iklan

Sistem Sirkulasi Udara Pada Ayam potong || Jangan takut Ayam kedinginan

Sistem sirkulasi pada ayam potong
Peternakan ayam potong atau yang sering disebut dengan broiler adalah peternakan yang sangat rumit. Seperti sistem sirkulasi pada Ayam potong ini terkadang masih banyak pekerja kandang bahkan peternak belum memahami inti sebenarnya. 

Manajemen pemeliharaan ayam potong seperti yang sudah saya jelaskan di atas memang sangat kompleks mulai dari mengatur suhu yang kadang bertentangan sama pengaturan sirkulasi.  Kedua hal ini yang sering bertentangan dalam sistem pemeliharaan. Kenapa demikian? karena jika sirkulasi udara di perbaiki dengan cara membuka tenda luar otomatis suhu di dalam broding sudah pasti tidak terpenihu. 

Lalu bagaimana cara mengatasi agar kedua aspek tersebut dapat terpenuhi?

Cara yang paling efektif adalah dengan menjaga kualitas litter. Litter yang bersih dan kering sudah pasti tidak mengeluarkan amonia, sehingga pembukaan tenda untuk sirkulasi udara tidak di perlukan. 

Prinsip sirkulasi udara adalah memasukkan udara segar ke dalam kandang dengan cara membuka tenda, dengan tujuan untuk mengeluarkan amonia yang ada di dalam kandang. 

Nah, jika kondisi litter masih bagus dan amonia di dalam kandang masih rendah atau bahkan tidak ada maka sirkulasi tidak terlalu dibutuhkan.

Lalu bagaimana jika terjadi kekurangan stok litter, sehingga tidak bisa melakukan ganti litter yang sudah basah dan bau? Apakah tetap tutup tanda agar suhu tercapai?

Nah, jika hal demikian terjadi anda harus memilih salah satu. Pilihan yang tepat adalah mengutamakan sirkulasi yang baik daripada suhu yang standart untuk ayam potong. Karena resiko yang akan ditimbulkan karena amonia yang tinggi adalah CRD. Bisa jadi ayam terserang CRD atau yang sering disebut cekrek di masa broding. Pasti anda sudah tau gimana susahnya menangani ayam yang sudah terkena cekrek, penyakit lain seperti Coli,Enteritis bahkan ND bisa saja mudah masuk.

Ilustrasi yang sering saya sampaikan sama teman teman peternak seperti ini, ketika beberapa orang berkemah di salah satu puncak lalu mereka menggunakan selimut yang lebar sehingga bisa digunakan banyak orang. Karena situasi dingin, selimut ditarik menutupi kepala dari semua pendaki tersebut. Satu ketika salah satu dari mereka ada yang kentut sehingga menimbulkan bau yang luar biasa di dalam selimut. Apa yang dilakukan orang yang ada di dalam selimut tersebut?? sudah pasti buka selimut untuk ambil udara segar. Bahkan bisa saja sampai keluar dahulu dari selimut. 

Nah untuk ayam potong juga seperti itu, hanya saja ayam tidak bisa lari keluar dari kandang, sehingga yang berperan harus peternaknya.

Kesimpulannya:
  • jika amonia tinggi bukalah tenda kandang anda agar udara segar masuk.
  • Jika kondisi terlalu dingin lakukan sistem buka tutup, setiap 30 menit misalnya
  • Gantilah litter secara berkala setiap 2 hari, atau jika terjadi basah segera di ganti.
  • Jangan takut ayam kedinginan, Takutlah ayam terkena amonia yang tinggi
  • Walaupun dengan litter yang bersih, utamakan buka tenda terlebih dahulu di kala memulai aktifitas di pagi hari. karena sedikitnya amonia pasti tetap ada terkurung di dalam kandang semalaman penuh.
Semoga artikel yang pendek ini berguna bagi sahabat semua peternak ayam broiler. salam sukses peternak Indonesia.


sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Sistem Sirkulasi Udara Pada Ayam potong || Jangan takut Ayam kedinginan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel