iklan

BISNIS AYAM BROILER YANG MENJANJIKAN DENGAN SIKLUS CEPAT


Perkembangan inovasi peternakan saat sekarang ini menjadikan bisnis peternakan semakin menjanjikan. Terlebih bagi peternakan ayam potong atau sering disebut Broiler. Saat sekarang ini Inovasi yang berkembang di setiap daerah di indonesia yaitu kandang close house. Sebenarnya kandang close house ini sudah lama dikembangkan di indonesia akan tetapi karena biaya pembuatan kandangnya yang sangat mahal sehingga peternak di indonesia masih banyak yang bertahan pada kandang biasa atau kandang terbuka. Karena pada saat itu atau sekitar 4 tahun lalu hasil dari kandang open saja masih menjanjikan. 


Pada saat sekarang ini beberapa perusahaan besar mitra peternak ayam potong sudah memperluas kerjasamanya dengan peternak melalui pemberian kredit untuk peralatan kandang close house, sehingga banyak peternak yang beralih ke kandang close house.

Mari kita bahas modal dan pendapatan peternak pada saat sekarang ini. 

1. Modal 

Permodalan untuk kandang standart close house 12m X 120m dengan bangunan bertingkat bisa di isi populasi 40000 ekor ayam. Biaya yang di habiskan untuk pembuatan kandang dan lengkap dengan peralatan di dalamnya sekitar Rp. 2,3-2,5 Milliar. akan tetapi bahan yang digunakan sudah semua bahan pemanen seperti tiang sudah dari besi baja. Sedangkan lantainya sudah dari semen. Sehingga ketahanan kandang bisa sampai 40 Tahun. Memang pasti ada penyusutan bangunan setiap tahunnya tetapi tidak menghabiskan biaya yang besar. 

Proses pemeliharaan ayam memakan waktu paling lama 35-42 hari, bisa jadi umur 34 hari sudah habis panen semua tergantung pasar. Untuk modal operasional setiap putaran biasanya menghabiskan Rp. 1700-2000 /ekor ayam. sehingga modal yang dibutuhkan untuk kandang 40000 ekor adalah Rp. 80.000.000,- setiap putaran. 

Besar sekali bukan?? 
Bagi yang memulai usaha ini memang sangat berat sekali akan tetapi bagi yang sudah lama beternak mau merenovasi kandang ke kandang close house mungkin sudah tidak berat.


2. Pendapatan 

Untuk pendapatan hasil pendapatan peternak yang bermitra dengan perusahaan ini bisa mencapai Rp. 6000-8000/ ekor. Sehingga jika dihitung pendapatan setiap periode bisa mencapai Rp. 320.000.000,-. akan tetapi jangan kita hitung dari pendapatan terbesarnya hitung saja yang terkecilnya
 berarti masih bisa menghasilkan Rp. 240.000.000 / periode. 

Jadi jika dihitung untung bersih setiap periode  = Rp. 240.000.000-RP.80.000.000 = Rp.160.000.000
sehingga kalau kita hitung pengembalian modal hanya membutuhkan 2 tahun. karena dalam satu tahun bisa 6 kali periode pemeliharaan. 

Sampai disini mungkin kita sudah tau bagaiman besarnya pendapatan setelah biaya pembangunan kandang lunas. 
Bisnis ini sangat menjanjikan Bagi pemodal besar.


Catatan: Pendapatan peternak tidak selalu seperti itu besarnya tetapi jika dirata ratakan bisa mencapai demikian.

Jika ingin bermitra dengan perusahaan dapat mencari Perusahaan yang ada di lingkungan anda. Kalau kesulitan mungkin bisa saya bantu menghubungkan.

sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "BISNIS AYAM BROILER YANG MENJANJIKAN DENGAN SIKLUS CEPAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel