iklan

Desain Tata Letak Kandang Mempermudah Pekerjaan

Kita boleh mulai dari kecil, tapi mimpi masa depan jangan kecil. 

Setiap yang besar itu selalu dimulai dari kecil. 

Yang tiba2 besar itu cuma 2 : Dapet warisan atau Menang undian.

Begitu juga dengan beternak, anda mungkin mulai hanya dari 1 pedet atau 1 cempe. Kebetulan saya dulu mulai dari 10 pedet dan lahan kandang sewa karena gak punya lahan sendiri. Takdir memberikan kami kesempatan sampai akhirnya kami memiliki lahan sendiri setelah beberapa tahun pindah2 jadi kontraktor (ngontrak lahan sewa mulu). Begitu berada di lahan milik sendiri, kami langsung melakukan 1 hal kecil yang juga dilakukan banyak orang, yaitu BERIMAJINASI. IMAJINASI tentang desain dan penempatan properti. nanti itu disana, ini disono, yang itu disebelah situ, nanti disitu akan ada ini....

Kami percaya satu hal, IF YOU CAN DREAM IT, YOU CAN DO IT. Kalo anda bisa membayangkan, berarti anda bisa mewujudkannya. entah kapan, biarlah takdir yang menentukan...

Sebelum membuat desain, ada  8 hal dasar yang perlu dipertimbangkan  :

1. Kontur lahan. Mendesain lahan miring tentu saja berbeda dengan lahan datar

2. Sumber Air. Air ini vital untuk sebuah peternakan karena semua makhluk hidup butuh air. Penyediaan air bisa jadi sangat mahal jika tidak dimiliki sendiri

3. Blue Print. Gambarlah, ungkapkan bayangan anda dalam bentuk visual tertulis yang jelas

4. Bahan konstruksi. Pilihlah bahan utama yang akan bisa berdiri kokoh sampai paling tidak 20 tahun kedepan

5. Alur. Buat alur listrik, alur air, alur limbah, alu lalu lintas manusia dan jika suatu saat anda mengarah pada pengolahan, buatlah juga alur barang dan suplai bahan baku.

6. Freestall System. Masa depan pemeliharaan peternakan ini adalah KESRAWAN (Kesejahteraan Hewan). Peternakan apapun akan mengarah pada KESRAWAN ini dan salah satu parameter KESRAWAN untuk peternakan sapi adalah FREE TO EXPOSE NORMAL BEHAVIOUR atau bebas menunjukkan ekspresi hidup normalnya. konsep FREESTALL BARN adalah masa depan peternakan sapi (khususnya perah)

7. LAY OUT & LANDSCAPING. Mungkin terkesan berlebihan pake bahasa asing segala, tapi TRUST ME, menggambar LAY OUT dan mengatur LANDSCAPE dari awal akan sangat membantu memudahkan anda melakukan aktifitas sehari-hari nantinya. 

8. Pengembangan. Jika anda punya rencana mengembangkan lahan, anda harus memilih lahan yang kira2 dalam 20 tahun kedepan masih "HIJAU". Silahkan memahami istilah HIJAU dan KUNING dalam tata ruang sebuah area.


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Desain Tata Letak Kandang Mempermudah Pekerjaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel