iklan

Manajemen Brooding Ayam Potong || Pengalaman Sebagai TS

 

PENGALAMAN PRIBADI 



Kunci sukses pemeliharaan ayam broiler adalah pada fase brooding, jika penangan brooding benar maka tingkat keberhasilan akan lebih bagus. Oleh karena itu saya mau membahas beberapa faktor yang harus di perhatikan pada penanganan brooding tersebut.


1. Kepadatan ayam

Sangat penting untuk menghitung kepadatan ayam di masa brooding karna akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan keseragaman ayam. Jika ayam terlalu padat resiko yang di timbulkan sangat banyak,seperti litter cepat kotor, penempatan tempat pakan dan tempat minum sangat terganggu karna sudah tidak cukup ruang, sehingga kebutuhan air dan pakan kurang terpenuhi.

Kepadatan ayam broiler


Kepadatan ayam untuk hari pertama adalah 50 ekor / m. Selanjutnya menyesuaikan tergantung pertumbuhan ayam. jika pertumbuhan relatif cepat dan bagus pelbaran dilakukan lebih cepat.
Untuk peternak hal yang paling gampang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemasangan chik guard gunakan triplek agar lebih gampang menentukan ukuran. Biasanya untuk 1000 ekor ayam digunakan 5 keping kecil triplek dengan tinggi 30 cm, jadi dengan 1 triplek utuh dapat dibagi menjadi 3 bagian triplek kecil. Dengan menggunakan Triplek metode pelebaran juga akan lebih gampang.

seperti yang sudah saya sampaikan di atas untuk membuat lingkaran mengunakan 5 keping triplek kecil selanjutnya di hari ke 3 dilakukan pelebaran dengan penambahan 1 keping triplek sehingga jadi 6 keping kecil,  selanjutnya di hari ke 5 ditambahkan lagi 1 keping triplek menjadi 7 keping triplek. Pelebaran selanjutnya sudah berbentuk petak dengan menggunakan triplek tersebut sebagai pembatas. Dengan pelebaran yang seperti itu kepadatan ayam bisa terjaga dan akan terpenuhi sesuai kebutuhan.


2. Temperatur
  
Kenapa temperatur sangat penting terhadap performen ayam broiler karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan 
  • Pada umur ayam 1-4 hari sifat ayam masih poikiloterm artinya suhu tubuh ayam masih mengikuti lingkungan, pada umur 14 hari ayam baru mulai homeotermic {bisa mangatur suhu tubuhnya sendiri } 
  • Kedinginan, jika ayam kedinginan metabolismenya meningkat, dan kebutuhan oksigen nya meningkat, biasanya kelihatan ayam ngumpul. jika sudah terjadi demikian pertumbuhan terganggu. 
  • Kepanasan , sama penting nya dengan menjaga supaya ayam jangan kedinginan karna efek yang di timbulkan jika ayam kepanasan  adalah proses penyerapan yolk sack atau kuning telur terganggu, dan ayam dehidrasi, biasanya kelihatan dengan ayam penting. jika sudah terjadi demikian juga akan mempengruhi pertumbuhan.
  • Temperatur yang sesuai jika dilakukan pengukuran terhadap anak ayam adalah 40-40,8 'c dilakukan dengan memasukkan termometer ke dalam rectal ayam {kloaka} 
Temperatur untuk broiler


faktor tersebut diatas lah yang mengharuskan kita untuk menjaga suhu agar tetap bisa seperti yang dibutuhkan ayam. 
kebutuhan suhu pada ayam potong di masa brooding adalah seperti tabel di bawah

Umur
Temperatur
              0
           33’C
              7
           30’C
             14
           27’C


3. Ventilasi

Ventilasi adalah sumber masuknya oksigen ke dalam kandang atau ke brooding, oleh karena itu pengaturan ventilasi juga sangat penting di perhatikan.

Brooding ayam broiler


Untuk penanganan ventilasi ini untuk kandang open house atau kandang biasa masih sering terjadi kesalahan , kenapa ?? karena kadang peternak bingung atau ketakutan suhu tidak tercapai jika ventilasi terlalu lebar, dalam hal ini pembukaan tendanya masih belum betul.
Factor yang harus diperhatikan adalah jika amoniak di dalam kandang sudah tinggi atau sudah terasa bau bahkan sangat bau  segera buka tenda untuk mengatur sirkulasi udara, perlu di perhatikan ayam masih lebih rentan terserang penyakit jika amoniak tinggi di dalam kandang jika dibandingkan dengan suhu tidak tercapai {kedinginan}. oleh karena itu bukalah tenda jika amoniak tinggi di dalam kandang.


4. Litter

Litter adalah kasur ayam, jadi intinya litter harus tetap kering agar ayam nyaman. 
Ada 2 jenis litter yang biasa di gunakan peternak yaitu serbuk gergaji dan sekam padi. Kedua jenis litter tersebut mempunyai masing masing kelebihan dan kekurangan . jika menggunakan serbuk gergaji litter menyerap cairan dan selalu terlihat kering akan tetapi kelemahannya adalah litter serbuk gerjaji gampang menggumpal. Berbanding terbalik dengan sekam padi , sekam padi kurang menyerap cairan tetapi tidak gampang menggumpal. jadi jika dilihat dari kelemahan dan kelebihan dari jenis litter diatas ada hal yang bagus untuk dilakukan yaitu menggabungkan kedua jenis tersebut agar dapat memperoleh kelebihan dari kedua jenis litter tersebut, hasil nya akan menjadi gampang menyerap cairan dan tidak mudah untuk menggumpal.

Litter bersih


Metode yang saya terapkan untuk penanganan litter adalah penggantian secara menyeluruh dan bertahap. Pada saat doc tiba kondisi litter masih bersih sehingga dilakukan penggantian mulai dari umur 3 hari, dan dilakukan setiap 2 hari biasanya dibarengi dengan pelebaran. Penggantian litter tersebut dilakukan sampai bongkar litter di umur 14 -15 hari. Pembongkaran litter lebih bagus dilakukan secara bertahap, jangan langsung sekali habis. Pada umur 14 hari dilakukan pembongkaran litter 25 %  dan di umur 15 hari baru di bongkar habis. 
Adapun tujuan dari penggantian litter secara rutin setiap 2 hari adalah supaya litter tetap kering dan bau amoniak tidak tinggi di dalam kandang, hal ini saling terkait dengan pengaturan ventilasi tadi. Jika bau amoniak di dalam kandang rendah maka peternak tidak perlu ragu tentang buka tutup tenda.

5. Feed

Makanan adalah faktor utama penunjang pertumbuahan segala makhluk hidup, termasuk ayam potong. faktor yang perlu di perhatikan tentang penunjang tercapainya feed intake ayam potong adalah:   
  • Jenis tempat pakan
Tempat pakan yang baik untuk broiler

Tempat pakan yang digunakan harus dengan standart yang sudah ditentukan agar ayam mudah menjangkau dan pakan lebih efisien. 
  • Jumlah tempat pakan
Jumlah tempat pakan yang digunakan juga harus sesuai dengan standart agar ayam tidak berebutan untuk makan, kebutuhan baby chick untuk 1000 ekor ayam adalah 20 unit, sedangkan untuk feeder tube atau tempat pakan 10kg adalah 40 unit untuk 1000 ekor ayam.

  • Pakan yang digunakan
Litter

Pakan yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan ayam baik dari segi nutrisi dan dari segi partikel pakan{ukuran}. Jika terjadi kesalahan dalam memilih jenis pakan maka kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi dan tingkat palatabilitas {tingkat kesukaan} berkurang. sehingga feed intake susah tercapai.

6. Water

Tempat minum otomatis


Air juga sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Faktor yang harus di perhatikan untuk penanganan air minum yang benar adalah kwalitas air, dan harus tersedia secara atlibitum. faktor selanjutnya hampir sama dengan tempat pakan. 

Jenis alat yang digunakan di harus kan menggunakan tempat minum otomatis agar bisa tetap tersedia dan tidak pernah kekeringan, karna jika terjadi dehidrasi maka ayam akan slow growth {pertumbuhan lambat}.

Jumlah tempat minum juga harus sesuai jika menggunakan galon otomatis atau tempat minum otomatis jumlah yang dibutuhkan untuk 1000 ekor 15 unit.


7.Lighting

Brooding


Lighting atau penerangan, penting untuk memacu pertumbuhan ayam. Jika kebutuhan cahaya atau penerangan di dalam kandang kurang maka aktifitas ayam terganggu baik itu untuk makan maupun minum, bisa di bayangkan jika ayam kurang makan dan minum apa yang terjadi??? PERTUMBUHAN lambat. Sebaliknya jika terlulu terang juga akan menimbulkan efek kurang bagus terhadap ayam walau pun tidak sebesar efek yang ditimbulkan jika penerangan kurang. kelemahan jika terlalu terang adalah aktifitas ayam tinggi sehingga kurang istirahat sehingga menyebabkan metabolisme tinggi.

kebutuhan lampu di ayam kecil di pasang lampu 45 watt 1 unit di letakkan ditengah brooding dan 2 lampu pembantu 21 watt di pinggir brooding, ada baiknya jika ayam sudah di unur 2 minggu lampu diganti dengan 21 watt semua, ini dilakukan untuk kandang open.

8.Uniformity { Keseragam}

keseragaman ayam ditentukan dari semua di atas, akan tetapi jika uniformity tidak bagus, segera lakukan seleksi dan lakukan perlakuan khusus.








sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Manajemen Brooding Ayam Potong || Pengalaman Sebagai TS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel