iklan

Ide Bisnis Ternak Harapan 2020

 Beternak adalah salah satu kegiatan yang sangat asik menurut saya. Dimana selain menjalankan hobby, bisa juga mendapatkan penghasilan. Beternak berbeda dengan bisnis lain, dimana peternakan itu berhubungan dengan mahluk hidup yang bergerak, sehingga akan menyita perhatian dan waktu. Langkah awal sebelum anda beternak siapkan dahulu pikiran dan kesiapan anda akan hal tersebut. 

Beternak bukan semata mata hanya memikirkan profit, meskipun tujuan utama anda adalah itu. Akan tetapi, bagaimana anda mencintai ternak anda dan usaha peternakan anda sehingga hasil nantinya akan datang dengan sendirinya. Kenapa demikian?? karena ternak sebenarnya punya hati dan perasaan juga, begitu ternak merasa nyaman akan menghasilkan profit yang tinggi juga bagi teman teman. 

Lalu apa yang dimaksudkan dengan ternak Harapan?? 

Ternak harapan adalah ternak yang tidak 100% kebutuhannya di penuhi oleh peternaknya sendiri. Berikut akan saya bahas ternak harapan apa saja yang bisa di kembangkan di tahun 2020 ini.

  1. Ternak Lebah madu
Sebagian dari teman teman mungkin sudah mengetahui apa itu lebah madu. Bagi anda yang belum mengetahui,Lebah adalah jenis tawon yang menghasilkan madu. 

Madu yang di hasilkan oleh lebah sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, sehingga sering juga di buat sebagai obat. selain itu rasa enak dan manis dari madu adalah daya tarik tersendiri bagi penikmat madu. Harga madu sangat menggiurkan dimana bisa di jual dengan harga Rp.100.000-150.000/ 250ml. mahal bukan??

Ternak lebah madu ini tidak membutuhkan waktu yang intens untuk merawatnya, cukup buat tempat yang nyaman untuk dia datang bersama dengan kawanannya dan bersarang di tempat tersebut. setelah itu peternak hanya menunggu hingga saat waktu panen tiba, karena lebah mencari makan sendiri.

lalu bagaimana memulai usaha ini??

ternak harapan 2020


  • Siapkan kotak sebagai rumah lebah  dengan ukuran 50 CM x 40 cm dan di dalamnya di isi dengan kayu kecil dengan bentuk kotak agar nanti lebahnya bertelur disitu
  • Buatlah lubang kecil di salah satu sisi rumah lebah dengan ukuran 1x2 cm fungsinya agar lebah bisa masuk.
  • Tempatkan di hutan atau di tempat yang banyak tanaman seperti kayu kopi atau kaliandra
  • Buat lah atap dari seng yang di tempelkan langsung di atas rumah lebah, agar tidak terkena hujan
  • Tunggu sampai lebahnya datang dengan sendirinya 
  • Tunggu hingga 3 bulan dan siap di panen.
    2.  Ternak Maggot BSF

BSF (black soldier fly) adalah lalat hitam yang menyerupai tawon. Lalat ini tidak menyengat seperti tawon. Sementara maggot adalah larva dari lalat tersebut. lalu apa keuntungan beternak maggot ini??
Maggot sekarang ini sudah banyak digunakan sebagai pakan ternak seperti ikan atau burung. Maggot bisa diberikan langsung dan bisa juga di lakukan pengolahan seperti menjadikan tepung untuk dicampurkan dalam pembuatan pakan ternak.

saat ini harga maggot segar bisa mencapai Rp. 10.000, untuk maggot segar, akan tetapi harga ini bisa berbeda setiap daerah. 


lalu bagaimana cara memulainya??
  • Siapkan kandang Lalat yang terbuat dari jaring 
  • Siapkan tempat Telur lalat menetas di dalam kandang lalat tadi dengan membuat tempat gelap
  • siapkan biopond, tempat larva kecil berkembang
  • siapkan media untuk makanan maggot bisa bersumber dari limbah sayur atau buah
  • setelah Umur larva atau maggot 1 bulan sudah bisa di panen
   3. Bisnis cacing tanah

Cacing banyak di gunakan untuk pembuatan obat dan kosmetik untuk manusia. Sehingga harganya pun tinggi. 

Bahkan jika bisa mendapat kan pasar ekspor maka hasilnya akan luar biasa. Di Indonesia saja harga per kg mencapai Rp. 60.000.

Cara perawatan sangat mudah, hanya menyediakan media dari campuran batang pisang yang dicacah halus di campurkan dengan kompos lalu di biarkan selama 1-2 Minggu. Jika media tadi sudah tidak terasa panas lagi jika di pegang sudah bisa di masukkan bibit cacing nya.

Tunggu sampai 6 bulan sudah siap panen.

Lalu bagaimana pemberian pakan nya??

Hampir sama dengan maggot, cacing membutuhkan pakan dari bahan yang basah dan sudah busuk seperti limbah sayur dan buah.

4. Ulat sutra

Ulat sutra adalah sejenis ulat yang makan daun murbei atau daun blue berry.

Ukuran ulat ini bisa mencapai 5-6 cm.

Lalu apa yg di hasilkan dari ulat ini? 

Hasilnya adalah benang dari kepompong, yang sering disebut dengan Kokon. 

Benang ini adalah bahan pembuat kain sutra makanya harga nya mahal.

Cara perawatan memang harus sedikit membutuhkan usaha dan waktu. Karena perawatannya sangat intens, dan ulat ini mudah stress.

Langkah awal pastinya tanam terlebih dahulu tanaman blue berry untuk mendapatkan daun nya.

Bangun kandang dari bahan kayu bahkan sampai atapnya, agar pada saat hujan suara yang di timbulkan tidak terlalu keras.

Siapkan Rak untuk tempat penangkaran ulat sutra.

Setelah semua selesai sudah bisa di masukkan bibit. 

Dalam waktu 14-15 hari ulat akan mencari tempat untuk membentuk Kokon sehingga sudah bisa di pindahkan ke tempat kotak kotak kecil tempat dia membentuk Kokon.
Seminggu kemudian sudah bisa di Panen.


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Ide Bisnis Ternak Harapan 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel