iklan

Peternakan Sapi Perah Di Sumatera Utara | Terbesar di Indonesia Ke 21 Di Dunia




Peternakan  sapi perah terbesar  di Indonesia ada di Sumatera Utara, Dengan total populasi nantinya akan mencapai 20.000 ekor yang menjadikan perusahaan ini di peringkat 21 terbesar di dunia.

Sebagai masyarakat Sumatera Utara anda harus bangga, dan ambil manfaat dari adanya perusahaan tersebut.

Nama perusahaan tersebut adalah PT. Ultra Sumatera Dairy Farm (USDF). 

Perusahaan ini juga merupakan mitra dari PT. Ultra Jaya yang ada di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

PT. USDF yang berlokasi di desa portibi tembe, Kecamatan merek Situnggaling, Kab Karo, Sumatera Utara ini sedang mengembangkan pembangunan kandang.

Perusahaan sapi perah terbesar di Indonesia


Dengan Luas lahan mencapai 110 Ha. Sementara itu lahan milik perusahaan hanya 37 Ha, Sedangkan sisanya adalah Lahan kementerian Kehutanan Dengan sistem Silvo Pastura (Pinjam Pakai).

Di lahan tersebut sampai artikel ini di tulis berdiri 2 kandang Pedet dan 6 kandang indukan, sehingga Populasi Sekarang sudah mencapai 5000 an ekor. 

Pembangunan masih terus berjalan dengan target 20 kandang induk produksi, dan total populasi 20.000 ekor. Jumlah ini akan di penuhi dalam 3 tahun kedepan yakni di tahun 2023.

Baca Juga : Anak sapi jantan dari perusahaan sapi perah.

Dampak Positif Untuk Masyarakat Sumatera Utara

Dengan berdirinya PT. USDF di Sumatera Utara pastinya akan membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Seperti masyarakat di sekitar Perusahaan sekarang ini sudah bisa mengembangkan bisnis jagung muda atau sering disebut dengan "tebon". Karena kebutuhan perusahaan akan jagung muda ini sangat banyak, sehingga melibatkan masyarakat untuk menanam jagung dan di jual ke perusahaan dengan harga yang lumayan menggiurkan tentunya.

Baca juga : Bisnis Jagung Muda Untuk Pakan Ternak

Selain Itu peternakan sapi potong di Sumatera Utara khususnya dan Sumatera pada umumnya, akan mengalami peningkatan kualitas bibit. 

Kenapa demikian?

Karena perusahaan sapi perah selalu menjual Pedet atau anak sapi jantan mereka. Nah, Ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat luas di beli untuk dibesarkan menjadi pedaging. Dengan harga yang relatif murah Dengan  kualitas Import. Dengan kualitas bibit yang bagus tentunya hasil dari ternak sapi anda akan meningkat.

Untuk mendapatkan Pedet dari perusahaan tersebut tentunya harus memiliki jaringan atau DO. Nah, untuk pemesanan bisa melalu fans page Facebook SAPI KEREN.

Dampak positif selanjutnya adalah bisnis sapi perah untuk masyarakat Sumatera Utara.

Kok bisa? Bukankah akan menjadi kompetitor perusahaan?

Tentu tidak.

Produksi susu di Indonesia masih sangat sedikit dibandingkan kebutuhan, Sehingga pemerintah masih import susu dalam bentuk skin untuk memenuhi 50% kebutuhan susu Indonesia.

Peluang yang sangat besar ini menjadikan bisnis sapi perah menjadi menjanjikan.

Lalu kenapa di Sumatera Utara masih sedikit peternakan sapi perah, Tidak sebanding dengan peternak di Jawa? 

Jawabannya adalah masyarakat belum terlalu antusias dengan susu segar. Sehingga jika bisnis ini di jalankan pangsa pasar masih sangat rendah.

Lalu apa hubungannya dengan perusahaan ini?

Nantinya sudah pasti akan ada pabrik susu besar di Sumatera Utara ini. Sehingga dengan adanya pabrik tersebut akan memungkinkan berjalan koperasi susu segar seperti yang sudah berjalan dengan baik di pulau Jawa. Dengan adanya koperasi susu ini nantinya akan menjamin pemasaran susu segar dari peternakan sapi perah di seluruh Sumatera Utara.

Masih banyak dampak positif lain dengan berdirinya PT.USDF untuk masyarakat Sumatera Utara bahkan Indonesia, seperti contoh terakhir yang diatei.com berikan adalah lowongan pekerjaan bagi lulusan peternakan khususnya dan jurusan lain.


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Peternakan Sapi Perah Di Sumatera Utara | Terbesar di Indonesia Ke 21 Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel