Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENANGANAN LITTER YANG BAIK UNTUK PEMELIHARAAN AYAM POTONG

LITTER {ATAL}


Untuk peternak di wilayah sumatera utara litter itu di sebut juga dengan atal. jika nanti di penulisan selanjutnya saya tulis atal itu sama artinya dengan litter. 

Litter adalah KASUR nya ayam. itu mutlak karena tidak ada lagi tempatnya ayam selain diatas litter. bisa kita bayangkan jika kasur kita basah jangankan untuk tidur duduk saja di kasur tersebut kita tidak nyaman. begitu juga dengan ayam potong, ayam tidak akan nyaman untuk tidur atau untuk aktifitas lainnya jika sudah terganggu kenyamanan ayam di dalam kandang akan mempengaruhi ke semua aspek ,termasuk kesehatan ayam dan pertumbuhan ayam.
baiklah mari kita membahas penanganan litter yang benar dari awal DOC in sampai Bongkar litter.

  1.  KETEBALAN 
Masalah yang sering terjadi di lapangan adalah penggunaan litter yang sangat minim, artinya untuk memenuhi kebutuhan yang standart belum tercapai.Masalah ini juga sering di sebabkan karena kurangnya pasokan litter atau bisa juga karena prinsip yang salah dari peternak agar bisa menghemat biaya operasiolan dengan mengurangi penggunaan litter. ITU SALAH

KETEBALAN MASIH KURANG

Jika ada yg bertanya mana lebih enak tidur di tikar atau diatas springbed, pasti semua akan menjawab lebih enak dan lebih nyaman tidur diatas springbed. begitu juga lah dengan ayam. Jika litter terlalu tipis maka ayam tidak akan nyaman untuk tinggal di situ oleh karena itu ayam sering berkumpul diatas litter yang lebih tebal. Pertanyaan selanjutnya muncul KENAPA ayam berkumpul>>????  itu karena suhu yang ada di dalam kandang pasti tidak tercapai karena panas dari gas olec atau pemanas di dalam kandang tidak tertahan, akan cepat menyesuaikan dengan lingkungan yang dingin, sehingga fungsi pemanas SIA SIA. 






Akan berbanding terbalik jika litter itu tebal, maka semua kebutuhan ayam yang berhubungan dengan litter akan terpenuhi, baik dari segi suhu dan kelembapan.
KETEBALAN  litter yang benar untuk ayam broiler adalah 5-7 cm.

2. Kualitas Litter

Kualitas litter ini dibedakan dari jenis nya. Di pematang siantar ada dua jenis litter yang sering digunakan yaitu serbuk gergaji dan sekam padi {kulit padi}, kedua bahan tersebut sama sama memiliki kekurangan dan kelebihan akan saya jabarkan.

  •  Serbuk gergaji
kelebihan penggunaan serbuk gergaji litter jenis ini lebih menyerap basah sehingga kondisi di kandang tetap terlihat kering. kekurangan dari penggunaan litter jenis ini adalah jumlah yang harus digunakan selama satu periode pemeliharaan akan lebih banyak karena serbuk gergaji tersebut mudah sekali menggumpal. Masalah selanjutnya adalah serbuk gergaji sudah susah didapatkan karena sudah terlalu bnyak peternak ayam di pematang siantar.
  • Sekam Padi
kelebihan dari penggunaan atal padi adalah tidak gampang menggumpal akan tetapi berbanding terbalik dengan serbuk gergaji tadi sekam padi daya serap terhadap basah lebih rendah jika dibandingkan dengan serbuk gergaji. kelebihan selanjutnya adalah lebih mudah didapat.

SEBENARNYA./...

Jika peternak dapat memperoleh kedua bahan tersebut akan lebih bagus penggunaan di lapangan, karena jika digabungkan kedua bahan tersebut akan menjadi jauh lebih bagus,, kenapa bisa seperti itu???
karena dengan menggabungkan kedua bahan tersebut kita sudah menggabungkan keunggulan dari kedua bahan tersebut, sehingga akan dihasilkan litter yang lebih menyerap basah dan tidak mudah menggumpal.

BACA JUGA : 

Jamu Untuk Obat Mencret dan CRD Broiler

3. PENGGANTIAN

litter yang bagus

Sistem penggantian yang bagus untuk litter adalah secara berkala dan rutin, untuk masalah ini gantilah litter setiap 2 hari sekali. Hal ini dilakukan untuk litter yang bagus, atau yang normal jika terjadi sesuatu hal yang membuat masalah litter tersebut basah segera di ganti saat itu juga. sistem yang saya terapkan di peternak sederhana dan gampang untuk di ingat. Ganti litter mulai dari umur 5 hari selanjutnya lakukan setiap 2 hari sampai bongkar litter, biasanya penggantian litter  sejalan dengan pelebaran. 


litter sudah harus di ganti












Itulah tips untuk penanganan litter yang benar untuk ayam broiler. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua. Jika ada yang perlu di tambahkan mohon tulis di komentar agar bisa di tambahkan untuk membangun peternakan Indonesai. salam satu hobby

sarlim saragih
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

Post a Comment for "PENANGANAN LITTER YANG BAIK UNTUK PEMELIHARAAN AYAM POTONG"