iklan

Jagung, Sebagai sumber Energi dalam formula pakan Ternak


Bahan baku konsentrat sumber energi adalah bahan makanan ternak yang tinggi energi dan rendah kandungan serat kasar, kurang dari 18% serta umumnya mengandung protein yang lebih rendah dari 20% 

JAGUNG (Zea mays)

Baca juga : Pembuatan Konsentrat Dengan manual Mixing

Jagung merupakan bahan baku pakan yang sangat baik untuk ternak. Sangat disukai ternak. Penggunaannya dalam ransum ternak tida ada pembatasannya, kecuali untuk ternak yang akan dipakai sebagai bibit karena dapat menyebabkan kelebihan lemak yang justru mengganggu kesuburan ternak bibit.

Jagung tidak mengandung zat anti nutrisi dan sifat pencahar. Walau pun demikian pemakaian jagung yang tinggi dapat mengakibatkan sulitnya ternak untuk ber-reproduksi. Di samping itu pemakaiannya pada ternak muda yang akan dipakai bibit perlu dibatasi karena selain tidak ekonomis bila dipergunakan tinggi dalam ransumnya. Juga karena pemakaian yang terlampau tinggi dapat menyulitkan ternak untuk ber-reproduksi.

Secara kualitatif, kualitas butiran jagung dapat diuji dengan menggunakan bulk density atau uji apung. Yang baik 626,6 gram per liter. Untuk jagung giling berkisar antara 701,8 - 722,9 gram per liter. Maknanya semakin banyak jagung yang mengapung berarti makin banyak jagung yang rusak.

Selain itu uji organoleptik seperti :

1. Rasa;

2. Warna;

3. Tekstur;

4. Bau.

Dapat dipakai untuk mengetahui kualitas jagung.

Kualitas jagung secara kuantitatif bisa dilakukan di laboratorium dengan menggunakan metode Analisa Proksimat, meliputi kadar :

1. Air;

2. Protein kasar;

3. Lemak kasar;

4. Serat kasar;

5. Abu.

Jagung merupakan butiran yang mempunyai total nutrien tercerna (TND) dan net energi (NE) yang tinggi. Kandungan TDN yang tinggi (81,9%) karena :

1. Kaya akan bahan ekstrak tanpa nitrogen (Beta N) yang hampir semuanya zat pati;

2. Mengandung lemak yang tinggi dibanding semua butiran, kecuali oat;

3. Kadar serat kasarnya sangat rendah, oleh karena itu mudah dicerna;

4. Tetapi kadar proteinnya rendah, 8-9% saja dan defisiensi asam amino lisin;

5. Hanya jagung yang mengandung  mengandung karoten dimana kadarnya akan menurun dan atau hilang selama dalam penyimpanan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua.


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Jagung, Sebagai sumber Energi dalam formula pakan Ternak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel