iklan

Kandang Yang Baik Untuk Pedet

Kandang yang baik untuk Pedet adalah kandang yang selalu kering dan bersih. 

Kandang khusus untuk Pedet biasanya di buat sedemikian rupa agar bisa menjamin kehidupan dari Pedet yang dipelihara tanpa induk. Sebagai contoh seperti Pedet yang di dapatkan dari PT sapi perah.

Berikut akan diatei bahas tentang jenis kandang yang baik untuk Pedet dengan sistem pelihara tanpa induk.

1. Kandang Panggung

Kandang yang baik untuk pedet

Kandang Panggung biasa di buat dari kayu, dengan alas di bawah panggung menggunakan lantai semen. Hal ini bertujuan agar pembersih lebih mudah.

Keunggulan dari kandang ini adalah kondisi di atas kandang Pedet selalu lebih kering sehingga Pedet nyaman. Selain itu pusar Pedet cepat kering dan tidak akan terjadi penyakit busuk pusar yang sering menyerang pedet.

Dengan bahan kayu suhu lebih hangat karena pedet tidak langsung tidur di atas semen. Sehingga Pedet tidak mengalami kembung.

Kandang yang baik untuk Pedet adalah dengan sistem individual. Dengan ukuran 1 m x 1.5 m.

Baca juga : Keunggulan kandang Panggung individual untuk pedet

2. Kandang kotak 

Kandang kotak dengan berlantai semen dan dinding dari triplek atau papan. Ukuran yang di sarankan sama saja dengan kandang Panggung di atas.

Fungsi dari pembatas antara kandang dengan menggunakan bahan kayu hampir sama dengan kandang Panggung tadi dimana sapi merasa lebih hangat sehingga tidak terjadi kembung.

Sementara untuk alas pedet tidur di alasi dengan litter ( serbuk kayu) dan di tambahkan dengan daun pisang kering.

Dengan demikian kandang akan tetap terasa kering dan hangat. 

Kelemahan dari kandang ini adalah proses pengerjaan, karena litter harus di ganti paling tidak dalam waktu 2-3 hari.

3. Kandang Lantai Koloni

Kandang yang baik untuk pedet

Kandang Lantai koloni biasanya di terapkan di perusahaan. 

Lalu kenapa tidak bisa di ikutin oleh masyarakat peternak dengan sistem ini?

Kandang koloni di Perusahaan di lengkapi dengan alat canggih untuk tempat pedet minum susu. Alat ini di lengkapi dengan sensor sehingga batasan minum setiap pedet bisa sama. Jika target minumnya sudah cukup dalam hitungan standart perusahaan alat tersebut tidak akan mengeluarkan susu. 

Naj, bagi anda yang mau mencoba dengan kandang koloni bisa saja. Akan tetapi jumlahnya di batasi dengan maksimal 5 ekor.  Agar pemberian minum dan kontrol lain lebih mudah.

Catatan: Pemeliharaan pedet tanpa induk sistem pemeliharaan lebih rumit, sehingga buat lah kandang yang simpel dan dapat memudahkan pekerjaan. Saran diatei gunakan kandang Panggung Individual.

Salam


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Kandang Yang Baik Untuk Pedet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel