iklan

5 Cara Mengatasi Kembung Pada Sapi

Penyakit kembung
FH Albino
 
Penyakit kembung atau bloat sudah sangat familiar untuk peternak sapi. Tidak hanya untuk sapi dewasa tetapi pada pedet malah lebih sering terjadi kasus kembung ini.

Selama ini peternak masih banyak yang bingung jika sapi mereka terkena kembung. Karena jika sudah terserang penyakit ini pasti ternak tersebut sudah lemas, dan tidak mau makan. Belum lagi cara bernafas yang begitu cepat seperti mengalami sesak yang membuat peternak ketakutan. 

Nah penanganan untuk penyakit kembung ini harus tepat dan cepat. 

Berikut akan diatei bahas beberapa cara penanganan untuk penyakit kembung:

  1. Untuk sapi dewasa bisa memberikan obat terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan minyak goreng dicampurkan dengan telur ayam. Untuk dosis nya bisa dengan 150 ml minyak goreng dan 2 butir telur. Sementara untuk pedet boleh dengan 50 ml minyak goreng dan 1 butir telur.
  2. Gunakan selang yang elastis untuk mengeluarkan angin. Caranya siapkan selang dengan panjang 1.5 m untuk sapi dewasa. Bersihkan selangnya dan masukkan secara perlahan melalui mulut. Hati hati jangan sampai masuk ke saluran pernapasan. Setelah selang sampai di rumen pasti anginnya akan keluar.
  3. Gunakan selang dari anus, caranya hampir sama dengan cara menggunakan selang dari mulut, hanya saja bedanya cari lah selang yang teksturnya lebih keras lalu lumurin dengan minyak goreng agar gampang di masukkan. Begitu selang sudah masuk mencapai pencernaan sapi anginnya akan keluar. Sebagai gambaran ada juga beberapa peternak yang menggunakan pelepah daun pepaya. Silahkan di coba aja yang mana yang lebih mudah di dapatkan.
  4. Menggunakan Trocar, Sebagai langkah terakhir jika cara di atas tidak efektif boleh menggunakan Trocar. Sebagai tambahan informasi Trocar adalah besi berlobang seperti sedotan dengan ujung yang runcing. Cara penggunaan dengan menusukkan Trocar pada bagian perut sebelah kiri. Karena sumber kembung biasanya pada bagian perut sebelah kiri. Catatan, bagi anda yang belum pernah melay mintalah bantuan tenaga ahli peternakan atau dokter hewan. Agar jangan sampai salah tusuk.
  5. Usahakan sapi banyak bergerak. Untuk sapi yang di angon jarang mengalami penyakit ini. Karena sapi tersebut banyak bergerak atau berjalan mencari makan. Jusrtu yang sering terjangkit penyakit ini adalah sapi kandang. Nah dari semua perlakuan di atas boelh do barengi dengan mengeluarkan sapi dari kandang dan biarkan bebas jalan di lingkungan kandang. Biasanya dengan demikian bisa mempercepat angin keluar dari perut sapi. 
Nah, itu dia langkah langkah yang bisa anda lakukan jika ternak anda terserang kembung.  

Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, demikian juga dengan penyakit kembung ini agar anda tidak mengobati lebih baik anda menjaga agar ternak anda tidak terserang kembung. Lalu bagaimana cara pencegahan nya?

Nah berikut tips akan diatei bagikan untuk teman teman semuanya. 

  1. Selalu jaga lingkungan kandang agar tetap kering
  2. Hindari pemberian hijauan basah apalagi basah karena hujan
  3. Hindari pemberian hijauan yang masih terlalu muda dan mengandung banyak kandungan air.
  4. Sesekali keluarkan sapi anda dari kandang agar bebas berjalan walaupun hanya di lingkungan kandang.
  5. Untuk yang terakhir hati hati penggunaan bahan konsentrat anda, sebelum membuat konsentrat boleh pelajari terlebih dahulu bahan bahan yang di gunakan jangan sampai jadi penyebab kembung. 
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat peternak semuanya. 
Untuk info lain boleh di cek di website ini, tentang semua ternak.
Salam satu hobby.

sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kembung Pada Sapi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel