iklan

SYARAT DAN KETENTUAN UNTUK BERMITRA DENGAN PERUSAHAAN

 

SYARAT DAN KETENTUAN UNTUK BERMITRA DENGAN PERUSAHAAN

BISNIS AYAM KITA

Kemitraan ayam potong adalah solusi untuk peternak pemula atau peternak yang memiliki modal minim. Dengan adanya kerja sama dengan  perusahaan {bermitra}, peternak atau yang sering disebut dengan PLASMA hanya menyediakan kandang dan fasilitas yang menunjang lain nya. Akan tetapi bukan berarti plasma yang memiliki kandang bisa langsung diterima untuk bergabung dengan perusahaan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perusahaan mau merekrut plasma sebagai mitra. 
Adapun hal hal yang harus di perhatikan seperti berikut : 
  • Kandang
Kandang ayam yang bagus bukan berarti bahan yang di gunakan berasal dari bahan berkualitas tinggi sehingga dengan  kata lain kandang bagus tidak mesti mahal. Kandang yang bagus adalah kandang yang memenuhi syarat yang sudah di tentukan seperti ; tinggi kandang, arah kandang, bentuk bangunan, kekuatan kandang, jarak antar kandang.
Tinggi kandang yang bagus adalah 2m dari tanah sampai ke lantai tempat ayam. sedangkan dari lantai sejajar sisi kandang 1,8 -1,9 m tujuannya agar pada pemasangan tenda luar tidak menggantung.
Arah kandang yang benar harus sejajar dengan  terbit dan tenggelamnya matahari {timur-barat}, alasannya adalah agar panas matahari gak masuk ke dalam kandang di pagi dan sore hari.
Bentuk bangunan harus memanjang saja tidak boleh leter L atau leter U, karena akan menghambat sirkulasi udara.
Kandang dengan tiang Kayu Jadi
Kekuatan kandang harus di perhitungkan walau pun bahan terbuat dari kayu bulat, yang penting bangunan di bangun sedemikian rupa agar terlihat kokoh, dan tahan dalam jangka waktu yang lama.

Jika peternak memiliki lebih dari satu bangunan kandang di dalam satu lokasi maka jarak antar kandang minimal 10 m lebih bagus jika bisa di atas itu. fungsinya adalah untuk kelancaran sirkulasi udara juga.
disini akan saya tampilkan beberapa kandang yang standart untuk bermitra :

Kandang dengan bahan Kayu bulat

  • Lingkungan
Lingkungan tempat kita membangun kandang sangat sensitif sehingga ini perlu jadi perhatian. Bangun lah kandang ayam di lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, karena usaha kita nantinya akan menghasilkan bau dan lalat, sehingga memicu komplain dari warga.

Jika memang terpaksa menggunakan lokasi tersebut dengan alasan tidak ada lokasi lain silahkan lakukan negosiasi dengan masyarakat sekitar agar kita aman dan nyaman menjalankan usaha. Perusahaan mungkin tidak akan mau menerima peternak itu sebagai mitra, bukan karena perusahaan sombong akan tetapi perusahaan tidak berani ambil resiko terhadap kerusuhan yang dilakukan masyarakat sekitar. oleh karena itu, 
bangun lah kandang minimal 300 m dari lingkungan masyarakat.


Jalan kurang Bagus
  • Fasilitas Jalan 
Akses ke kandang harus bisa dilalui truk tanpa kendala. tidak harus jalannya di aspal dengan pemasangan batu saja sudah cukup yang penting truk pengangkut pakan dan pengangkut hasil panen {ayam} tidak terkendala.

Efek dari jalan yang tidak bagus

Dari tiga faktor yang harus di perhatikan diatas jika sudah memenuhi syarat akan di rekrut oleh perusahaan jika memang peternak berminat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. 

Terlepas dari semua masalah diatas saya sarankan jika anda ingin memulai usaha ayam potong dengan pola kemitraan lebih baik jika sebelum melaksanakan usaha diskusi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan yang ingin di ajak kerjasama agar bisa memberikan masukan, dan tidak terjadi kesalahan dari semua faktor di atas. 

sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "SYARAT DAN KETENTUAN UNTUK BERMITRA DENGAN PERUSAHAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel