iklan

Jamu Untuk Obat Mencret dan CRD Broiler

 Jamu.. Adalah obat tradisional dari bahan bahan alami yang biasa di konsumsi atau di minum di indonesia. Mulai dari jamu yang tradisional sampai jamu yang sudah pabrikan. Biasanya minum jamu itu harus sesuai resep, yang artinya yang di minum ya jamu yang sesuai dengan permintaan.. Seperti jamu tolak angin ya untuk obat masuk angin.. Dst..

 Fungsi dari jamu untuk manusia sudah sangat terbukti meningkatkan kesehatan bahkan mengobati penyakit. Oleh karena itulah pada saat sekarang ini banyak peternak yang menambahkan jamu untuk menambah vitamin untuk ayam dan membantu pengobatan  penyakit ngorok atau cekrek pada ayam potong. Berikut  kita bahas cara apa saja fungsi dan bahan yang digunakan untuk jamu ayam..



  1. Jahe atau Jahe merah

Jahe merah ini biasa digunakan untuk pembuatan bandrex untuk manusia, rasanya lebih pedas dari jahe biasa. fungsi jahe untuk manusai adalah menghangatkan badan dan mengobati batuk. nah,, untuk ayam juga sama. jahe berfungsi untuk mengobati ngorok atau sering juga disebut di indonesia dengan cekrek (gejala awal CRD). mari kita bahas cara aplikasinya. 

Pertama tama jahe dicuci bersih lalu di blender, atau biar hasil lebih optimal jahenya di tumbuk sampai halus, selanjutnya rebus hingga matang, selanjutnya dikasih gula merah dengan perbandingan 1:3 jika jahe 1kg gula 3 kg. selanjutnya  campurkan dengan air sesuai kebutuhan. sudah siap di berikan kepada ayam.

2.  Temulawak

Temulawak ini tumbuhan yang hampir mirip dengan kunyit hanya saja temulawak lebih besar. fungsi dari temulawak untuk ayam adalah untuk meningkatkan nafsu makan dan dayatahan tubuh ayam. 

sehingga pada saat pemberian antibiotik pada ayam bagus di berikan temulawak agar nafsu makannya tidak terganggu. cara pembuatannya juga hampir sama dengan jahe tadi, yaitu di campur dengan gula. Langkah pertama bersihkan temulawak 1kg dan di tumbuk hingga halus, jika tidak ada alat tumbuk di blender juga bisa. 

Rebus hingga air mendidih ,pada saat air sudah mendidih masukkan gula merah 2 kg, selanjutnya tunggu sampai gula merah mencair. siap unuk disajikan. biasanya dengan perbandingan 1 kg temulawak dan 2 kg gula merah sudah bisa di campur unuk 60 liter air dan dapt diberiakan untuk ayam 5000 ekor.

3. Kunyit


Pada saat ayam mencret cocok diberikan kunyit. campurannya sama saja dengan temulawak 1:2, demikian juga dengancara pembuatannya. bersihkan kunyit lalu haluskan dan direbus, setelah mendidih campurkan gula merah dan tunggu hingga gula mencair. 

Akan tetapi ada catatan untuk kunyit ini, yaitu pada saat ayam sudah diatas 21 hari atau bobot diatas 800gr, saya sarankan penggunan kunyit jjangan terlalu banyak atau kalau bisa dihentikan saja. Karena pemberian kunyit dapat membakar lemak ayam sehingga mengganggu bobot ayam.

4. Bawang Putih


Bawang putih mengandung antibiotik alami, dengan pemberian bawang putih kepada ayam bisa menyembuhkan gejala penyakit CRD, atau Ngorok. akan tetapi sama halnya seperti kunyit tadi jika sakit ayam sudah terlalu parah jangan berikan lagi Bawang putih karena akan sangat berpengaruh kepada bobot karena lemak di bakar oleh bawamg putih.


Dalam hal ini memang ayamnya sembuh dari sakit akan tetapi bobot sudah pasti susut. jika sakit sudah terlalu parah saran saya gunakan jahe dan temulawak, pada saat pemberian antibiotik. 

Akan tetapi pemberiannya jangan di waktu bersamaan, jika pemberian antibiotik di pagi hari maka jamunya dikasih malam atau sore. fungsinya jahe dan temulawak sudah jelas seperti diatas.

Untuk hasil yang bagus penggunaan bahan jamu ini dicampur untuk mengobati sakit pada ayam broiler. Jika sakitnya adalah ngorok atau CRD jamu yang diberikan adalah jahe dan temulawak tetap dicampur gula agar palatabilitas ayam tinggi terhadap jamu.

Sedangkan pada saat ayam mencret saya sarankan campuran antara temulawak dan kunyit dan selalu dicampur dengan gula.
Salam satu Hobby.
sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Jamu Untuk Obat Mencret dan CRD Broiler"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel