iklan

PT USDF Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Lingkungan Perusahaan

 
PT USDF meningkatkan Pendapatan Masyarakat di lingkungan Perusahaan

PT USDF Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di lingkungan Perusahaan. Ultra Sumatera Dairy Farm (USDF) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemeliharaan sapi perah, dengan produk yang dikeluarkan adalah susu. Perusahaan ini sudah berkembang di Daerah bandung tepatnya di Pangalengan Bandung. Untuk pelebaran usaha mereka membuka cabang di Sumatera Utara tepatnya di Portibi Tembe, Kec Merek Situnggaling Kab karo.

Perusahaan ini masih mulai berkembang, jumlah populasi sekarang masih sekitar 5000 an ekor 45% diantaranya masih pedet dan dara yang belum produksi susu. Akan tetapi perusahaan ini memiliki target yang besar sehingga akan masuk 10 besar peternakan sapi perah di Asia tenggara dengan target populasi 20.000 ekor.

Berdirinya perusahaan ini tentunya akan berdampak kepada pendapatan masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan bahkan berdampak untuk kabupaten Karo serta Provinsi Sumatera Utara ini. berikut akan dijabarkan apa saja yang menjadi prospek untuk bekerjasama dengan perusahaan. 

  1. Bisnis Jagung Muda
Perusahaan ini membutuhkan Jagung muda atau sering disebut dengan Jabon untuk dijadikan pengganti rumput sebagai sumber serat. Jabon ini digunakan 60 Kg/ ekor setiap harinya. sehingga kebutuhan perusahaan ini nanti akan semakin banyak apabila sudah mencapai populasi 20.000 ekor.Jumlah yang dibutuhkan nantinya akan mencapai 1200 Ton per Hari.

Kebutuhan ini sangat besar sekali jika kita buat rata rata hasil dari 1 Ha mencapai 50 Ton maka butuh 24 Ha yang di panenen setiap hari, sedangkan umur jagung yang akan di panen pada umur 3 bulan sehingga membutuhkan luas tanah 2160 Ha agar bisa panen tiap hari untuk memenuhi kebutuhan sapi tersebut.

Perusahaan tidak memiliki lahan seluas itu, sehingga perusahaan disuplai oleh masyarakat di lingkungan perusahaan. Namun bagaimana perhitungan dengan masyarakat??? 
perusahaan membuat harga yang ditentukan mereka dan bisa berubah sewaktu waktu akan tetapi sebagai gambaran harga Jabon di ambil dari lahan petani Rp. 400/ kg. Jabon ini di tebang beserta batang dan hanya menyisakan 10-20 cm dari tanah. 

Untuk masa sekarang memang perusahaan masih belum membutuhkan sebanyak yang tertulis di atas, akan tetapi akan sampai pada populasi maksimal hal ini akan terjadi. Mari bagi teman teman yang berada di Radisus 30-40 KM dari perusahaan untuk selalu mengikuti kabar ter update agar bisa menjadi salah satu penyuplai jabon ke perusahaan.

         2.  Bisnis Pedet Jantan

Perusahaan sapi Perah umumnya akan menjual Pedet jantannya pada usia 1-2 minggu setelah lahir. Hal ini dilakukan oleh perusahaan karena perusahaan tidak membutuhkan pedet jantan sehingga dijual ke luar dari perusahaan. 

Harga Pedet ini masih tergolong murah jika dibandingkan dengan kualitasnya. Di sekitaran sumatera utara bisa mendapatkan pedet jantan ini melalui pemilik DO dengan harga 3 jt lebih, biasanya tergantung jauhnya jarak pengiriman. 

sapi jantan FH di umur 18 bulan sampai 2 tahun sudah bisa di jual dengan harga 25-30 jt rupiah per ekor. Karena bobot FH jantan super bisa mencapai 1 ton di umur 2 tahun. sehingga harga tersebut masih tergolong harga rata-rata. 

Mari kita peternak manfaatkan keberadaan Perusahaan ini di daerah kita dengan hasil yang positif kepada kita. Mari kita tingkatkan kualitas peternakan kita dengan  menggunakan bibit yang berkualitas.
Untuk pemesanan bisa melaluai FB DISINI

        3. Bisnis Serbuk gergaji

Di perusahaan membutuhkan serbuk Gergaji yang sangat halus. Serbuk ini tadi digunakan untuk alas pedet di perusahaan. kebutuhan sekarang masih 2-3 truk per minggu. Nantinya akan membutuhkan 10-15 truk perminggu. Harga berfariasi tergantung jenis kayu, jadi boleh nanti menghubungi orang perusahaan, Atau jika sudah mendapatkan Info lebih lengkap nanti akan di Update pada artikel ini.

        4. Bisnis Koperasi Susu 

Seperti beberapa Wilayah di jawa timur yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan daerah lain disekitarnya Sudah berdiri beberapaKoperasi besar yang menerima SUSU segar dari petani. Sehingga peternak lokal sapi Perah di sana tidak kebingungan untuk menjual hasil susu mereka, Dengan harga yang lumayan pastinya.

Kenapa ini Bisa berjalan Di sana?? 
Di Kab Pasuruan jawa timur berdiri Pabrik susu Nestle, sehingga bisa menampung susu yang sudah dikumpulkan di Koperasi susu tadi. 

Nah,, ini juga akan terjadi Di sumatera Utara, karena beberapa Tahun kedepan akan ada Pabrik susu yang akan Didirikan Perusahaan USDF ini. sehingga kita masyarakat juga sudah bisa memelihara sapi perah walaupun cuma 2 ekor di belakang rumah, karena koperasi juga sudah dipastikan akan ada nantinya sebagai tempat penjualan susu segar milik kita.




sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "PT USDF Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Lingkungan Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel