iklan

Limbah Pertanian Untuk Pakan Ruminansia

    
Limbah pertanian untuk pakan ruminansia

Indonesia adalah negara yang penduduknya mayoritas petani, sehingga bisa di pastikan akan menghasilkan limbah organik dari hasil pertanian. Nah, Limbah pertanian Untuk pakan ternak ruminansia ini juga harus nya bisa di kembangkan, baik melalu fermentasi atau diberikan langsung.

    Seperti kita ketahui, dalam beternak pakan adalah bahan yang harus di sediakan setiap waktu dan berkelanjutan. Sering terjadi kekurangan pasokan pakan untuk ternak ruminansia apalagi di saat musim kemarau yang menyebabkan pertumbuhan rumput yang sangat lambat, bahkan tidak tumbuh. Hal ini lah yang sebenarnya di jadikan salah satu alasan kenapa menggunakan limbah pertanian.

    Selain itu lahan yang semakin sempit untuk penanaman rumput juga sebagai alasan lain, dari pada nanam rumput untuk ternak lebih bagus menanam tanaman yang produktif, karena lahan yang sempit.Jadi muncul lah ide , untuk menggunakan limbah pertanian menjadi pakan ternak ruminansia.  

Berikut akan saya bahas beberapa Limbah yang recomended untuk dijadikan pakan ternak ruminansia,

  • Wortel

    Sebagian dari anda mungkin sudah tau, akan tetapi pasti masih banyak yang belum tau tentang penggunaan wortel sebagai pakan ternak sapi. Bagi manusia wortel sering digunakan untuk menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A yang tinggi. akan tetapi selain vitamin A wortel juga mengandung vitamin B1,B2,B3,B6,B9, dan vitamin C (wikipedia). Bisa dilihat dari kandungan Wortel begitu banyak vitamin B yang biasa anda berikan dengan Vitamin B komplek.

    Selain wortelnya anda juga dapat memanfaatkan daunnya, sapi sangat lahap memakan daun wortel.Kandungan Gizi pada daun wortel juga tidak kalah bagus dari wortelnya sendiri, kandungan anti oksidan pada daun wortel menambah daya tahan tubuh ternak anda dari penyakit.

    Ada yang perlu anda ketahui pada saat pemberian wortel, jangan kaget jika nanti urine nya berwarna kemerahan itu tidak masalah. Warna pada urine tadi adalah warna dari wortelnya. 

  •  Kentang

    Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, meski memang kandungan air nya tinggi. Sebagai sumber karbohidrat, bisa untuk mengganti atau menambah sumber karbohidrat yang sudah ada pada konsentrat yang anda berikan.

    Biasanya kentang di tanam di daerah pegunungan, jadi bagi anda yang berniat untuk mencari limbah kentang carilah ke daerah pegunungan.

  • Solid

    Solid adalah limbah pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Kandungan lemak dan karbohidrat sangat tinggi, akan tetapi karena kandungan lemaknya terlalu tinggi kurang bagus jika di berikan terlalu banyak. Hal ini akan berpengaruh kepada kualitas daging yang di hasilkan ternak, yang nantinya akan mengandung banyak lemak.

    Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa solid berpotensi sebagai sumber nutrisi baru untuk ternak dengan kandungan bahan kering 81,56%, protein kasar 12,63%, serat kasar 9,98%, lemak kasar 7,12%, kalsium 0,03%, fosfor 0,003%, dan energi 154 kal/100 g (Utomo et al. 1999).

  • Jerami Padi
    Jerami padi memiliki tingkat serat kasar yang tinggi, yang di butuhkan semua ternak ruminansia. Akan tetapi kandungan protein sangat rendah jika di bandingkan dengan rumput gajah. Sehingga untuk pemberian jerami secara langsung boleh saja, akan tetapi di tambah dengan konsentrat agar kebutuhan nutrisi ternak anda terpenuhi. 

    Kualitas jerami padi akan lebih bagus jika di lakukan perlakuan terlebih dahulu, seperti di fermentasi menggunakan urea dengan sistem anaerob. Hal ini akan meningkatkan kandungan protein yang ada dalam jerami padi.

  • Jerami Jagung
Sama halnya dengan jerami padi, Jerami jagung juga memiliki lignin atau serat kasar yang terlalu tinggi. Sehingga lebih bagus jika digunakan setelah dilakukan fermentasi. walau demikian jerami jagung masih lebih bagus jika dibandingkan dengan jerami padi.

Hasil analisis proksimat dari jerami jagung di dapat hasil bahwa kandungan protein kasar 5% dan TDN 50%, sehingga memang lebih bagus di bandingkan jerami padi.
  • Jerami Kacang- kacangan
Dari semua jenis limbah yang sudah disebutkan di atas jerami kacang kacangan adalah yang terbaik. Karena sebenarnya jenis kacang kacangan ini tergolong kepada jenis leguminosa. Jika disandingkan denga rumput lamtoro, dan kaliandra kandungan nutrisinya hampir sama. Tingkat palatabel atau tingkat kesukaan ternak terhadap limbah  juga sangat bagus.

Sementara tanaman kacang kacangan yang sering digunakan adalah jerami kacang tanah, jerami kacang kedelai, dan jerami kacang hijau.
  • Ampas tahu
Ampas tahu adalah limbah dari pengolahan tahu. seperti yang kita ketahui bahan dari pembuatan Tahu adalah kacang kedelai yang memiliki kandungan protein kasar sampai 45%. sedangkan untuk Ampas tahu memiliki kandungan lemak 4%, protein kasar 18%, abu 1%, akan tetapi memiliki kadar air yang tinggi yaitu 52%.

walau demikian ampas tahu masih recomended untuk digunakan sebagai pakan tambahan ternak ruminansia.
  • Kulit Kakao
Kakao atau sering juga disebut dengan kopi coklat di daerah sumatera utara memiliki limbah yang sangat banyak. Tetapi pemberian Limbah Kakao kepada ternak harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karen kandungan lignin yang ada pada kulit kakao sangat tinggi. 
  • Kulit Kopi
Kulit kopi juga dapat di manfaatkan untuk dijadikan pakan ternak ruminansia. Dengan proses fermentasi juga baru bisa digunakan. Kulit kopi masih lebih bagus jika di bandingkan dengan kulit Kakao.

  • Gaplek
Gaplek adalah hasil olahan dari singkong. Singkong adalah sumber karbohidrat yang bagus. sehingga penggunaan gaplek bisa jadi pertimbangan anda sebagai tambahan pakan ternak anda/

  • Ampas Kelapa
Limbah pertanian dari ampas kelapa ini tergolong menjadi 2. Yang pertama adalah ampas kelapa sisa hasil yang sudah di parut dan di ambil santannya. 

semantara yang kedua adalah bungkil kopra atau sering juga disebut dengan bungkil kelapa. Bungkil ini sering di pakai untuk pembuatan konsentrat ternak.

Itulah tadi beberapa limbah pertanian yang dapat digunakan untuk pakan ternak ruminansia. pada dasarnya banyak sekali limbah pertanian yang dapat digunakan sebagi pakan ternak ruminansai, dengan sedikit pengolahan sudah bisa dimakan oleh ternak ruminansia. karena memang ternak ruminansia adalah ternak yang istimewa dengan mengkonfersi Rumput atau limbah lainnya menjadi "Daging".

salam satu hobby









sarlim saragih Saya seorang lulusan Peternakan Sekarang menyalurkan hobbi menulis dari berbagai pengalaman yang sudah di jalani.

0 Response to "Limbah Pertanian Untuk Pakan Ruminansia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel