumkan kedapa pedet yang menderita diare. 

Jika belum sembuh juga lakukan injeksi dengan kandungan pinicillin. Dosis 1 ml/ 10 kg bobot badan. Lakukan selama 3 hari berturut-turut.

Nah.. untuk menjaga kesehatan pedet, sahabat disarankan memberikan vitamin tambahan dengan aplikasi oral. Karena jika pemberian vitamin melalui injeksi kasihan pedetnya terlalu sering di suntik.

Vitamin yang bagus banyak kok bisa di beli online contohnya seperti Dokoh. 

Untuk saat ini mungkin ini saja yang bisa diatei sampaikan jika artikel ini bermanfaat bagi sahabat diatei bisa di bagikan di media sosial sahabat agar lebih banyak yang merasakan manfaatnya. Tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas di pembahasan diatei. Salam satu hobby



sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Cara Merawat Pedet Suson Hanya Dengan Susu Skim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel